Irfan Jaya dan 3 Pemain Lainnya yang Bisa Jadi Pembeda saat Lawan Malaysia

"Akankah jadi man of the match lagi?"

Analisis | 18 December 2021, 15:14
Irfan Jaya dan 3 Pemain Lainnya yang Bisa Jadi Pembeda saat Lawan Malaysia

Libero.id - Timnas Indonesia akan meladeni Malaysia dalam matchday terakhir group B Piala AFF 2020, laga itu sangatlah penting karena posisi kedua kesebelasan sama-sama memperebutkan satu tiket ke semifinal. Duel hidup-mati ini akan digelar di National Stadium Singapura, pada Minggu (19/12) malam WIB.

Pada dua laga awal, Indonesia sukses meraih kemenangan meyakinkan saat menjungkalkan Kamboja dengan skor 4-2 dan menggilas Laos dengan skor 5-1. Namun, di laga ketiga skuad Garuda bermain dengan skor imbang 0-0 melawan juara bertahan Vietnam.
 
Dari tiga laga yang telah dilakoni, ada beberapa pemain Indonesia yang terbilang tampil konsisten dan selalu jadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong, dalam pada itu berikut kami menyajikan setidak-tidaknya empat pemain yang bisa menjadi pembeda di laga Indonesia melawan Malaysia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga tak pernah absen dari tiga laga awal, ia selalu jadi andalan Shin Tae-Young di lini belakang. Bahkan, penggawa PSIS Semarang itu sukses menjadi man of the match saat skuad Garuda menahan imbang Vietnam 0-0.

Pada laga kontra Vietnam, Dewangga diduetkan bersama Rachmat Irianto di posisi poros ganda. Namun, dirinya kerap membantu lini belakang dan membentuk pola tiga bek.

Pemain yang punya kemampuan kaki kiri bagus ini juga mampu mengalirkan bola ke lini depan. Beberapa kali, Dewangga bisa memberikan umpan-umpan jauh yang akurat, seperti misalnya asisst nya ke Evan Dimas saat melawan Laos.

2. Irfan Jaya

Sama seperti Dewangga, Irfan Jaya juga adalah sosok andalan sejak laga perdana Piala AFF 2020 yang tak pernah absen dalam starting XI Indonesia. Ia juga sempat dinobatkan sebagai man of the match dalam laga melawan Laos.

Kecepatan yang dimiliki Irfan menjadi nilai tambah di sisi sayap Indonesia, Irfan juga punya kepercayaan diri yang tinggi untuk melewati hadangan para pemain lawan. Ia juga bisa menjadi pendulang gol saat tim menemui kebuntuan. Kini, pemain PSS Sleman itu sudah mengoleksi masing-masing satu gol dan assist di Piala AFF 2020.

3.Evan Dimas Darmono

Kapten timnas Indonesia, Evan Dimas, juga merupakan andalan Shin Tae-yong di lini tengah. Penampilannya saat melawan Kamboja dan Laos patut diacungi jempol. Salah satu bukti tak terbantahkannya 
adalah torehan 2 gol dan 1 assist yang dibuatnya dari dua laga tersebut.

Meski tak selalu jadi starter keberadaan Evan Dimas sangat terasa jadi pembeda.
Misalnya ketika Shin Tae-yong  tak memasang Evan saat melawan Vietnam karena Indonesia bermain lebih bertahan di babak pertama. Saat Evan masuk di babak kedua, aliran serangan timnas mulai terlihat sedikit membaik.

Evan merupakan gelandang yang stylish, biasa menahan bola, melakukan beberapa gerakan, mengambil keputusan, dan mengirim umpan.

4. Elkan Baggott

Setelah melewatkan laga kontra Vietnam. Menurut KBRI di Singapura, Elkan Baggott dipastikan bisa tampil saat Indonesia melawan Malaysia.

Kehadiran Elkan di pertandingan lawan Malaysia besok tentu akan sangat berarti. Kemampuannya yang mumpuni di lini pertahanan dapat membangun kepercayaan diri rekan setimnya untuk bermain lebih menyerang.


Elkan sebelumnya sempat main di laga kontra Laos. Sebelum ia masuk di awal babak kedua, pertahanan Indonesia masih kurang rapat dan kecolongan satu gol. Namun saat Elkan masuk, Laos dibuat tak berdaya. Bahkan, Indonesia sukses menambah 3 gol tambahan dan menutup laga dengan skor telak 5-1.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network