Kabar Gembira, Indonesia Dapat Jatah Liga Champions Asia 2023

"Kesempatan emas untuk unjuk kebolehan.."

Berita | 11 December 2021, 12:09
Kabar Gembira, Indonesia Dapat Jatah Liga Champions Asia 2023

Libero.id - Klub-klub asal Indonesia sudah beberapa  musim tidak berkiprah di pentas sepak bola level Asia, terkahir kali diwakili Bali United, dimana pada awalnya klub kebanggaan pulau Dewata itu menekuk klub Singapura Tampines Rovers dengan agregat 5-3, tapi sayang dalam laga selanjutnya kalah telak 5-0 dari Melboure Victory, sehingga gagal melaju ke babak play-off. 

Bali United akhirnya berlaga di Piala AFC. Namun kompetisi dihentikan di tengah jalan karena Covid-19.

Dan kabar gembiranya, klub Indonesia dipastikan akan kembali merasakan  atmosfer Liga Champions Asia (LCA) pada 2023. Kepastian itu berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan konfederasi sepakbola Asia (AFC).

Sebelumnya di musim 2021 dan 2022, Indonesia tidak mendapatkan jatah tampil di LCA, karena berdasarkan perhitungan poin tidak mencukupi, dimana jatah diambil alih oleh klub dari Liga Myanmar.

Dan berkat kompetisi yang kembali bergulir dan dikelola dengan sebaik mungkin, kini, berdasarkan ranking kompetisi 2021 yang dirilis pada 24 November. Liga 1 Indonesia menempati posisi ke-26 dengan 15,96 poin. 

Walau menempati urutan ke-26 secara keseluruhan posisi Indonesia masuk ke dalam 12 besar Zona Timur. Dengan begitu Indonesia berhak mengirim satu wakilnya untuk bertanding di babak pendahuluan atau play-off di Zona Timur.

Di zona itu, ada enam negara Asia Tenggara yang berhak tampil di LCA. Selain Indonesia, lima negara lainnya termasuk Thailand yang mendapatkan masing-masing dua tiket otomatis ke fase grup dan babak pendahuluan/play-off, Vietnam lalu ada (1/1), Filipina (1/0), Malaysia (1/0), dan terkahir Singapura (0/1).

Sementara untuk jatah di Piala AFC, tidak terjadi banyak perubahan. Seperti halnya di musim 2020, Indonesia mendapatkan masin-masing satu tiket otomatis berlaga di fase grup Zona ASEAN, serta babak play-off.

Hanya saja, persaingan fase grup Zona ASEAN di musim 2023 bakal lebih ketat. Pasalnya, klub asal Australia juga akan berlaga di Piala AFC pada 2023 dengan jatah dua tiket otomatis ke fase grup.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network