Kenalkan Nico Schlotterback, Target Bayern yang Pernah Bikin Haaland Tak Berkutik

"Jika anda mengikuti Bundesliga, pasti tahu sepak terjang anak muda ini."

Biografi | 30 December 2021, 20:17
Kenalkan Nico Schlotterback, Target Bayern yang Pernah Bikin Haaland Tak Berkutik

Libero.id - Bayern Muenchen dikenal sebagai tim sepakbola Eropa yang agresif di lapangan. Kegemaran FC Hollywood adalah menyerang, menyerang, dan menyerang. Tapi, bukan berarti mereka tidak membutuhkan pemain belakang tangguh. Saat ini, Bayern dikabarkan sedang mengincar Nico Schlotterback.

Jika anda memperhatikan klasemen sementara Bundesliga saat jeda musim dingin, akan terlihat bahwa Bayern kokoh di puncak klasemen. Yang menarik, Bayern menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit dengan 16 gol. Mereka tidak sendirian, melainkan bersama dengan Freiburg. 

Melihat Bayern hanya menderita 16 gol dalam 17 pertandingan adalah hal yang normal dan wajar. Tapi, jika Freiburg yang berada di sana, itu benar-benar mengejutkan. 

Dan, ternyata, salah satu kunci pertahanan kokoh Freiburg musim ini adalah Schlotterback. Pemuda berusia 22 tahun itu menjadi satu dari empat punggawa The Black Forest yang selalu bermain di Bundesliga. Jadi, wajar jika rumor mengaitkan Schlotterback dengan kepindahan ke Allianz Arena.

"Saya bukan seseorang yang benar-benar bercita-cita untuk bermain di Inggris atau Spanyol. Saya selalu ingin bermain di Bundesliga. Saya lebih suka (main) dengan tim terbaik (di Jerman)," kata Schlotterback dalam wawancara dengan Kicker, beberapa hari lalu.

Itu bukan petunjuk tentang Bayern. Itu adalah pernyataan yang sangat jelas. Bek tengah berpostur 191 cm tersebut merupakan target paling masuk akal Bayern. Dan, itu bukan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Schlotterback menjadi target utama Bayern karena Niklas Suele berpotensi pergi pada akhir musim nanti.

Bagi banyak orang, Schlotterback telah menjadi bek paling mengesankan di  Bundesliga musim ini. Dia membantu klubnya membuat tujuh clean sheets dan berada di posisi ketiga klasemen sementara Bundesliga saat jeda musim dingin. Ini menjadi musim terbaik klub sejak 1994/1995, ketika finish ketiga. 

Hebatnya, pada awal 2021, beberapa fans Jerman bahkan belum pernah mendengar nama Schlotterback. Itu karena dia nyaris tidak bermain untuk Freiburg selama musim 2019/2020 dan yang melewatkan paruh pertama musim 2020/2021 dengan status pinjaman di Union Berlin karena cedera otot.

Namun, pada Januari 2021, Schlotterback kembali bugar. Lalu, dia memperlihatkan penampilan luar biasa yang membantu Union finish ketujuh dan lolos ke Liga Konferensi Eropa.

Union sebenarnya berencana memperpanjang masa pinjaman. Tapi, Pelatih Freiburg, Christian Streich, ingin Schlotterbeck kembali. Sejak saat itu dia membangun pertahanan yang kokoh dalam formasi 4-4-2 dan 3-5-2.

Dengan postur tubuh yang tinggi serta atletis, Schlotterback sangat baik di udara. Dia juga cepat membaca permainan dengan baik. Dia juga unggul dalam distribusi bola.

Banyak orang Jerman membandingkan Schlotterback dengan bek legendaris Jerman di Piala Dunia 2002, Jens Nowotny. Nowotny tumbuh ketika Karlsruhe adalah kekuatan yang signifikan di Bundesliga. Seperti Nowotny, Schlotterbeck juga lulusan Karlsruhe. Dia juga mampu tampil di lini tengah defensif.

"Sangat jelas bahwa Nico akan terus memantapkan dirinya sebagai profesional top. Tapi, dia selalu tetap rendah hati dan masih mempertahankan kontak dengan kami," kata Kepala Akademi Karlsruhe, Edmund Becker. 

Di Freiburg, Nico bergabung dengan kakak laki-lakinya, Keven. Nico melakukan debut Bundesliga bersama Keven pada April 2019. Itu seperti sebuah acara keluarga yang menyenangkan dengan orang tua mereka menonton dari tribun dan mendapatkan sorot kamera televisi.

"Sebagai anak kecil, kami sering bermain di taman, dan bermimpi menjadi pemain sepakbola profesional. Sangat sedikit anak yang mampu mewujudkan impian itu. Sungguh luar biasa kami berdua berhasil mewujudkannya. Itu masih menjadi momen favorit dalam karier saya," ujar Schlotterback kepada Sport 1.

Berkat penampilan di klub, Schlotterback sempat mendapatkan panggilan dari Hansi Flick. Dia mengundangnya untuk bergabung dengan timnas pada September 2021 menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Flick mendapat rekomendasi dari Stefan Kuntz, yang memimpin Jerman U-21 meraih gelar Euro U-21 2021.

Schlotterbeck tampil tangguh di pertahanan bersama bintang muda Arminia Bielefeld, Amos Pieper, saat Jerman hanya kebobolan empat gol dalam enam pertandingan dan menjaga clean sheets dalam kemenangan 1-0 atas Portugal di final.

Senang menerima medali pertama dalam kariernya, Schlotterbeck kembali ke Freiburg dengan semangat tinggi dan menjadi bintang pada matchday kedua Bundesliga saat tim underdog Freiburg mengalahkan Borussia Dortmund 2-1. Mereka hanya kebobolan gol bunuh diri yang tidak menguntungkan.

"Itu adalah duel pertama saya melawan striker kelas dunia sejati. Itu spesial bagi saya, karena saya akhirnya tahu di mana saya berada dan ke mana saya bisa pergi," ucap Schlotterback.

"Apa yang dibawa (Erling) Haaland dalam hal fisik dan kualitas sangat bagus, dan saya harus tetap fokus sepanjang pertandingan. Dia tidak mencetak gol, dan saya menyadari bahwa saya bisa bersaing dengan level striker itu. Itu adalah pengalaman kunci," ungkap Schlotterbeck.

Kepercayaan dirinya meroket setelah panggilan ke Jerman datang. Tapi, Schlotterbeck belum sempat bermain untuk timnas senior karena hanya menghabiskan lima pertandingan di bangku cadangan. Tapi, menyaksikan keterampilan Antonio Ruediger, Thilo Kehrer, dan Sule dari jarak dekat sangat berharga bagi dirinya.

Semua pemain di atas menggunakan kaki kanan. Sementara Schlotterbeck adalah kidal. "Anda pasti ingin melihat kiper berkaki kiri, dan bakat Nico cukup fleksibel," kata Flick saat itu.

Schlotterbeck menikmati bermain di bawah arahan Streich, yang merupakan salah satu pelatih dan ahli taktik terbaik di Bundesliga. "Beberapa pemain akan menolak bermain untuk Bayern. Saya di Freiburg saat ini, dan akan berkonsentrasi pada musim ini sampai akhir. Kemudian, saya akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan," pungkas Schlotterback.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network