Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Tim Penyumbang Pemenang Ballon d'Or Terbanyak

"Apa PSG bakal nambah gelar Ballon d'Or setelah Messi?"

Analisis | 05 December 2021, 01:16
Peringkat 5 Tim Penyumbang Pemenang Ballon d'Or Terbanyak

Libero.id - Ballon d'Or adalah penghargaan tahunan yang disajikan oleh France Football untuk memberi penghargaan pada pemain yang paling menonjol, baik di klub dan internasional.

Sejak diperkenalkan pada 1955, beberapa pemain telah memenangkan penghargaan bergengsi ini. Tepatnya, 25 pemain berbeda dari 19 negara, serta 20 klub berbeda telah meraih Ballon d'Or selama bertahun-tahun. Namun, hanya beberapa dari mereka yang telah melakukannya dengan klub berbeda.

Lionel Messi bergabung menambah cerita panjang Ballon d'Or dengan menempatkan PSG di peta Ballon d'Or tahun ini. Mantan penyerang Barcelona itu memenangkan penghargaan ketujuhnya pada Minggu (28/11/2021). Raksasa Ligue 1 sekarang menjadi salah satu dari 12 klub yang memiliki pemain pemenang Ballon d'Or.

10 Foto Alexia Putellas, Peraih Ballon d'Or Wanita 2021

10 Foto Alexia Putellas, Peraih Ballon d'Or Wanita 2021

Pada catatan itu, berikut adalah lima klub dengan peraih Ballon d'Or terbanyak selama bertahun-tahun:

#5 Bayern Muenchen - 5 Ballon d'Or (3 pemain berbeda)

Bayern adalah salah satu klub paling sukses di Jerman dan Eropa. Raksasa Bavaria ini menjadi pemenang rekor Bundesliga, dan juga memenangkan enam Piala Eropa yang tiga di antaranya di era Liga Champions.

Bersama dengan Barcelona, Bayern menjadi satu-satunya klub yang memenangkan beberapa treble kontinental. Mereka terakhir mencapai prestasi di musim 2019/2020 berkat eksploitasi Robert Lewandowski. Pemain Polandia itu menjadi runner-up di bawah Lionel Messi dalam pemungutan suara Ballon d'Or 2021 setelah tahun produktifnya untuk klub dan negara.

Selama bertahun-tahun, Bayern memiliki tiga pemain yang memenangkan lima gelar Ballon d'Or. Mereka adalah Gerd Mueller (1), Franz Beckenbauer (2) dan Karl-Heinz Rummenigge (2).

Namun, Bayern belum memiliki pemenang Ballon d'Or sejak Rummenigge memenangkan penghargaan keduanya pada 1981.

#4 AC Milan - 8 Ballon d'Or (6 pemain berbeda)

AC Milan adalah salah satu klub paling sukses dalam sejarah sepakbola. Dengan tujuh gelar Piala Eropa, mereka menjadi klub tersukses kedua dalam sejarah kompetisi. Dengan 18 gelar Serie A, mereka juga menjadi salah satu klub tersukses di Italia.

Tidak mengherankan karena I Rossoneri memiliki banyak pemenang Ballon d'Or selama bertahun-tahun.

Enam pemain berbeda telah memenangkan delapan gelar Ballon d'Or saat bermain untuk Milan, yaitu Marco van Basten yang menjdi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga penghargaan.

Pemenang Ballon d'Or terakhir Milan adalah Kaka pada 2007. Pemain Brasil itu adalah arsitek dari kemenangan ketujuh dan terbaru I Rossoneri di Liga Champions.

#3 Juventus - 8 Ballon d'Or (6 pemain berbeda)

I Bianconeri memiliki rekor 36 kali juara Serie A, dan telah mencapai enam final di era Liga Champions dengan memenangkan satu di antaranya. Tidak mengherankan, mereka memiliki beberapa pemain kelas dunia yang muncul selama bertahun-tahun.

Pemenang Ballon d'Or terbaru Juventus adalah Pavel Nedved yang saat itu mengalahkan Thierry Henry pada 2003. Nedved memenangkan penghargaan, meskipun Juventus kalah dari Milan di Liga Champions tahun itu.

Gelandang asal Republik Ceko itu dianggap memainkan peran kunci dalam kemenangan liga untuk I Bianconeri di tahun yang sama.

Lima pemain Juventus lainnya telah memenangkan total tujuh gelar Ballon d'Or untuk klub, salah satunya adalah Michel Platini yang menjadi satu-satunya pemain yang mendapatkan pengharagaan ini lebih dari satu kali.

#2 Real Madrid - 11 Ballon d'Or (7 pemain berbeda)

Real Madrid adalah salah satu klub paling sukses dalam sejarah sepakbola. Mereka telah memenangkan rekor 34 gelar La Liga dan 13 di Liga Champions.

Los Blancos juga telah diperkuat oleh beberapa pemain bagus selama bertahun-tahun. Mungkin yang terbaik dari mereka semua adalah Cristiano Ronaldo, yang memenangkan empat gelar Ballon d'Or dalam rentang waktu lima tahun.

Satu-satunya pemain Madrid lainnya yang memenangkan beberapa gelar Ballon d'Or adalah Alfredo di Stefano yang memenangkannya sebanyak dua kali.

Luka Modric juga menjadi pemain Real Madrid terbaru yang meraih penghargaan ini pada 2018. Dia mengalahkan pesaing andalan, Ronaldo dan Lionel Messi, setelah memenangkan Liga Champions dan membawa Kroasia ke final Piala Dunia 2018.

#1 Barcelona - 12 Ballon d'Or (6 pemain berbeda)

Seperti halnya Real Madrid, Barcelona adalah salah satu klub paling sukses di Spanyol dan Eropa. Dengan 12 kemenangan Ballon d'Or, Blaugrana adalah klub tersukses dalam sejarah penghargaan bergengsi tersebut.

Dua pemain, Lionel Messi (6 trofi) dan Johan Cruyff (2 trofi), total keduanya menyumbang delapanpenghargaan. Empat pemain lain telah menyumbang empat kemenangan Ballon d'Or lainnya bagi Barcelona.

Messi, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah permainan, memenangkan rekor penghargaan Ballon d'Or keenam pada 2019. Sekarang Messi bermain bersama PSG, dan sukses menambahkan satu lagi Ballon d'Or ke dalam koleksinya tahun ini.

(diaz alvioriki/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=_Amp5BdMZwg

Artikel Pilihan


Daun Media Network