Selamat Ulang Tahun!

Kisah Alexia Putellas, Pesepakbola Wanita Asal Spanyol Pertama yang Raih Ballon d'Or

"Lionel Messi cabang wanita...."

Berita | 30 November 2021, 16:14
Kisah Alexia Putellas, Pesepakbola Wanita Asal Spanyol Pertama yang Raih Ballon d'Or

Libero.id - Semua pasti tau siapa peraih trofi Ballon d'Or pria, ya, Lionel Messi. Tapi belum tentu ada yang tau siapa Alexia Putellas. Pesepakbola wanita yang menyabet trofi Ballon d'Or 2021 kategori wanita. 

Pemain Barcelona asal Spanyol itu mengalahkan dua nominasi lain yakni Jennifer Hermoso yang juga dari Barcelona dan Sam Kerr dari Chelsea. Trofi itu tak lepas dari peran besarnya saat mengantarkan Barcelona Femeni meraih treble winner musim lalu: La Liga, Copa de la Reina dan Liga Champions.

Pemain berusia 27 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak musim 2020-2021, dengan torehan 26 gol. Dan untuk trofi itu sendiri, sebetulnya baru sampai musim ketiga digelar. Sebelumnya trofi itu disabet oleh penyerang asal Norwegia, Ada Hegerberg (2018), dan penyerang asal Amerika Serikat, Megan Rapinoe (2019).

Tetapi apa-apa yang dicapai Putellas sekarang bukanlah hasil simsalabim. Berikut cuplikan kisahnya yang bisa kita ambil pelajaran.

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham


Kisah Alexia Putellas

Alexia Putellas Segura lahir pada 4 Februari 1994 di Barcelona. Lahir dan tumbuh di Catalan menjadikannya seorang suporter Blaugrana sejati.

Saat kecil, Putellas kerap diajak ayahnya, Jaume Putellas, ke Camp Nou untuk menonton Barcelona berlaga. Dan minatnya untuk menjadi pesepakbola kian tak terbendung.

Klub ppertama Putellas adalah CE Sabadell dan barulah pada 2005, Putellas bergabung dengan tim akademi Barcelona. Namun di akademi Blaugrana ia hanya bermain dan menimba ilmu dalam waktu yang relatif singkat.

Pada usia 12 tahun, Putellas hengkang dari akademi Barcelona dan bergabung dengan akademi rival sesama Catalan, yakni RCD Espanyol di mana ia berada disana selama empat tahun.

Debut di laga profesional pertamanya pun terjadi di RCD Espanyol saat usia Putellas baru 16 tahun. Bahkan, di musim pertamanya itu ia membawa Los Periquitos menjuarai Copa de la Reina.

Pada usia 17 tahun, Putellas hijrah ke Levante di mana ia bisa mencetak 15 gol dari 34 laga.  Dengan kemampuan yang semakin menonjol, pada musim panas 2012, Barcelona memboyong balik Putellas.

Sejak bergabung kembali, permainan Putellas kian matang dan ia makin banyak mempergunakan gelar domestik. Pada musim 2018/19, ia sempat jadi top skorer Barcelona dengan capaian 16 gol. Dan hingga sejauh ini, Putellas telah mencetak 150 gol untuk Barcelona di semua kompetisi.

Di level timnas, Putellas membela Spanyol di setiap kelompok umur. Sedangkan debutnya di tim senior dilakukan saat menjalani laga ujicoba melawan Denmark.

Debut resminya di timnas Spanyol terjadi saat melawan Inggris di mana di laga itu ia mencetak gol perdananya yang membuat La Furia Roja wanita menang dengan skor 3-2 atas The Three Lions.

Di luar lapangan, Alexia Putellas sempat kuliah jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen di Pompeu Fabra University, dan dengan tekadnya yang bulat, ia  memutuskan berhenti dan memilih fokus di sepak bola. Dan semuanya itu terbayar sudah.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan