Selamat Ulang Tahun!

Derbyshire, Tanah Kelahiran Rivalitas

"Tanpa rivalitas, sepakbola terasa kurang pedas"

Ragam | 29 November 2021, 15:48
Derbyshire, Tanah Kelahiran Rivalitas

Libero.id - Hampir setiap kompetisi bola di berbagai belahan dunia, pasti memiliki sejumlah laga derby. Derby identik pertandingan penuh gengsi. Bagi beberapa orang, sepak bola tanpa laga derby ibarat nongkrong tanpa kopi. Hanya perut berpenyakit maaq yang tak mempertanyakannya.

Derby jadi istilah yang menggambarkan pertandingan rival sekota. Bagi sebuah kota yang memiliki dua klub berbeda, pasti menyimpan sekam berupa laga derby. Meski, pada perkembangannya, istilah derby tak hanya disematkan pada rivalitas klub satu kota dalam sebuah laga.

Tolok ukur derby tak cuma didasarkan pada lokasi yang berdekatan, melainkan sudah terdogma pada rivalitas. Derby, sudah mengalami perkembangan dan perubahan sebagai kata yang digunakan untuk merujuk pada sebuah persaingan dan gengsi. 

Laga derby, dalam catatan sejarah, pertamakali berlangsung di Kota Derbyshire, Inggris. Sebuah county (wilayah) di Inggris dengan ibu kota bernama Matlock. Tak ayal jika kelak, nama kota ini dipakai di bermacam negara manapun di dunia, yang memiliki kompetisi sepakbola. 

Derby, awalnya hadir melalui pertandingan the traditional Shrovetide football match, sejenis permainan sepakbola bercampur rugbi, antara dua kota yang berseberangan. Yakni Nuns Mills di sisi utara, dan Gallows Balk di sisi selatan, dengan masing-masing terdapat gawang dengan jarak 4,8 kilometer. 

Dengan jumlah pemain sekitar seribu orang, pertandingan ini bertujuan meletakan bola kulit ke gawang lawan dengan bermacam cara. Tentu, ini pertandingan hampir tak masuk akal dan sangat melelahkan. Meski dimainkan banyak orang, gol jarang terjadi karena duel amat sengit. 

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

Ajang penuh gengsi dan rivalitas ini menjadi sangat fenomenal karena konon, di tiap pertandingan, hampir selalu memakan korban jiwa akibat perkelahian secara berjamaah yang dilakukan para pesertanya. 

Sejak saat itu, derby sebagai istilah rivalitas jauh lebih dikenal khayalak global dibanding derby sebagai nama kota itu sendiri. Di berbagai negara pun muncul bermacam derby yang tak melulu rivalitas sekota. 

Seperti El Classico (Barcelona vs Real Madrid), Der Klassiker (Dortmund vs Bayern Munich), Derby Northwest (Manchaster United vs Liverpool). Dan banyak lainnya. 

Uniknya, meski sebagai tanah kelahiran rivalitas derby, Derby County FC --- klub bola di kota itu--- justru tak setenar istilah derby. Tim yang kini ditangani Wayne Rooney sebagai manager itu masih bermain di Football League Championship, semacam Liga 2- nya Inggris. 

(wahyu rizkiawan/zq)




Hasil Pertandingan Derby


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan