Park Hang-seo Tak Yakin Vietnam Bisa Kalahkan Thailand, Minder atau Psywar?

"Biasanya Mister Park sesumbar. Tapi, saat bertemu Thailand justru merendah."

Analisis | 23 December 2021, 03:03
Park Hang-seo Tak Yakin Vietnam Bisa Kalahkan Thailand, Minder atau Psywar?

Libero.id - Berbeda dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya yang penuh kepercayaan diri tinggi dan sesumbar, Vietnam terlihat kurang yakin bisa mengatasi Thailand di semifinal. Terbukti, tidak ada lagi kata-kata congkak yang keluar dari mulut anggota skuad The Golden Star.

Menurut Park Hang-seo, Vietnam memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan Thailand. Dia tetap melihat skuadnya cukup tangguh untuk mendapatkan hasil positif. 

Tapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga meminta timnya fokus 90 menit. "Semua orang tahu Thailand adalah kandidat nomor satu untuk memenangkan gelar Piala AFF tahun ini. Mereka memiliki skuad yang berkualitas," kata Hang-seo, dilansir VN Express.

Entah bermaksud untuk merendah atau bagaimana, yang jelas Hang-seo mengatakannya dengan nada memuji. "Tentu saja, saya tidak mengatakan mereka luar biasa. Tapi, saya tidak dapat menyangkal bahwa mereka adalah tim yang kuat. Saya selalu menghormati Thailand," ucap Hang-seo.

Vietnam masuk ke semifinal dengan status runner-up Grup B dengan capaian 10 poin. Itu jumlah yang sama seperti Indonesia. Hanya saja Vietnam mencetak lebih sedikit gol. Sebaliknya, Thailand memenangkan keempat pertandingan dan finish di urutan pertama Grup A.

"Untuk Vietnam, kami akan memberikan yang terbaik. Saya tidak yakin 100 persen (mengalahkan Thailand). Tapi, kami bisa memenangkan ini," ujar asisten Guus Hiddink di Piala Dunia 2002 itu.

Di bawah Hang-seo, Vietnam belum pernah kalah melawan Thailand. Mereka menang dua kali dan dua kali seri. "Sejujurnya, hasil sebelumnya tidak akan mempengaruhi pertandingan ini. Bagi kami, kami harus mengincar kemenangan di setiap pertandingan. Saya tidak bisa memprediksi hasilnya. Tapi, kami harus tetap fokus," tambah Hang-seo.

"(Alexandre) Polking dulu melatih HCMC (Ho Chi Minh City) dan dia mengenal pemain Vietnam dengan baik. Tapi, kami juga sering bermain melawan Thailand dan tahu bagaimana mereka bermain," kata Hang-seo tentang keberadaan Polking di bench The War Elephants.

"Karena itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saya telah menganalisis gaya permainan mereka saat ini. Dibandingkan dengan pertemuan terakhir (di Kualifikasi Piala Dunia 2022), mereka lari lebih banyak," tambah Hang-seo.

Apa yang diungkapkan Hang-seo sebelum melawan Thailand cukup aneh dan diluar kebiasaan. Biasanya, dia sangat percaya diri dengan sesumbar akan melumat lawan-lawan Vietnam. Contohnya saat akan bertemu Malaysia dan Indonesia. Saat itu, Vietnam menyebut mengalahkan Indonesia sangat mudah.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network