Beda SEA Games 2021 dan SEA Games 2023. Rio Bertransformasi
Pelan tapi pasti Ilham Rio Fahmi membuktikan kualitasnya yang memang layak memperkuat Timnas Indonesia. Saat SEA Games 2021 dirinya banjir kritik lantaran tampil buruk terutama saat laga melawan Timnas Vietnam ketika tim yang saat itu dilatih oleh Shin Tae-yong kalah dengan skor 0-3. Sebenarnya dalam beberapa kesempatan  Ilham Rio Fahmi  tetap dipercaya Shin Tae-yong namun memang dirinya belum bisa menunujukan performa menjanjikan.

Untunglah olok-olokan netizen Indonesia ketika itu dijadikan oleh Ilham Rio Fahmi  sebagai pelecut semangat. Seiring dengan menit bermain reguler di Persija Jakarta permainan Ilham Rio Fahmi  semakin matang.

Bahkan musim ini dirinya mendapat penghargaan  sebagai pemain muda terbaik BRI Liga 1 2022/2023. Status keren tersebut kembali dibuktikan oleh Rio Fahmi  saat Timnas Indonesia U-22 menghadapi Timnas Filipina U-22 di laga pembuka grup A SEA Games 2023, pada Sabtu (29/4) sore WIB.

Dipercaya sejak menit awal oleh Indra Sjafri, Ilham Rio Fahmi  yang ditempatkan di sisi kanan belakang Timnas Indonesia U-22 membayar tuntas kepercayaan tersebut.

Selain menghalau serangan lawan ILham Rio Fahmi juga efektif membantu saat Skuad Garuda Muda menyerang. Umpan-umpan terukurnya pada akhirnya mampu dikonversi gol. Dalam laga itu Ilham Rio Fahmi mencatatkan dua assist.



Asisst pertama pemain Persija Jakarta itu untuk gol Marselino Ferdinan di penghujung babak pertama. Marselino Ferdinan masuk dari lini kedua dan  langsung melepaskan sepakan voli terukur.

Assist keduanya adalah untuk gol Fajar Fatur Rahman di penghujung babak kedua  Umpan silang Rio Fahmi ke arah tiang jauh bisa diselesaikan dengan ciamik oleh Fajar.




Dua assist Rio Fahmi itu menghantarkan Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor 3-0. Sebuah modal bagus untuk menuju medali emas  SEA Games 2023.  Dan dalam perjalanan menuju kesana kemungkinan besar Indra Sjafri akan terus memberi kepercayaan kepada  Ilham Rio Fahmi.