Selamat Ulang Tahun!

Kenalkan Maria Ferrieri, Wasit Wanita Pertama yang Pimpin Laga klub Serie A

"Sejarah terjadi di Coppa Italia antara Cagliari versus Cittadella. Ini profilnya."

Biografi | 16 December 2021, 17:00
Kenalkan Maria Ferrieri, Wasit Wanita Pertama yang Pimpin Laga klub Serie A

Libero.id - Dalam pertandingan sepakbola pria, biasanya wasit yang memimpin pertandingan juga memiliki jenis kelamin sama. Tapi, di era modern, perbedaan gender tidak lagi dipermasalahkan. Contohnya baru saja dikerjakan Maria Ferrieri saat memimpin pertandingan babak 32 besar Coppa Italia.

Maria Sole Ferrieri Caputi telah membuat sejarah di Italia sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan dengan melibatkan klub Serie A. Momen langka itu terjadi Kamis (16/12/2021) dini hari WIB saat Cagliari mengalahkan Cittadella 3-1 di Sardegna Arena.

Apa yang dikerjakan Ferrieri merupakan catatan yang membanggakan. Pasalnya, sebelumnya memang sudah ada wasit wanita di kompetisi Italia. Tapi, Maria Marotta hanya diberi kesempatan memimpin pertandingan klub Serie B.

Ferrieri dan Marotta merupakan dua dari empat wasit wanita Italia yang memiliki lisensi memimpin pertandingan profesional di level pria. Tapi, Asosiasi Sepakbola Italia (FIGC) tidak ingin tergesa-gesa mempercayai keempatnya tampil sekaligus. FIGC memulainya secara bertahap.

Jadi, siapa Ferrieri? Peneliti berusia 31 tahun itu sehari-hari bekerja untuk Fondazione Adapt. Dia berasal dari Livorno dan saat ini mengajar untuk University of Bergamo.

Dia juga pernah memimpin pertandingan Serie B. Debutnya sebagai wasit laga pria dimulai pada pertandingan antara Cittadella dan SPAL pada 17 Oktober 2021. Saat itu, di depan 2.233 penonton Stadio Piercesare Tombolato pertandingan berakhir imbang tanpa gol.

Dengan memimpin Coppa Italia yang salah satunya melibatkan tim Serie A, peluang Ferrieri memimpin pertandingan yang lebih bergengsi terbentang sangat luas di depan mata. Bisa saja dia mengikuti jejak Stephanie Frappart dari Prancis, yang memiliki kesempatan memimpin Ligue 1 dan kompetisi Eropa.

"Mimpi kami adalah memiliki wasit wanita di pertandingan Serie A (pria)," kata Presiden Asosiasi Wasit Italia (AIA), Alfredo Trentalange, dilansir Football Italia.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan