Bisa Dicontoh Indonesia, 6 Comeback Spaktakuler Saat Tertinggal 4 Gol atau Lebih

"Sepakbola adalah seni kemungkinan. Tidak ada yang pasti di olahraga ini."

Analisis | 31 December 2021, 14:00
Bisa Dicontoh Indonesia, 6 Comeback Spaktakuler Saat Tertinggal 4 Gol atau Lebih

Libero.id - Kekalahan 0-4 dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 benar-benar menyesakkan hari. Itu artinya Indonesia harus menjalankan misi mustahil menang 5-0 di leg kedua, Sabtu (1/1/2022).

Meski terkesan seperti dalam kisah dongeng anak-anak sebelum tidur, sepakbola adalah seni kemungkinan. Dalam sejarah olahraga ini ada banyak kasus comeback ketika sebuah tim sudah tertinggal, kemudian bangkit untuk balik unggul atau minimal memaksakan skor imbang.

Indonesia sendiri juga pernah mengalami pengalaman gila ini di Piala AFF. Itu terjadi pada semifinal 2004 ketika tertinggal 1-3 secara agregat, kemudian bangkit untuk menang 5-3 (1-2, 4-1). Tim Merah-Putih lolos ke final untuk menantang Singapura, meski akhirnya kalah agregat 2-5 (1-3, 1-2).

Tapi, comeback Indonesia pada saat itu belum seberapa jika dibandingkan beberapa contoh kasus pertandingan menarik lain di luar negeri. Berikut ini adalah 6 contoh comeback spektakuler yang pernah terjadi di sepakbola ketika sebuah tim tertinggal 0-4, 1-5, atau 0-5:
 

1. Mali vs Angola, Piala Afrika 2010

Mali membuat comeback empat gol yang nyaris mustahil saat berhadapan dengan Angola pada pertandingan pembukaan Piala Afrika 2010 Grup A di Estadio 11 de Novembro, Luanda, 10 Januari 2010.

Saat itu, sepertinya tuan rumah akan menggelar pesta meriah setelah upacara pembukaan ketika Flavio (36, 42), Gilberto (67 pen), dan Manucho (74 pen) membuat skor 4-0 hingga menit 78. Bayangkan, dengan hanya 12 menit waktu normal tersisa, apa yang bisa dilakukan Seydou Keita dkk saat itu?

Ternyata, sepakbola memang bukan matematika. Keita kemudian mencetak gol untuk Mali pada menit 79, yang disusul Frederic Kanoute (88). Dan, drama mencapai puncaknya di additional time. Keita kembali mencetak gol di menit 90+3 dan kemudian Mustapha Yatabare (90+4). Skor akhir 4-4.


2. Reading vs Arsenal, Piala Liga 2012/2013

Jika anda penggemar Arsenal, pasti tahu cerita pertandingan gila di Madejski Stadium, 30 Oktober 2012, itu. Bayangkan, menghadapi tim kelas menengah ke bawah, The Gunners langsung tertinggal 0-4 hingga additional time babak pertama. Kemudian. Arsenal bangkit secara ajaib untuk menyamakan kedudukan 4-4 di waktu normal.

Duel putaran keempat itu berlanjut ke adu babak perpanjangan waktu dan Arsenal menambah tiga gol lagi untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 7-5. Hingga hari ini, itu dianggap sebagai salah satu pertandingan terbaik Piala Liga.


3. Barcelona vs Paris Saint-Germain, Liga Champions 2016/2017

Saat itu, Paris Saint-Germain mendominasi leg pertama babak 16 besar di Parc des Princes. Angel di Maria (2 gol), Julian Draxler, dan Edinson Cavani membuat Les Parisiens memimpin 4-0.

Itu berarti pertandingan kedua di Camp Nou, 8 Maret 2017, akan menjadi misi mustahil. Pasalnya, dalam sejarah Liga Champions tidak pernah ada tim yang kalah 0-4 di leg pertama berbalik unggul.

