Kisah Wasit di Prancis Respons Hinaan Fans dengan Ejekan ala Selebrasi Pemain

"Pemain lawan mengejek suporter itu hal biasa. Tapi, bagaimana jika wasit? Cek videonya!"

Viral | 23 December 2021, 06:40
Kisah Wasit di Prancis Respons Hinaan Fans dengan Ejekan ala Selebrasi Pemain

Libero.id - Biasanya, wasit yang mendapatkan sorakan, hinaan, atau cacian dari tribun penonton akan terlihat kalem dan tenang. Tapi, yang terjadi di sepakbola Prancis pada akhir pekan lalu benar-benar berbeda. 

Pada pertandingan Coupe de France, Minggu (19/12/2021), pengadil lapangan bernama Jerome Miguelgorry memimpin pertemuan klub kasta kelima, Stade Poitevin, melawan tim dari Ligue 1, Lens, di Stade Michel-Amand.

Meski beda kasta yang sangat jauh, situasi di lapangan layaknya pertarungan sesama klub Ligue 1. Duel berlangsung keras dan penuh kontoversi. Beberapa saat setelah Ignatius Ganago membuka skor untuk tim tamu pada menit 36, wasit berusia 45 tahun itu memberikan kartu merah langsung kepada Cesar Neto karena menginjak Corentin Jean. 

Keputusan Miguelgorry langsung memicu amarah para pendukung tuan rumah. Di sela-sela protes para pemain Poitevin, suporter melancarkan berbagai kata-kata hinaan kotor kepada sang wasit. Mereka juga bersiul dan bernyanyi dengan lirik yang merendahkan. 

Miguelgorry tampaknya masih bisa menahan diri. Dan, pertandingan terus berlanjut seperti biasa dengan tensi yang semakin tinggi. 

Meski kalah jumlah pemain, Poitevin ternyata memiliki lebih banyak peluang untuk menyamakan kedudukan. Rasa frustrasi memuncak pada waktu tambahan ketika Miguelgorry menghadiahkan tendangan bebas kontroversial kepada Lens yang berpotensi menambah keunggulan.

Lagi-lagi, para pendukung tuan rumah marah. Kata-kata kotor, caci-maki, hinaan, siulan, dan nyanyian dengan lirik yang melecehkan mengema di stadion. Dan, kali ini Miguelgorry hilang kesabaran.

Seperti yang terekam dalam video viral di media sosial, wasit membalas dengan melakukan sebuah ejekan ke penonton. Miguelgorry meletakkan tangannya di telinga. Aksi itu biasanya dilakukan pemain saat mencetak gol dengan maksud "mana suara kalian suporter".

Salah satu wartawan Prancis yang menyaksikan kejadian itu, Mickael Nys, memposting rekaman insiden tersebut dengan caption unik.

"Seorang wasit yang mengadili publik. Saya belum pernah melihat ini dalam hidup saya. Lens berhasil mengamankan tempat di babak berikutnya di Coupe de France berkat gol Ganago di babak pertama. Tapi, justru Miguelgorry dan kejenakaan telinganya yang menjadi berita utama," tulis Nys.

Sebagian besar pengadil lapangan memang mengalami ejekan dari orang-orang selama karier di lapangan. Bahkan, wasit Inggris sekelas Mike Dean mengaku pernah dinyanyikan lagu yang menghina dirinya saat menonton pertandingan klub kesayangannya, Tranmere Rovers.

"Saya pernah mengalami beberapa kali. Saya menontonnya sebagai pendukung. Ketika saya pergi dan menonton, saya tidak akan duduk di tribun utama. Saya akan berada di tribun suporter membaur dengan orang-orang biasa," kata Dean dalam sebuah kesempatan.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network