Peringkat 5 Klub Terbaik Dunia di Tahun Kalender 2021

"Dua klub berasal dari Inggris."

Analisis | 30 December 2021, 16:54
Peringkat 5 Klub Terbaik Dunia di Tahun Kalender 2021

Libero.id - Menjelang akhir 2021, menarik untuk kita melihat kembali tahun yang penuh peristiwa penting dalam sepakbola. Banyak gol yang tercipta dan dari banyaknya gol itu hanya klub-klub elit saja yang relatif paling sering dibicarakan.

Sebagai catatan, berikut adalah lima klub sepakbola paling impresif sepanjang tahun 2021:

5. Real Madrid

Periode di mana tim-tim Spanyol mengalami kesulitan, Real Madrid justru menjadi tim La Liga paling impresif tahun ini.

Los Blancos mengalami musim tanpa trofi  pada 2020/2021, kecolongan gelar La Liga dari Atletico Madrid dengan tertinggal dua poin. Skuad yang saat itu diasuh Zinedine Zidane juga tersingkir dari semifinal Liga Champions dari Chelsea.

Untuk memperburuk masalah, Madrid diguncang oleh tiga sosok penting yang meninggalkan klub di awal musim panas ini:  Sergio Ramos, Raphael Varane, dan Zidane.

Tetapi, pelatih pengganti, Carlo Ancelotti tak akan membiarkan Madrid jatuh ke lubang yang lebih dalam. Terbukti, Madrid saat ini unggul delapan poin atas Sevilla di puncak klasemen La Liga dan meninggalkan jauh Barcelona dan Atletico Madrid lebih dari 15 poin.

Los Blancos juga lolos ke babak 16 besar Liga Champions, di mana mereka dijadwalkan menghadapi PSG. Tim asuhan Ancelotti terlihat seperti unit yang kompak, dan tentu akan sangat menikmati tantangan untuk mengalahkan para pemain PSG yang kadang tampil tidak konsisten.

4. Inter Milan

Inter Milan melakukan hal yang tak terpikirkan pada 2021 dengan menggagalkan Juventus meraih gelar Serie A kesepuluh berturut-turut. I Nerazzurri mengejutkan Cristiano Ronaldo dkk, yakni menyelesaikan kompetisi dengan unggul 13 poin dari Nyonya Tua yang berada di urutan keempat.

Terlepas dari kesuksesan itu, Inter mengalami musim panas yang penuh kejutan buruk. Mereka kehilangan striker andalan, yakni Romelu Lukaku serta manajer Antonio Conte.

Namun demikian, di bawah manajer baru, Simone Inzaghi, Inter tetap berada di jalur juara. Mereka saat ini unggul empat poin atas AC Milan yang berada di posisi kedua.

Inter juga lolos ke babak sistem gugur Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2011/2012. Mereka akan melawan Liverpool di babak 16 besar. Itu artinya Inter menghadapi tugas berat untuk lolos ke perempat final Liga Champions pertama mereka dalam lebih dari satu dekade.

3. Chelsea

Ketika Chelsea memecat Frank Lampard pada Januari awal tahun ini, The Blues berada di urutan kesembilan dalam tabel Liga Premier. Setelah menghabiskan lebih dari 250 juta pounds pada musim panas 2020, sepertinya musim 2020/2021 mereka akan berakhir dengan kegagalan besar.

Namun, apa yang terjadi selanjutnya tidak kalah mencengangkan. Thomas Tuchel membawa Chelsea ke empat besar liga dan final Piala FA. Yang terpenting, klub London memulai perjalanan luar biasa untuk memenangkan Liga Champions 2020/2021.

The Blues adalah tim terbaik di dunia sepakbola pada paruh pertama tahun ini.

Satu-satunya noda dalam periode lima bulan yang sempurna adalah kekalahan 1-0 Chelsea dari Leicester City di final Piala FA 2020/2021.

Chelsea juga menikmati paruh kedua mengesankan pada 2021. Mereka mengawali musim 2021/2022 dengan mengalahkan Villarreal di Piala Super Eropa. Pasukan Tuchel juga berada dalam perebutan gelar Liga Premier 2021/2022.

