Selamat Ulang Tahun!

Analisis 4 Kiper Indonesia di Piala AFF 2020, Siapa Bakal Jadi No 1?

"Keempatnya masih muda dan hebat-hebat..."

Analisis | 02 December 2021, 00:32
Analisis 4 Kiper Indonesia di Piala AFF 2020, Siapa Bakal Jadi No 1?

Libero.id - Shin Tae-yong sudah resmi memilih 30 pemain yang akan berjuang di Piala AFF 2020. Menariknya, dari 30 nama itu, mantan pelatih Korea Selatan itu membawa hingga 4 penjaga gawang yang akan bersaing merebutkan tempat utama di turnamen dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Lantas, siapakah yang akan menjadi pilihan nomor 1 alias yang akan mengawal gawang skuad Garuda dari kebobolan di Piala AFF mendatang? Simak analisis kecil-kecilan yang telah kami buat:

1. M. Riyandi

Nama pertama yang punya peluang besar untuk mengawal gawang timnas Indonesia adalah M. Riyandi. Ia merupakan salah satu penjaga gawang yang sudah dipercaya sejak pemusatan latihan di Turki.

Dan ia dimainkan dalam dua uji coba, masing-masing melawan Afghanistan dan Myanmar, dimana pemain Barito Putera itu mencatatkan total lima penyelamatan. 

2. Nadeo Argawinata

Nadeo juga punya kesempatan yang sama besarnya untuk menjadi pilihan utama Shin. Ia adalah sosok kepercayaan Shin Tae-yong saat Indonesia  memainkan dua laga kualifikasi Piala Dunia melawan Thailand dan Vietnam.

Berdasarkan catatan, di dua laga tersebut, Nadeo total melakukan lima penyelamatan. Nadeo yang tinggi  punya kemampuan yang bagus dalam menghalau bola lambung dan umpan-umpan silang.

Meski begitu, jam terbangnya di Bali United musim ini menjadi pertimbangan sendiri bagi Shin Tae-yong, dimana tercatat, ia baru enam kali tampil bersama 'Serdadu Tridatu' di Liga 1 musim ini tetapi 4 diantaranya mencatatkan clean sheet.

3. Ernando Ari
 
Salah satu kiper muda potensial. Meski baru 19 tahun, Ernando sudah mendapat kesempatan yang cukup banyak bersama Persebaya Surabaya dalam mengarungi Liga 1 musim ini.

Total, delapan laga sudah dimainkannya. Dimana penjaga gawang timnas U-19 itu juga membuat 17 penyelamatan diantaranya.

Ernando juga merupakan kepercayaan Shin Tae-Young untuk mengawal gawang timnas U-23 di babak Kualifikasi Piala Asia melawan Australia. Kendati kebobolan empat kali dalam dua leg, penampilan Ernando sama sekali tak bisa diremehkan.

Ia mampu melakukan 12 saves di dua laga tersebut. Salah satunya yang paling diingat ialah penalti pemain Australia di laga leg pertama.

4. Syahrul Fadil

Salah satu nama yang mengejutkan di skuad timnas pada Piala AFF kali ini adalah Syahrul Fadil. Penjaga gawang sebetulnya memang tampil cukup bagus bersama Persikabo di Liga 1 musim ini.

Tercatat, Syahrul sudah membuat 38 penyelamatan sepanjang Liga 1 berlangsung. Menariknya, Syahrul yang main saat Indonesia beruji coba melawan Antalyaspor berhasil mencatatkan clean sheet dan itu merupakan laga perdana Syahrul bersama timnas Indonesia meski bukan di laga resmi.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan