5 Pemain Portugal Paling Menghibur Sepanjang Masa

"Hanya tinggal nomor 1 yang berpeluang merebut gelar Liga Champions."

Analisis | 24 December 2021, 16:59
5 Pemain Portugal Paling Menghibur Sepanjang Masa

Libero.id - Bagi masyarakat Portugal, sepakbola bukan sekadar olahraga, tapi juga bagian dari gaya hidup. Sepakbola menjadi hiburan yang mereka nikmati dengan gembira.

Selama bertahun-tahun, negara ini telah menghasilkan beberapa pemain berbakat yang telah menjadi pemain kelas dunia. Selain memiliki bakat yang unik, pesepakbola asal Portugal dikenal memiliki rasa tanggung jawab dan penuh keberanian.

Di antaranya seperti Eusebio, Pauleta, Pepe, dan Helder Postiga. Mereka semua telah bernasib baik untuk tim nasional Portugal selama bertahun-tahun.

Hingga pada2016, Portugal memenangkan gelar internasional pertama mereka. Seleccao das Quinas meraih Euro 2016 setelah mengalahkan Prancis 1-0 dalam perpanjangan waktu di final.

Portugal juga masih menjanjikan karena diperkuat dengan pemain muda berbakat seperti Diogo Jota, Joao Cancelo, Bernardo Silva, Joao Felix, dan Andre Silva. Mereka berharap bisa lolos ke Piala Dunia di Qatar tahun depan melalui jalur play-off.

Para pemain Portugal pada dasarnya telah menghasilkan momen-momen brilian yang membuat para fans mereka kagum dan merasa terhibur. Pada catatan itu, inilah 5 pemain Portugal yang paling menghibur sepanjang masa.

5. Ricardo Quaresma

Ricardo Andrade Quaresma Bernardo lahir di Lisbon, Portugal, pada 1983. Dia memulai kariernya bersama Domingos Savio sebelum bergabung dengan akademi muda Sporting CP pada 1994.

Quaresma datang melalui jajaran di Sporting, dan memulai debutnya pada 2001. Dia sempat bermain selama setahun di Barcelona sebelum pindah ke Porto pada 2004.

Di sanalah Quaresma menemukan potensinya hingga menjadi pemain mapan. Quaresma telah bermain dengan berbagai klub, termasuk Porto, Sporting, Besiktas, Chelsea, Barcelona, hingga Inter Milan.

Dalam 663 penampilan sepanjang kariernya, pemain Portugal itu telah mencetak 108 gol dan memberikan 167 assist. Ricardo Quaresma dikenal luas dengan tendangan 'trivela'-nya, di mana dia menggunakan bagian luar kakinya untuk menghasilkan reverse curl pada bola. Berikut cuplikan Quaresma yang membuat gol trivela di Piala Dunia 2018:

Dia juga memberikan assist yang luar biasa bagi rekan setimnya untuk mencetak gol saat di Besiktas baru-baru ini. Quaresma mengoper bola menggunakan tendangan 'rabona', menggunakan kaki penendangnya untuk pergi ke belakang dan mengitari kaki yang berdiri untuk menendang bola.

Saat ini Quaresma bermain untuk Vitoria Guimaraes di Portugal.

4. Nani

Luis Carlos Almeida da Cunha alias Nani lahir di Amadora, Portugal, pada 1986. Dia bermain sebagai pemain sayap, dan dikenal karena triknya dengan serangan berbisa serta memiliki fisik yang luar biasa.

Dia dikenal publik saat membela Sporting CP, di mana dia melakukan debut seniornya pada 2005. Dia kemudian diboyong oleh Manchester United pada 2007 seharga 25,5 juta euro (Rp 410 miliar).

Pemain asal Portugal itu memiliki tugas yang paling bermanfaat dalam karirnya bersama Setan Merah. Nani memenangkan 4 gelar Liga Premier dan satu Liga Champions UEFA bersama Man United.

Dia mencetak beberapa gol brilian untuk Setan Merah, termasuk upaya tim yang mengesankan melawan Manchester City. Man United mengoper bola dengan cepat melewati garis Man City sebelum Nani, yang dimainkan untuk menyelesaikan sebuah tendangan chip.

Anda dapat melihat momen itu di sini:

Nani memainkan 230 pertandingan untuk Man United, mencetak 41 gol dan memberikan 74 assist. Pada musim 2010/2011 menjadi periode terbaiknya di Liga Inggris bersama Setan Merah.

Pemain Portugal itu mencetak 9 gol dan membuat 19 assist dalam 33 penampilan musim itu. Dia saat ini bermain untuk Orlando City SC di MLS, di mana dia telah mencetak 31 gol dan memberikan 19 assist dalam 88 pertandingan di seluruh kompetisi.

3. Deco

Anderson Luis de Souza, atau lebih dikenal sebagai Deco. Dia lahir di Sao Bernardo do Campo, Brasil, pada 1977. Dia memulai karier mudanya dengan Corinthians, dan melakukan debut seniornya pada 1996. Pemain dari Benfica itu terkesan untuk bermain dengan Portugal pada 1997.