Namun, mereka saat ini terpaut enam poin dari pemuncak klasemen Manchester City setelah kehilangan momentum dalam beberapa pekan terakhir.

The Blues mendapat hasil drawing yang menguntungkan di babak 16 Besar Liga Champions. Mereka akan menghadapi Lille dan tentu Chelsea difavoritkan untuk melaju ke perempat final.

2. Bayern Muenchen

Bayern terus menerus mendominasi Bundesliga. Raksasa Bavaria mengamankan gelar Bundesliga kesembilan berturut-turut musim 2020/2021 dengan finish 13 poin di depan RB Leipzig yang berada di posisi kedua. Mereka saat ini unggul sembilan poin atas Borussia Dortmund, dan kemungkinan akan meraih sepuluh gelar beruntun tahun depan.

Bayern juga telah memenangkan DFL-Supercup 2021, dengan kemenangan 3-1 atas Borussia Dortmund.

Terlepas dari banyak tonggak dan trofi, Bayern akan melihat kembali kampanye mereka musim lalu dengan sedikit penyesalan. Mereka mengalami kekalahan memalukan pada putaran kedua dari DFB-Pokal melawan tim divisi bawah Holstein Kiel.

The Bavarians juga tersingkir dari Liga Champions musim lalu dalam keadaan yang menyiksa. Dengan absennya pemain bintang mereka, Robert Lewandowski, Bayern nyaris tersingkir karena gol tandang melawan PSG di perempat final. Itu adalah jalan keluar yang memilukan bagi raksasa Jerman, yang bisa dibilang tim yang lebih baik di kedua leg meskipun kehilangan pencetak gol terbanyak mereka.

Namun demikian, Bayern Munich kesempatan untuk memperbaiki keadaan tahun depan. Mereka finis di puncak grup Liga Champions dengan rekor kemenangan 100%, menjadi satu dari sepuluh tim yang mencapai prestasi tersebut. Diundi melawan RB Salzburg di babak 16 Besar, Bayern akan menyukai peluang mereka untuk melaju jauh di Eropa tahun ini.

1. Manchester City

Awal tahun ini, The Citizens hampir tak terbendung sampai akhirnya Pep Guardiola, sang ahli strategi asal Spanyol, memutuskan untuk memainkan final Liga Champions tanpa gelandang bertahan. Ini adalah pertama kalinya di seluruh kampanye 2020/2021, Man City bermain tanpa Rodri atau Fernandinho. The Citizens dikalahkan 1-0 oleh Chelsea, dan harus rela melanjutkan penantian panjang mereka untuk mahkota Eropa pertama dalam sejarah klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

Namun, kabar baiknya, Manchester City memenangkan gelar Liga Premier 2020/2021 dengan selisih poin yang jauh, yakni 12 poin di atas Manchester United.

Mereka juga mengalahkan Tottenham Hotspur untuk mengamankan Piala Liga Inggris keempat berturut-turut. Namun, terkadang ada momen sial, seperti kekalahan semifinal Piala FA musim lalu dari Chelsea. 

The Citizens juga menderita kekalahan 1-0 dari Leicester City dalam pertandingan Community Shield pada Agustus 2021. Perjalanan luar biasa mereka di Piala Liga juga berakhir dengan kekalahan mereka dari West Ham United di babak 16 besar tahun ini.

Namun demikian, sejauh menyangkut kompetisi besar, berjalan mulus bagi Manchester City pada 2021/2022. Mereka saat ini memimpin enam poin di puncak klasemen Liga Premier, meskipun Liverpool yang berada di posisi kedua memiliki satu pertandingan di tangan.

Pasukan Pep Guardiola juga mengungguli PSG asuhan Lionel Messi ke posisi teratas grup Liga Champions. The Citizens dijadwalkan bakal menghadapi Sporting Lisbon di babak 16 besar. Ini adalah undian yang menguntungkan, dan tidak ada alasan mengapa finalis musim lalu itu tidak bisa bermain lebih jauh di Eropa kali ini.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network