Berani Lawan Arus, Daftar Negara Piala AFF yang Kenakan Ban Kapten Pelangi

"Simbol dukungan terhadap komunitas LGBTQ.."

Berita | 10 December 2021, 01:59
Berani Lawan Arus, Daftar Negara Piala AFF yang Kenakan Ban Kapten Pelangi

Libero.id - Setelah tahun lalu ditunda akibat pandemi Covid-19, ada-ada saja bahan pembicaraan baru yang menyangkut Piala AFF 2020. Lantas hal apakah yang dimaksud?

Belum sampai satu pekan, hal yang cukup jadi sorotan dalam gelaran paling bergengsi se Asia Tenggara ini adalah soal penggunaan ban kapten pelangi yang dikenakan oleh sejumlah negara peserta.

Ban kapten berwarna pelangi sendiri merupakan simbol dukungan atau solidaritas untuk para kelompok LGBTQ. Sebetulnya bukan hanya di ajang Piala AFF 2020 hal ini dilakukan. Di berbagai kompetisi sepak bola di dunia semisal Liga Premier juga rutin menggunakan ban kapten pelangi.

Di Piala AFF 2020 sendiri, penggunaan ban kapten pelangi itu pertama kali nampak saat laga perdana antara Timor Leste melawan Thailand.

Kapten Thailand, Teerasil Dangda, dengan santai mengunakan ban tersebut, tampak kontras dengan ban kapten Timor Leste yang mengenakan warna putih.

Di laga Grup A yang lainnya antara Singapura melawan Myanmar, terlihat kapten Myanmar juga mengenakan ban kapten berwarna pelangi tetapi tidak dengan kapten Singapura, Harris Harun.

Tak hanya pertandingan di Grup A saja, tetapi juga pada laga pembuka di Grup B antara Kamboja melawan Malaysia.

Terlihat jelas bahwa kapten Kamboja, Soeuy Visal, mengenakan ban kapten berwarna warni sementara kapten Malaysia, Aidil Zafuan, hanya mengenakan ban kapten berwarna putih biasa.

Sementara pada laga lainnya di Grup B antara Vietnam melawan Laos, kedua kapten dari masing-masing tim sama-sama tidak mengenakan ban kapten dengan warna pelangi. Vietnam berwarna oranye dan Laos berwarna putih.

Sementara dalam laga terbaru, pada Kamis, (09/12/2021) antara Indonesia melawan Kamboja, terlihat Evan Dimas Darmono tidak menggenakan ban kapten pelangi, sementara itu Kamboja tetep konsisten menggunakan ban kapten pelangi yang melingkar di pergelangan Soeuy Visal.

Dan Philippina belum diketahui pasti apakah akan mengenakan ban kapten pelangi atau tidak.

Jadi kalau boleh dirici, berikut 5 negara yang memutuskan untuk tidak menggenakan ban kapten pelangi:

1. Indonesia
2. Malaysia
3. Laos
4. Singapura
5. Vietnam

Sementara itu untuk negara-negara yang berani melawan arus dengan mengunakan ban kapten pelangi adalah berikut:

1. Thailand
2. Kamboja
3. Myanmar

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network