Shin Tae-yong Dukung Penggunaan VAR di Piala AFF Berikutnya

"Rupanya tidak hanya Shin Tae-yong, Park Hang-seo juga merasa dirugikan oleh keputusan wasit"

Berita | 25 December 2021, 06:24
Shin Tae-yong Dukung Penggunaan VAR di Piala AFF Berikutnya

Libero.id - Pelatih Tim Garuda, Shin Tae-yong mendukung seruan pelatih Vietnam yang sama-sama berasal dari Korea Selatan, Park Hang-seo agar Video Assistant Referee (VAR) diperkenalkan pada edisi Piala AFF berikutnya.

Golden Star Warriors dibuat marah dengan kekalahan 2-0 hari Kamis kemarin (23/12/2021) dari Thailand di leg pertama pertandingan semifinal setelah sejumlah keputusan bertentangan dengan mereka, membuat Park merasa VAR sangat diperlukan.

Seperti Vietnam, Indonesia juga memiliki alasan untuk merasa dirugikan dalam pertandingan empat besar melawan Singapura malam sebelumnya, setelah banding penalti injury time ditolak.

Meskipun mantan pelatih timnas Korea Selatan itu awalnya menahan diri untuk tidak terlalu kritis terhadap wasit, tayangan ulang menunjukkan bahwa Indonesia seharusnya memang diberi kesempatan untuk memenangkan laga melawan The Lions.

Dan menjelang pertemuan kembali antara Evan Dimas dkk menghadapi Singapura pada Sabtu ini (25/12/2021), Shin merasa semakin perlu mewaspadai setiap gerakan anak asuhnya agar keputusan wasit tidak mengecewakan.

“Sebagai pelatih di Piala Dunia FIFA 2018, di mana saya mengalami penerapan VAR, saya pikir teknologi adalah suatu keharusan dalam sepakbola saat ini,” ujar pria berusia 51 tahun itu kepada ESPN.

“Manusia tidak sempurna dan membuat kesalahan, tetapi dengan pemain memberikan 100 persen di lapangan, panggilan buruk oleh wasit dapat merusak permainan. Sebagai tuan rumah, Singapura memiliki keunggulan dalam banyak aspek sehingga wasit memiliki untuk memastikan permainan yang adil sepanjang pertandingan."

"Panggilan (keputusan) yang buruk tidak hanya dapat merusak tempo pertandingan tetapi juga dapat merusak turnamen secara keseluruhan. Setelah melihat cuplikan dari akhir leg pertama, saya yakin kami seharusnya diberikan penalti, dan kami juga melihat beberapa kejadian serupa dalam pertandingan antara Vietnam dan Thailand."

"Untuk mempromosikan citra turnamen, dan untuk memiliki kompetisi yang lebih baik, VAR adalah sesuatu yang kami butuhkan untuk bergerak maju."

Meskipun demikian, Shin juga mengakui para pemainnya tidak tampil sebaik yang mereka lakukan pada hari Rabu (22/12/2021) seperti sebelumnya di turnamen, dan berharap Timnas mampu bermain semakin baik lagi dalam laga Sabtu ini.

“Kami melihat kedua tim memberikan 100 persen pada pertandingan pertama tetapi pasti ada area di mana kami bisa melakukannya lebih baik,” tambahnya.

“Dengan persiapan yang lebih baik untuk leg kedua, kami akan mencoba memainkan pertandingan yang lebih baik besok."

"Starting XI yang saya mainkan berbeda berdasarkan lawan yang kami hadapi dan faktor lain, seperti taktik dan strategi kami, jadi sulit bagi saya untuk menjawab mengapa pemain tertentu tidak diturunkan."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network