Selamat Ulang Tahun!

Off side atau Tidak? Gol Frenkie de Jong ke Gawang Villarreal

"Wasit butuh waktu lama untuk mengesahkan gol pertama Barcelona. Cek videonya!"

Analisis | 28 November 2021, 06:51
Off side atau Tidak? Gol Frenkie de Jong ke Gawang Villarreal

Libero.id - Barcelona mengalahkan Villarreal 3-1 pada laga lanjutan La Liga di Estadio El Madrigal, Minggu (28/11/2021) dini hari WIB. Tapi, gol pertama El Barca yang dicetak Frenkie de Jong menuai perdebatan antara off side atau tidak off side.

De Jong telah menempatkan Barcelona unggul 1-0 sejak menit 45 setelah menyontek bola ke jala kosong dari umpan silang Jordi Alba dari sayap kiri. Bola sebenarnya sempat mengenai kaki Memphis Depay sebelum akhirnya diselesaikan De Jong dengan sempurna.

Wasit, Cesar Soto Grado, awalnya memutuskan off side. Tapi, setelah pemeriksaan VAR yang panjang yang berlangsung lima menit, diputuskan gol tersebut sah dan akhirnya diberikan kepada De Jong.

Meski dinyatakan gol, perdebatan muncul diantara suporter dan penonton. Ada yang menganggap itu gol karena saat bola diumpan posisi Depay maupun De Jong berada sejajar dengan garis pertahanan Kapal Selam Kuning. Tapi, ada juga yang menyebut itu off side.

Tapi, apapun faktanya, ini menjadi kemenangan penting bagi Xavi Hernandez. Tiga poin di El Madrigal berarti raksasa Katalunya itu kini telah mengamankan enam poin dari dua pertandingan La Liga setelah pemecatan Ronald Koeman. 

Xavi mengklaim kemenangan itu merupakan langkah penting bagi tim barunya. "Kami tidak mendominasi permainan seperti yang kami harapkan. Tapi, kami bermain melawan tim yang hebat," ujar Xavi kepada Marca.

"Kami beruntung di beberapa bagian karena Villarreal tidak pantas kalah. Ini telah mengambil banyak dari kami pada malam itu. Kami beruntung dengan gol Memphis, tapi ini adalah tiga poin emas bagi kami," tambah mantan pelatih Al Sadd di Liga Qatar tersebut.

Barcelona tidak terkalahkan di semua kompetisi di bawah Xavi. Tapi, mereka menghadapi serangkaian pertandingan yang sulit di La Liga dan di Liga Champions sebelum akhir 2022. Pasalnya, mereka harus berjumpa Bayern Muenchen untuk lolos ke babak 16 besar.

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan