Kisah Unik Klub Liga 3 dari Bekasi Diperkuat Totti, Zidane, Vieri

"Serasa kembali ke masa ketika Serie A jadi kompetisi terbaik di bumi."

Biografi | 11 December 2021, 14:48
Kisah Unik Klub Liga 3 dari Bekasi Diperkuat Totti, Zidane, Vieri

Libero.id - Selain Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga menggelar Liga 3 di seluruh Asosiasi Provinsi yang menjadi anggota. Salah satunya Liga 3 Jawa Barat. Dengan peserta 75 klub, kompetisi di provinsi ini dibagi dalam dua seri (divisi). Seri 1 ada 23 peserta dan Seri 2 ada 52 tim.

Dalam sistem piramida kompetisi di Indonesia, Liga 3 adalah level paling bawah. Juara Liga 3 mendapatkan tiket promosi ke Liga 2. Sementara tim dari Liga 2 yang tampil buruk akan terdegradasi ke Liga 3.

Berbeda dengan Liga 1 dan Liga 2 yang berstatus profesional dan langsung berada dalam kendali PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Liga 3 diserahkan kepada masing-masing Asprov PSSI. Setiap Asprov akan mengirimkan sang juara untuk Liga 3 nasional sekaligus play-off memperebutkan tiket Liga 2.

Salah satu Liga 3 yang cukup menarik perhatian ada di Jabar. Untuk Seri 1, ada 23 peserta. Mereka adalah Bareti 1698 Subang, Benpica Karawang, Bintang Timur Sukabumi, Bandung United, Citeureup Raya Bogor, Depok City, Depok United, Galuh FC Ciamis, Kabomania Citra Putra Cimahi, hingga klub satelit Persib Bandung, Maung Anom.

Ada lagi PCB Persipasi Bekasi, Persekabtas Kabupaten Tasikmalaya, Perses Sumedang, Persigar Garut, Persika Karawang, Persikab Kabupaten Bandung, Persikasi Kabupaten Bekasi, Persima Majalengka, Persipo Purwakarta, Persitas Kota Tasikmalaya, Prima Con Cimahi, PSGJ Cirebon, dan PSGC Ciamis.

Selain sejumlah klub yang banyak, hal menarik lain di kompetisi ini adalah keberadaan nama-nama pemain legendaris dunia. Sebut saja Totti, Zidane, Vieri.

Ketiga nama itu ikut menyemarakkan Liga 3 Jabar 2021. Mereka memperkuat PCB Persipasi. Klub dengan nama lengkap Patriot Chandrabhaga Bekasi Persatuan SepakbolaIndonesia Patriot Bekasi itu adalah tim sepakbola Indonesia yang bermarkas di Stadion Patriot Chandrabhaga,  Bekasi.

Klub ini mengklaim sebagai titisan Persipasi yang didirikan pada 1970 dan sempat dijual lisensinya kepada Madura United pada 2016. Pada 2021, Persipasi kembali lahir dengan nama dan logo yang baru dan langsung dimiliki Pemerintah Kota Bekasi.

PCB Persipasi tergabung di Grup D bersama Citeureup Raya, Persika, Bintang Timur, dan PSGJ. Uniknya, dalam daftar pemain yang dirilis ke publik, terdapat Totti, Zidane, Vieri. 

Mereka adalah Zidane Pramudya Afandi sebagai gelandang dengan nomor punggung delapan. Kemudian, Al Haqi Totti Raka Siri, gelandang dengan nomor punggung 13. Terakhir, Vieri Donny Ariyanto sebagai penyerang dengan nomor punggung 19.

Entah kebetulan atau tidak, penampilan PSB Persipasi sejauh ini sangat bagus. Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, mereka mencatatkan rekor 100%. Bahkan, pada pertandingan terbaru Rabu (8/12/2021) melawan Bintang Timur di Stadion Patriot Candrabhaga, ketiganya ikut mencetak gol dalam kemenangan 6-0.

Zidane mencetak gol pada menit kedelapan lewat penalti. Kemudian, Totti pada menit 14. Terakhir, Vieri menyumbang dua gol di menit 48 dan 56. Tampaknya, orang tua ketiga pemain merupakan penggemar Serie A.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network