5 Momen Lionel Messi Bikin Hattrick Assist

"Nomor 4 nyaris membawa Argentina menjuarai Copa America 2015."

Analisis | 01 December 2021, 02:30
5 Momen Lionel Messi Bikin Hattrick Assist

Libero.id - Meskipun Messi tampil buruk selama beberapa bulan terakhir, pemain Argentina itu akhirnya memenangkan Ballon d'Or 2021. Pada titik ini, hampir setiap penggemar sepak bola menyadari fakta bahwa permainan Messi lebih dari sekadar gol.

Selain menjadi pencetak gol yang produktif, Messi juga merupakan salah satu playmaker terhebat sepanjang masa. Dia tidak jarang mengambil peran lebih dari sekadar mencetak gol. La Pulga juga piawai menyiapkan banyak peluang untuk rekan satu timnya.

Messi baru saja menginspirasi PSG melakukan comeback yang menakjubkan dalam pertandingan melawan Saint-Etienne, pada Minggu (28/11/21). La Pulga membawa Les Parisiens menang 3-1, meski sempat tertinggal satu gol lebih dulu. Messi memberikan hat-trick assist pada pertandingan tersebut.

Kemampuan bermain ditampilkan sepenuhnya saat melawan Saint-Etienne, di mana Messi membantu PSG mengamankan kemenangan comeback yang luar biasa. Pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu mencatatkan hat-trick assist.

Tentu saja, itu bukan pertama kalinya La Pulga membuat hat-trick assist. Sampai sejauh ini, dia telah mencetak lima assist dalam karier sepakbolanya yang gemilang. Pada catatan itu, mari kita bahas permainan di mana Messi memberikan hat-trick assist kepada rekan satu timnya:

5. Levante vs Barcelona, Copa del Rey, 2014.

Ini adalah penampilan ke-400 Lionel Messi untuk Barcelona dan dia merayakannya dengan penuh gaya. Messi memberikan tiga assist untuk pertama kalinya dalam karier sepakbola profesionalnya.

Pemain Argentina itu menemukan celah di pertahanan Levante dengan akurasi mematikan. Dia memberikan dua umpan terobosan dan bola lob dari kanan ke kiri.

Semua operan ditujukan untuk Cristian Tello yang saat itu mencetak gol bagi Barcelona. Tello mencetak hat-trick sederhana dengan Messi menjadi penyedia di setiap kesempatan.

4. Argentina vs Paraguay, Copa America, 2015

Tuduhan bahwa Messi tampil buruk bersama tim nasional Argentina jelas sekadar bualan. Jika melihat rekor yang dicetak Messi, dia telah sukses membawa Argentina menjuarai Copa America musim panas lalu.

Dipimpin oleh Messi, Argentina mengalahkan Brasil 1-0 di final saat bermain di Maracana. Itu menjadi trofi pertama Messi Argentina dalam 28 tahun.

Namun, ini bukan kali pertama Messi tampil di final Copa America. Dia berperan penting bagi Albiceleste mencapai final kompetisi kontinental pada 2007, 2015 dan 2016. Tetapi, Argentina akhirnya gagal pada ketiga kesempatan tersebut.

Messi merajalela di Copa America 2015 yang digelar di Chile. Bahkan, di semifinal melawan Paraguay, Messi memberi assist untuk gol pembuka Marcos Rojo lewat tendangan bebas. Dia kemudian memberikan umpan terakhir yang dicetak oleh Javier Pastore dan Gonzalo Higuain untuk memastikan kemenangan 6-1 yang monumental.

3. Barcelona vs Getafe, La Liga, 2016

Dengan Lionel Messi, Suarez, dan Neymar di puncak kekuatan lini depan Barcelona, hampir tidak ada yang bisa menghentikan El Barca musim 2015 dan 2016. Klub Catalan itu mengalahkan setiap lawan yang datang.

Chemistry antara ketiganya meluas di luar lapangan saat mereka akhirnya menjadi teman dekat. Mereka tampak menghipnotis dan terbukti menjadi mimpi buruk bagi para pemain lawan.

Meski Suarez tidak menjadi starter di laga melawan Getafe, duet Messi dan Neymar terbukti cukup untuk membawa Barcelona mencetak enam gol melewati pertahanan lawan.

Messi mengatur gol sundulan Munir dengan umpan cekatan dan kemudian memberikan dua assist brilian untuk Neymar sekaligus menambah jumlah assist menjadi tiga. Messi juga mencetak gol di pertandingan itu.

2. Real Betis vs Barcelona, La Liga, 2020

Pertandingan melawan Real Betis di Estadio Benito Villamarin terbukti menjadi pertemuan yang sulit. Barcelona sempat tertinggal dua kali. Mereka tidak hanya berhasil mengembalikan keadaan pada kedua kesempatan, tetapi mereka juga memenangkan pertandingan 3-2.

Seperti yang diharapkan, Messi memiliki peran besar untuk dimainkan dengan hat-trick assist. Gol pertama datang dari gerakan apik ketika Clement Lenglet menemukan Frenkie de Jong dengan umpan terobosan.

De Jong melepaskan diri dari pengawalan dan menerobos sebelum mengoper bola ke kapten Barcelona. Messi memotong ke dalam dan mengoper bola ke De Jong yang terus berlari, dan gelandang Belanda itu sukses membuat peluang menjadi gol.

Dua gol berikutnya datang dari situasi bola mati. Tendangan bebas Messi menjelang akhir babak pertama jatuh dengan baik di kotak penalti untuk Sergio Busquets, yang menyelesaikan peluang dengan penuh percaya diri.

Pemain Argentina itu kemudian membantu sundulan Lenglet menjelang akhir pertandingan dengan tendangan bebas lainnya untuk memastikan kemenangan bagi Barcelona.

1. Saint-Etienne vs PSG, Ligue 1, 2021

Ada peningkatan yang cukup besar untuk permainan ketika Legenda Real Madrid, Sergio Ramos, melakukan debutnya di Paris Saint-Germain yang sangat dinanti. Namun, ternyata mantan rivalnya di Barcelona, Messi, yang akhirnya mencuri perhatian.

Saint Etienne memberikan pukulan telak kepada PSG ketika mereka membuka skor pada menit ke-23. Namun, sebelum turun minum, tim tuan rumah harus melihat Timothee Kolodziejczak diusir dari lapangan setelah secara kontroversial menjatuhkan Kylian Mbappe.

Messi mengambil tendangan bebas yang dihasilkan dan PSG kembali menyamakan kedudukan melalui sundulan kapten Marquinhos yang luar biasa.

Sang pemuncak klasemen Ligue 1 kemudian unggul lebih dulu ketika Messi melakukan dua sentuhan luar biasa di tepi kotak dan meletakkan bola dengan lembut untuk Angel di Maria. Pemain sayap itu menghasilkan penyelesaian spektakuler dengan hanya 11 menit tersisa dalam pertandingan.

Messi mendapat assist ketiganya di masa tambahan waktu berkat sundulan klinis lain dari Marquinhos di akhir umpan silangnya yang luar biasa, sehingga menempatkan permainan ke jalur positif.

Dengan kemenangan atas Saint Etienne ini, PSG telah membuka keunggulan 12 poin di puncak klasemen Ligue 1.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network