Selamat Ulang Tahun!

Siapakah Billy Ketkeophomphone? Pemain Naturalisasi Laos yang Perlu Diwaspadai Skuad Garuda

"Piala AFF semakin dekat, Indonesia terus bersiap..."

Biografi | 26 November 2021, 22:08
Siapakah Billy Ketkeophomphone? Pemain Naturalisasi Laos yang Perlu Diwaspadai Skuad Garuda

Libero.id - Piala AFF 2020 yang sempat tertunda karena pandemi akan digelar pada Desember mendatang di Singapura, dalam pada itu timnas Indonesia yang tergabung dalam grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos, telah melakukan persiapan yang serius.

Diantaranya pemusatan latihan di Turki sekaligus dua uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar. Selain fokus pada kekuatan internal, skuad Garuda juga mesti fokus bagaimana caranya mensiasati kekuatan dan kelemahan lawan.

Berkaitan dengan hal itu, timnas Indonesia harus mewaspadai manuver semua lawan,  bahkan termasuk negara yang tidak dijagokan seperti Laos.

Laos bergerak dalam senyap tetapi salah satu hal yang mereka lakukan ialah membuat gebrakan dengan memanggil pemain naturalisasi yang memperkuat klub Liga Prancis, ia adalah Billy Ketkeophomphone.

"Selamat datang Billy Ketkeophomphone dan bergabung dengan timnas Laos untuk Piala AFF 2020," tulis akun Instagram resmi Federasi Sepak Bola Laos (LaoFF).

Siapakah Billy Ketkeophomphone?

Pemain yang sedang kita bahas ini berposisi sebagai striker, dan dengan tinggi 180 cm keberadaannya di lini pertahanan lawan tentu sangat perlu diwaspadai.

Billy sendiri pemain yang  lahir dan besar di Prancis, tepatnya di daerah Champigny-sur-Marne. Namun, baru-baru ini ia mengatakan bahwa dirinya ingin membela Laos yang merupakan negara dari kedua orang tua yang ia cintai.

“Saya berharap untuk segera bergabung dan bermain untuk tim nasional Laos," kata Billy.

Gayung bersambut, keinginannya itu pun terealisasikan. Ia juga belum pernah memperkuat tim nasional mana pun. Kini, juru gedor berusia 31 tahun itu bersiap untuk memamerkan kebolehannya.

Jika melihat dari perjalanan kariernya, menurut data dari Transfermarkt Billy telah merumput bersama beberapa tim di Liga Prancis, mulai dari Racing Strasbourg, Tours FC, AJ Auxerre, Angers SCO, SO Cholet, dan kini ia merumput di Liga 2 bersama USL Dunkerque.

Hingga pekan ke-16 Liga 2 Prancis, Billy telah memainkan 3 laga. Namun, ia belum berhasil menciptakan satu gol pun. USL Dunkerque juga masih berada di peringkat ke-18 dengan capaian 16 poin.

Meski begitu, Billy tercatat telah menjebloskan 47 gol dan 24 assist dari 242 penampilan lintas ajang bersama klub-klub Eropa. Dengan begitu pengalamannya sama sekali tak bisa diremehkan.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan