Optimisme Asnawi Mangkualam: Piala AFF Cuma Pemanasan untuk ke Piala Asia

"Doa terbaik untuk skuad Garuda..."

Berita | 22 December 2021, 17:00
Optimisme Asnawi Mangkualam: Piala AFF Cuma Pemanasan untuk ke Piala Asia

Libero.id - Wakil kapten timnas Indonesia --- yang kalau Evan Dimas tidak dimainkan sejak menit awal menjadi kapten --- Asnawi Mangkualam sangat optimistis bisa membawa skuad Garuda meraih gelar pertama di ajang Piala AFF 2020.  Indonesia sendiri sudah 5 kali masuk final dan semuanya kandas. 

Tetapi pada era pelatih Shin Tae-yong ini, pemain Ansan Greeners itu yakin betul bisa menjuarai kompetisi paling bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. Dan tak tanggung-tanggung setelah Piala AFF diraih, bek andalan timnas Indonesia itu punya target untuk bisa membawa Indonesia berkiprah kembali di Piala Asia yang akan digelar 2023 mendatang.


"Harapan saya, di akhir 2021, saya bisa memberikan gelar juara buat Indonesia dan kami selanjutnya fokus ke Piala Asia, dan kami bisa lolos kualifikasi, adalah mimpi saya bisa main di Piala Asia nanti," katanya pada kanal YouTube resmi PSSI, pada Rabu (22/12).

"Jadi, Piala AFF ini kami jadikan sebagai ajang pemanasan dan persiapan buat kami ke Piala Asia," tambahnya.

Piala Asia 2023 sendiri akan digelar di China selama 16 Juni-16 Juli 2023. Babak kualifikasinya sendiri bakal berlangsung sepanjang 6 Juni 2019 sampai 14 Juni 2022.

Timnas Indonesia mula-mula mengikuti babak kualifikasi pada ronde kedua. Namun, Skuad Garuda menempati posisi juru kunci di Grup G dengan raihan 1 poin saja.

Sehingga hal itu membuat Timnas Indonesia harus mengikuti babak play off. Dan untungnya di babak play off, Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan sukses mengalahkan Taiwan dua kali di Buriram, Thailand. Skornya masing-masing 2-1 pada 7 Oktober 2021 dan 3-0 pada 11 Oktober lalu.

Dengan demikian, Timnas Indonesia berhak mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023 ronde ketiga yang akan berlangsung selama 8-14 Juni 2022 mendatang.

Namun yang pasti, bagi Asnawi dan rekan-rekan, target didepan mata yang harus dicapai adalah mengalahkan Singapura di semifinal Piala AFF 2020 untuk bisa mencapai asa juara. Leg pertama akan berlangsung pada Rabu (22/12) malam WIB ini dan leg kedua pada Sabtu (25/12) mendatang.

Doa terbaik untuk skuad Garuda.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network