Selain Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek juga Bisa jadi Senjata Rahasia Indonesia

"Absen di leg pertama karena kartu kuning, Rumakiek berpeluang main di leg kedua."

Analisis | 24 December 2021, 15:10
Selain Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek juga Bisa jadi Senjata Rahasia Indonesia

Libero.id - Ramai Rumakiek menjadi salah satu pemain Indonesia yang dalam kondisi bugar setelah tidak ikut bermain saat menghadapi Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Jadi, apakah pemain muda Persipura Jayapura itu akan tampil di leg kedua Sabtu (25/12/2021)? 

Sepanjang turnamen di Negeri Singa berlangsung, Rumakiek selalu masuk di babak kedua, kecuali ketika melawan Malaysia. Hasilnya, satu gol dicetak pemuda kelahiran Jayapura, 19 April 2002, itu saat menghadapi Kamboja. Itu gol kedua Rumakiek untuk skuad Garuda.

Uniknya, sama seperti mayoritas pemain Indonesia lainnya, Rumakiek juga belum lama mendapatkan panggilan Shin Tae-yong. Dia baru melakukan debut internasional resmi pada 7 Oktober 2021, melawan Taiwan pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Di laga itu, dia juga langsung cetak gol.

Berkat penampilan itu, Rumakiek kembali dipanggil Tae-yong saat Indonesia menjalani pelatnas di Turki untuk persiapan Piala AFF. Saat itu, pasukan Garuda beruji coba dengan Turki dan Myanmar. 

Kemampuan dan bakat besar Rumakiek tampaknya membuat Tae-yong jatuh cinta sehingga membawanya ke Singapura. Di pertandingan pertama Indonesia melawan Kamboja, dia masuk di babak kedua. Hanya beberapa menit di lapangan, gol cantik dilahirkan Rumakiek. 

Kini, setelah absen di leg pertama melawan Singapura, Rumakiek berpeluang masuk starting line-up pertandingan kedua. Bersama Egy Maulana Vikri, Rumakiek bisa menjadi senjata rahasia tim Merah-Putih.

Selain itu, semifinal kedua akan menjadi pertandingan penting bagi Rumakiek mengingat duel bertepatan dengan perayaan Natal. Tentu saja, pemain seperti Rumakiek, Yabes Roni, atau Ricky Kambuaya, bermain saat Natal, akan memberi kekuatan ekstra.

"Saya tidak tersedia untuk leg pertama. Tapi, saya berharap mendapatkan kesempatan untuk bermain (di leg kedua)," kata Rumakiek dalam sesi konferensi pers resmi sehari sebelum pertandingan, dilansir situs resmi Piala AFF 2020.

"Para pemain tidak lelah sama sekali. Kami bersemangat untuk pertandingan dan pelatih kami telah memberi kami rencana yang bagus sehingga kami yakin kami bisa sukses," kata pemain yang baru menjalani debut profesional bersama Mutiara Hitam pada 8 Agustus 2021 di laga versus Persita Tangerang itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network