Klub Paling Untung dari Jual-Beli Pemain dalam 20 Tahun Terakhir

"Belajarlah dari dua klub asal Portugal ini!"

Analisis | 31 December 2021, 14:20
Klub Paling Untung dari Jual-Beli Pemain dalam 20 Tahun Terakhir

Libero.id - Untuk beberapa klub, musim transfer Januari yang sebentar lagi akan berlangsung bakal menjadi bulan yang tenang. Beberapa pelatih tampaknya cukup puas dengan para pemain di skuad yang mereka miliki saat ini.

Klub lain mungkin memutuskan untuk terjun ke bursa pasar untuk meningkatkan skuad mereka, sementara beberapa juga dapat menggunakannya sebagai kesempatan untuk melepas pemain yang tidak lagi dibutuhkan, yang dapat menghasilkan sejumlah uang untuk dipakai di jendela transfer di masa mendatang.

Klub-klub yang berada di kelompok terakhir bisa dikatakan merupakan klub yang cerdas, karena mengambil setiap kesempatan yang mereka dapatkan untuk mendapat untung bagi klub.

Jadi, klub mana yang paling banyak meraup untung dari transfer sejak musim pergantian milenium? Hal Itulah yang akan sedikit kita ulas dengan data-data yang tersedia.

Menurut situs data Transfermarkt, ada satu klub yang berdiri paling depan di atas yang lain di dunia sepakbola dalam kategori ini: Benfica.

Ya, klub elite Liga Portugal itu ternyata telah mendapat keuntungan sebesar 628 juta euro atau sekitar Rp 10,18 triliun sejak 2000. Di antara pemain hasil penjualan paling menguntungkan adalah Joao Felix dan Ruben Dias, dua pemain yang telah mereka jual selama periode ini.

Klub Liga Primeira Portugal lainnya yang mengambil banyak keuntungan dan berada di tempat kedua dalam daftar adalah FC Porto yang telah menghasilkan 564 juta euro atau sekitar Rp 9,11 triliun dengan melepas pemain-pemain seperti James Rodriguez dan Hulk.

Mungkin tidak mengejutkan, Ajax adalah yang berikutnya karena mereka dengan berani melepaskan aset bakat-bakat muda yang sangat potensial. Mereka adalah Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong dalam beberapa waktu terakhir.

Lille dan Udinese menempati lima besar, dan daftar tersebut memberikan indikasi yang jelas tentang jumlah bakat yang keluar dari Amerika Selatan, dengan empat klub Brasil dan dua Argentina masuk dalam 15 besar.

Untuk melihat daftar lengkap 15 klub teratas di dunia yang mendapat untung terbesar dari transfer sejak 2000, Anda bisa mellihat grafik di bawah ini.

Libero.id

Data Transfermarkt

Tentu saja, penggemar lebih suka melihat mereka menang di atas lapangan daripada menghasilkan uang di belakang layar.

Namun, sejumlah klub ini juga telah memenangkan trofi, membuktikan bahwa cara mereka berhasil, dan kesuksesan di dalam dan di luar lapangan pada saat yang sama pasti dapat dicapai.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network