Selamat Ulang Tahun!

7 Transfer Pemain Man United Era Sir Alex Ferguson yang Terlupakan

"Jika anda fans MU dan tahu pemain-pemain ini, anda hebat. Tapi, jika anda lupa, anda normal!"

Biografi | 13 December 2021, 08:00
7 Transfer Pemain Man United Era Sir Alex Ferguson yang Terlupakan

Libero.id - Tahukah anda bahwa selama 26 tahun karier Sir Alex Ferguson sebagai pelatih terdapat 105 pemain yang didatangkan? Tidak semuanya berhasil. Beberapa lainnya justru gagal total dan kemudian hilang untuk dilupakan sejarah.

Di era kepelatihan Ferguson di MU, pemain-pemain hebat seperti Peter Schmeichel, Eric Cantona, Wayne Rooney, hingga Cristiano Ronaldo didatangkan. Mereka adalah pesepakbola yang masuk kategori sukses dengan statistik individu maupun sejumlah gelar untuk klub.

Lalu, bagaimana dengan pemain-pemain yang gagal? Sudah pasti lebih banyak dari mereka yang sukses. Beberapa pemain bahkan sudah dilupakan pendukung pernah bermukim di Old Trafford. Unik? Tentu saja! Itu karena persaingan untuk masuk skuad utama MU memang sangat ketat.

Berikut daftar tujuh pemain terlupakan MU pada era Ferguson:


1. Tony Coton

Coton terkenal karena waktunya di Manchester City. Dia membuat hampir 200 penampilan selama enam tahun di Maine Road sebelum memutuskan menyeberang ke MU. Tapi, dia hanya menghabiskan enam bulan di Old Trafford. Selama waktu itu, dia tidak pernah memainkan satu pun pertandingan kompetitif dan hanya menjadi pemain pengganti sekali. Akhirnya, dia dijual ke Sunderland.


2. Neil Whitworth

Ferguson mungkin mengira dia telah menemukan permata ketika memboyong bek tengah berusia 18 tahun ini dari  Wigan Athletic pada 1990. Tapi, Whitworth ternyata tidak pernah bisa menggantikan peran Gary Pallister atau Steve Bruce di tim utama.

Sialnya, dia hanya membuat satu penampilan untuk Setan Merah. Itu pun sembilan bulan setelah bergabung ke Old Trafford. Dia cuma menjadi pajangan tak berguna selama empat tahun, menghabiskan waktu dengan status pinjaman dengan empat klub berbeda sebelum menandatangani kontrak dengan Kilmarnock secara permanen pada 1994.


3. Pat McGibbon

McGibbon diboyong dari klub Irlandia Utara, Portadown, pada 1992. Tapi, penampilan pertamanya untuk MU ternyata menjadi yang terakhir. Dia mengalami debut yang mirip dengan mimpi buruk Jonathan Woodgate di Real Madrid. Debutnya terjadi saat di Piala Liga  melawan York City pada 1995. McGibbon mendapat kartu merah dan dikeluarkan dari lapangan saat MU kalah 0-3.

Setelah itu, para pendukung MU tidak pernah melihat McGibbon karena langsung dipinjamkan ke Swansea City, Wigan Athletic sebelum pindah permanen pada 1998.


4. Brian Carey

Banyak yang mengira kalau Ferguson telah memetik pelajaran berharga saat memboyong pemain asal Irlandia Utara bernama McGibbon. Tapi, nyatanya, hal yang sama terjadi lagi ketika bek tengah bernama Brian Carey didatangkan dari klub yang sama, yakni York City.

Selama empat tahun di Old Trafford, Carey menghabiskan sebagian besar kariernya di Racecourse Ground sebelum akhirnya menjadi pelatih di klub tersebut.


5. Giuliano Maiorana

Maiorana merupakan rekrutan awal Ferguson. Tapi, dia hanya bisa membuat delapan penampilan untuk MU di akhir 1980-an. Dia sebenarnya tetap di Old Trafford hingga 1994. Tapi, dia tidak pernah membuat satu pun penampilan pada 1990-an.

Dan, dia kemudian hanya memainkan lima pertandingan lagi sepanjang kariernya, untuk Ljungskile SK di Divisi II Swedia.


6. Erik Nevland

Nevland adalah striker berusia 19 tahun yang bermain untuk Viking Stavanger. Setelah masa percobaan yang sukses di Old Trafford, dia ditawari kontrak empat tahun dan mau tidak mau dibandingkan dengan Ole Gunnar Solskjaer, yang bergabung setahun sebelumnya.

Tapi, Ferguson tidak menemukan sosok striker haus gol dalam diri Nevland. Dia akhirnya pergi tiga musim kemudian setelah hanya satu penampilan sebagai pemain pengganti di Liga Premier. Nevland lalu berkiprah di Fulham, mencetak 10 gol dalam 2,5 tahun.


7. Graeme Tomlinson

MU menghabiskan 100 ribu pounds hanya untuk mengontrak Tomlinson dari Bradford City pada 1994. Dan, Ferguson hanya memainkan striker itu sekali saja, sebagai pengganti dalam pertandingan Piala Liga melawan Port Vale beberapa bulan setelah kedatangannya.

Dia memiliki empat periode pinjaman terpisah sebelum bergabung dengan Macclesfield Town pada 1998. Dia juga bermain untuk Exeter City sebelum bermain di klub non liga. Dan, sayang sekali tidak banyak yang ingat Tomlinson selain anak dan istrinya.

(mochamad rahmatul haq/anda)




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6ZN-v9AQ0mI

Artikel Pilihan


Daun Media Network