Juventus Bisa Dipaksa Degradasi Lagi Jika Terbukti Salah di Kasus Ini

"Akankah sejarah kembali terulang?"

Berita | 30 November 2021, 11:21
Juventus Bisa Dipaksa Degradasi Lagi Jika Terbukti Salah di Kasus Ini

Libero.id - Dalam sejarahnya, Juventus pernah mengalami masa-masa pahit, dimana mereka tersandung kasus Calciopoli pada 2006 dan harus jatuh ke kasta kedua sepak bola Italia. Tetapi itu terjadi pada lebih dari 15 tahun yang lalu. Dan dalam waktu dekat, ada kemungkinan sejarah itu terulang. Lantas apakah sebabnya adalah hal yang sama?

Ternyata, usut punya usut, Juventus bisa terdegradasi ke Serie B dan Scudetto terbaru mereka dilucuti jika mereka terbukti bersalah melakukan pembukuan palsu. 

Kantor 'SiNyonya Tua' di Turin dan Milan digerebek oleh aparat keamanan minggu lalu, dan dokumen tagihan dan laporan keuangan disita. 

Penyelidikan dari otoritas Italia terkait total 42 transfer, termasuk Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, Arthur Melo dan Danilo, antara 2019 dan 2021. Diduga Juventus menggelembungkan nilai pemain mereka di akun mereka dan orang-orang seperti Andrea Agnelli, Pavel Nedved dan Fabio Paratici, sekarang di Spurs, bekerja sama dalam penyelidikan ini.

Ini masalah serius dan CODACONS, asosiasi Italia untuk hak-hak konsumen, menganggap degradasi otomatis ke kasta kedua Italia bisa terjadi jika vonis bersalah dinyatakan. 

Juventus yang juga menjuarai Serie A pada musim 2019/20 di bawah asuhan Maurizio Sarri juga kemungkinan akan dicopot gelarnya.

" Kasus ini sangat serius dan menyoroti kejuaraan sepak bola terakhir, juga karena ada dominasi nyata Juventus dalam beberapa tahun terakhir, yang berakhir pada tahun lalu," kata presiden Marco Donzelli, seperti dilansir Football Italia. 

“Jika Juventus secara tidak sah memperoleh keuntungan atas klub saingan dengan operasi semacam ini, maka keteraturan kejuaraan sepak bola terakhir akan gagal dan, sebagai akibatnya, Federasi dan Otoritas persaingan pasar harus campur tangan dan memberi sanksi kepada mereka." tambahnya.

Sejarah Lama Terulang Kembali?

Sebagaimana dalam permulaan tulisan ini.  Juventus memang sempat terdegradasi ke Serie B pada tahun 2006 karena keterlibatan mereka dalam skandal pengaturan pertandingan Calciopoli. 

Mereka juga dicopot dari gelar 2004/05 dan memulai musim Serie B 2006/07 dengan defisit sembilan poin tetapi kembali ke papan atas tak lama setelahnya.

Dan untuk mengindari sejarah yang berulang, pada hari Sabtu, Juventus mengeluarkan pernyataan tentang situasi tersebut dan menekankan bahwa klub yakin mereka telah bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pernyataan itu berbunyi: "Jika diperlukan, Juventus bekerja sama dengan para penyelidik dan dengan Consob dan yakin bahwa itu akan mengklarifikasi setiap aspek yang menarik bagi mereka, percaya bahwa itu telah beroperasi sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang mengatur penyusunan laporan keuangan, sesuai dengan prinsip akuntansi dan sejalan dengan praktik industri sepak bola internasional dan kondisi pasar." tulis pernyataan tersebut.

Menarik untuk menantikan babak baru dari kasus ini.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Juventus


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network