Lahir dan dibesarkan di Brasil, Deco memenuhi syarat untuk kewarganegaraan Portugal pada 2002. Dia memenuhi itu setelah lima tahun tinggal di Portugal. Dia pun memilih bermain untuk tim nasional Portugal.

Gelandang itu adalah salah satu pemain Portugal yang paling sukses bermain di Liga Champions. Deco memenangkan kompetisi dengan Porto pada 2004, dan dinobatkan sebagai Man of the Match di laga final.

Pada 2006, dia mengulangi kemenangan dengan Barcelona. Deco adalah salah satu dari sedikit pemain yang memenangkan Liga Champions dengan banyak klub. Dia juga satu-satunya pemain yang memenangkan penghargaan gelandang terbaik UEFA dengan dua klub.

Dia pernah bermain untuk Barcelona, Chelsea, dan Fluminense setelah mantranya bersama Porto. Deco memenangkan 8 gelar liga domestik, empat piala domestik, dan dua trofi Liga Champions.

Anda bisa menyaksikan momen terbaiknya di Liga Champions di sini:


Deco memainkan 490 pertandingan klub, mencetak 75 gol dan memberikan 165 assist. Sebelum akhirnya pensiun dari sepakbola pada 2013.

2. Luis Figo

Luis Filipe Madeira Caeiro Figo lahir di Almada, Portugal, pada 1972. Dia datang bersama Sporting CP, dan melakukan debut seniornya pada 1989.

Dia bermain di Portugal selama enam tahun sebelum pindah ke Barcelona pada 1995. Bersama Blaugrana, Figo menjadi salah satu pemain paling disegani di dunia.

Dia memenangkan 2 gelar La Liga, 2 Copa del Rey, dan 1 Piala Winners bersama Barcelona. Dia menjadi salah satu pemimpin dan pemain paling berpengaruh. Figo sangat dihormati dan dipuja di Barcelona, karena dia mengenakan seragam Barca membuat orang Catalunya merasa diterima.

Berikut video Luis Figo mencetak gol kelas dunia untuk Barcelona:

Pada Juli 2000, Real Madrid memicu klausul pelepasan Figo sebesar 62 juta euro (Rp 996 miliar) dan pria asal Portugal itu setuju untuk pindah. Keputusan itu tentu saja membuat kecewa fans Barcelona.

Akibatnya, dalam pertandingan El Clasico 2002, Figo dilempari kepala babi oleh fans Barcelona. Saat itu Figo sedang bersiap untuk mengambil tendangan sudut ketika insiden itu terjadi.

Namun demikian, Figo lebih menikmati kesuksesan bersama Real Madrid. Dia memenangkan Liga Champions pada 2001/2002. Dia juga memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada 2000.

Luis Figo kemudian pindah ke Inter Milan, di mana dia memenangkan 4 gelar Serie A berturut-turut dari 2005-2009. Sebelum akhirnya Legenda Portugal itu mengakhiri kariernya sebagai pemain pada 2009.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Madeira, Portugal, pada 1985. Dia memulai kariernya di Sporting CP, dan melakukan debutnya pada tahun 2002. Ronaldo memulai kariernya sebagai pemain sayap, tetapi sekarang dia bermain sebagai striker.

Selama kariernya, Ronaldo telah bermain bersama empat klub, dari Sporting CP, Manchester United, Juventus, dan Real Madrid. Dia telah mencetak 687 gol yang luar biasa dan memberikan 300 assist dalam 915 pertandingan di seluruh kompetisi. Pemain Portugal itu adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Real Madrid dengan 450 gol.

Ronaldo telah memenangkan 7 gelar liga, 4 piala domestik, dan 5 trofi Liga Champions. Hanya Lionel Messi (7) yang memenangkan lebih banyak penghargaan Ballon d'Or daripada lima milik Ronaldo.

CR7 dikenal karena trik dan tendangan bebasnya yang menggelegar selama musim pertamanya bersama Man United. Pada 2009, dia mencetak gol screamer 40 yard melawan Porto di Liga Champions. Gol itu membuatnya mendapatkan Puskas Award.

Dia juga mencetak tendangan bebas yang tidak biasa ketika melawan Portsmouth. Ronaldo menendang bola dengan sangat keras sehingga bola itu bersarang di belakang jaring tanpa ada putaran di atasnya.

Selama di Madrid, Ronaldo menghasilkan momen jenius melawan Juventus di Liga Champions. Dia bereaksi cepat terhadap umpan silang dari sayap kanan, menyesuaikan dirinya dan mengayunkan sepatunya untuk mencetak gol melewati Gianluigi Buffon.

Seluruh penonton di stadion Juventus memuji upaya tersebut, dan Ronaldo menanggapi dengan menepuk dadanya dengan rasa terima kasih.

Ronaldo kembali untuk periode kedua dengan Manchester United musim panas ini, tempat di mana dia tampaknya memiliki beberapa urusan yang belum selesai. Pemain asal Portugal itu akan berusaha memenangkan Liga Champions bersama Setan Merah sekali lagi tahun depan.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Portugal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network