Tapi, Barcelona era itu adalah tim impian. Saat pertandingan kedua digelar di kandang, Barcelona berhasil mencetak tiga gol untuk mengecilkan defisit agregat menjadi 3-4. Sial, Cavani membuat comeback Barcelona seperti tidak berguna saat mencetak gol untuk membuat skor agregat 5-3 dengan keunggulan satu gol tandang untuk PSG.

Dalam situasi itu, Barcelona berarti harus mencetak tiga gol untuk menciptakan keajaiban lolos ke perempat final sekaligus mengubur ambisi Les Parisiens.

Ternyata, itu benar-benar dihasilkan Barcelona. Entah bagaimana caranya, Barcelona mencetak tiga gol yang dibutuhkan melalui Neymar  pada menit 88 dan penalti menit 90+1. Puncaknya, Sergi Roberto menciptakan gol kemenangan Barcelona di menit 90+5 memanfaatkan kepanikan pemain-pemain PSG. Skor akhir 6-1 atau agregat 6-5. Super gila!


4. Charlton Athletic vs Huddersfield Town, Divisi II 1957/1958

Pada 21 Desember 1957, Charlton Athletic menjamu Huddersfield Town pada pertandingan kasta kedua kompetisi Inggris di The Valley. Dengan kurang dari setengah jam tersisa, Huddersfield unggul 5-1. Orang-orang di stadion sudah mulai pergi karena berpikir mustahil untuk mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 5-5.

Tapi, sepakbola memang bukan matematika. Charlton bukan hanya mendapatkan empat gol tambahan, melainkan enam! Hanya dalam waktu 30 menit, The Addicks balik memimpin 7-6!


5. Newcastle United vs Arsenal, Liga Premier 2010/2011

Tampil di Saint James' Park, 5 Februari 2011, Arsenal tampil dengan penuh kepercayaan diri tinggi. The Gunners langsung mengebrak pertahanan Newcastle United. Mereka menutup babak pertama dengan kemenangan 4-0 melalui Theo Walcott, Johan Djourou, dan Robin van Persie (2 gol). Itu hanya dilakukan dalam 32 menit.

Tapi, Arsenal lupa bahwa tuan rumah membutuhkan kemenangan. Di babak kedua, The Gunners justru mulai melakukan kesalahan. Salah satunya harus berujung kartu merah Abou Diaby pada menit 50.

Kurang dari 20 menit setelah kartu merah itu, Newcastle mulai mencetak gol melalui Joey Barton. Kemudian, tiga gol lagi mampu mereka ciptakan melalui Leon Best dan gol kedua Barton melalui titik putih. Puncaknya, Cheick Tiote  mencetak gol penyama kedudukan 4-4 pada menit 87!


6. Portugal vs Kamerun, Piala Dunia U-17 2003

Pertandingan terakhir Grup C Piala Dunia U-17 2003 menampilkan Portugal dengan Kamerun. Duel pemain-pemain remaja itu dilaksanakan di Ratina Stadium, Tampere, Finlandia, 20 Agustus 2003. Portugal cukup imbang dan Kamerun harus menang untuk lolos ke perempat final.

Hasilnya, di luar dugaan. Portugal unggul 5-0 hingga 20 menit sebelum pertandingan berakhir melalui Vieirinha (21), Manuel Curto (36, 43, 44), dan Bruno Gama (52).

Tertinggal dengan skor telak, Kamerun menolak menyerah. Mereka masih memiliki asa. Mereka bangkit dengan memborong lima gol. Empat pemain Kamerun mencetak gol dan satu bunuh diri pemain Portugal. Sayang, usaha Kamerun menciptakan gol keempat gagal karena waktu sudah berakhir. 

Meski Portugal lolos ke fase knock-out, kembangkitkan Kamerun untuk menciptakan skor 5-5 setelah tertinggal 0-5 benar-benar ikonik dan dianggap sebagai laga terbaik di Piala Dunia U-17.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network