Peringkat 5 Negara yang Paling Banyak Menang di Piala Dunia

"Nomor 1 punya peluang juara nggak pada 2022?"

Analisis | 31 December 2021, 17:16
Peringkat 5 Negara yang Paling Banyak Menang di Piala Dunia

Libero.id - Piala Dunia adalah turnamen empat tahunan yang diperebutkan oleh bangsa-bangsa terbaik dari seluruh dunia. Selama hampir satu abad sejarah Piala Dunia, 80 tim telah menghiasi kompetisi terbaik sepakbola dunia. Namun, hanya 8 tim yang muncul sebagai pemenang dalam 21 edisi Piala Dunia sebelumnya, dengan 6 di antaranya melakukannya berkali-kali.

Jelang Piala Dunia 2022, negara yang pernah merasakan trofi ini terus berjuang keras untuk meraihnya kembali. Nah, berikut adalah 5 negara dengan kemenangan pertandingan terbanyak di Piala Dunia:

5. Prancis (2 kali Memenangkan Piala Dunia) dengan 34 pertandingan dimenangkan.

Prancis adalah salah satu dari tiga tim yang memenangkan tepat dua gelar Piala Dunia. Les Bleus bergabung dengan Uruguay dan Argentina dengan berjaya di kompetisi edisi 2018.

Mereka mengalahkan finalis pertama kali Kroasia 4-2 dalam permainan memukau untuk memenangkan Piala Dunia untuk kedua kalinya, tepat 20 tahun setelah memenangkan pertama mereka. Les Bleus telah membuat 15 penampilan dalam kompetisi setelah melakukan debut mereka pada 1930.

Sejak 1998, pemenang dua kali itu menjadi pemain tetap di Piala Dunia. Sama seperti tahun itu, mereka memenangkan enam dari tujuh pertandingan mereka pada 2018 dalam perjalanan untuk memenangkan kompetisi.

4. Argentina (2 kali Memenangkan Piala Dunia) dengan 43 pertandingan dimenangkan.

Seperti Prancis, Argentina juga merupakan pemenang dua kali Piala Dunia, memenangkan kompetisi pada 1978 dan 1986.

La Albiceleste telah tampil dalam 17 edisi Piala Dunia sebelumnya. Mereka menjadi runner-up dari Uruguay di edisi pertama kompetisi, di mana satu-satunya kekalahan mereka dalam lima pertandingan terjadi di final. Hampir lima dekade kemudian, Argentina memenangkan lima dari tujuh pertandingan mereka untuk menjadi tim keenam yang berbeda yang memenangkan Piala Dunia.

Delapan tahun kemudian, mereka memenangkan enam dari tujuh pertandingan mereka untuk muncul sebagai pemenang di turnamen untuk kedua kalinya.

Argentina telah menjadi pemain tetap Piala Dunia sejak gagal lolos ke kompetisi edisi 1970. Dalam penampilan terakhir mereka pada 2018, mereka hanya memenangkan satu dari empat pertandingan mereka, kalah dari Prancis yang akhirnya menjadi juara di babak 16 besar. Mereka mencapai final walau kalah dari Jerman di Piala Dunia 2014.

La Albiceleste, bersama dengan Brasil, adalah dua tim Amerika Selatan yang lolos ke Piala Dunia 2022.

3. Italia (4 kali Memenangkan Piala Dunia) dengan 45 pertandingan dimenangkan

Italia adalah salah satu dari tiga tim yang telah memenangkan Piala Dunia setidaknya empat kali. Kemenangan keempat dan terakhir Azzurri dalam kompetisi ini terjadi pada 2006, tepatnya ketika mereka mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final.

Pemenang empat kali itu hanya melewatkan tiga edisi Piala Dunia sebelumnya, terakhir kali 2018. Namun, pemenang Euro 2020 akan melewatkan edisi keempat tahun depan jika mereka tersandung di babak play-off setelah gagal memenangkan grup kualifikasi mereka.

Meski demikian, Azzurri memiliki rekor impresif di Piala Dunia. Mereka adalah satu dari hanya empat tim yang memainkan lebih dari 80 pertandingan dalam kompetisi, dan memenangkan setidaknya 40 di antaranya. Namun, Italia hanya memenangkan satu pertandingan di Piala Dunia sejak kemenangan 2006. Mereka gagal memenangkan satu pun pada 2010, dan hanya menang satu kali empat tahun kemudian pada 2014.

2. Jerman (4 kali memenangkan Piala Dunia) dengan 67 pertandingan dimenangkan

Jerman adalah salah satu tim paling sukses dalam sejarah Piala Dunia. Pemenang empat kali telah tampil di semua kecuali dua dari 21 edisi kompetisi sebelumnya.

Die Mannschaft menjadi tim kedua yang lolos ke Piala Dunia 2022, bergabung dengan tuan rumah Qatar.

Salah satu dari hanya dua tim yang telah memainkan lebih dari 100 pertandingan di putaran final Piala Dunia, Jerman tidak pernah kembali tanpa kemenangan dari kompetisi tersebut kecuali pada 1938. Mereka juga merupakan salah satu dari dua tim yang memenangkan lebih dari 60 pertandingan dalam kompetisi tersebut; tidak ada tim lain yang menang lebih dari 45.

Pasukan Hansi Flick memenangkan setidaknya lima pertandingan dalam tiga edisi kompetisi berturut-turut, termasuk kampanye kemenangan mereka di tahun 2014. Namun, mereka gagal di edisi terakhir kompetisi. Dengan satu kemenangan dan dua kekalahan, sang juara bertahan mengalami kekalahan memalukan di fase grup pada 2018.

1. Brasil (5 kali memenangkan Piala Dunia) dengan 73 pertandingan dimenangkan

Brasil adalah tim tersukses dalam sejarah Piala Dunia. Pemenang lima kali adalah satu-satunya tim yang tampil di 21 edisi kompetisi sebelumnya.

Mereka juga salah satu tim paling awal yang memesan tempat mereka di Piala Dunia 2022, melakukannya dengan enam pertandingan kualifikasi tersisa.

Seperti Jerman, Brasil telah tampil di lebih dari 100 pertandingan (109) di Piala Dunia. Selecao tidak pernah kembali tanpa kemenangan dari kompetisi kecuali pada 1934. Brasil juga salah satu dari dua negara yang mencetak lebih dari 200 gol dan hanya kebobolan lebih dari 100 gol dalam kompetisi tersebut.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network