Kisah Rahmad Darmawan dalam Satu Musim Latih 3 Klub 2 Kasta

"Seorang juru taktik yang kenyang pengalaman..."

Berita | 02 January 2022, 03:48
Kisah Rahmad Darmawan dalam Satu Musim Latih 3 Klub 2 Kasta

Libero.id - Nama Rahmad Darmawan dalam jagat sepakbola Indonesia tentu tidak lagi asing. Juru taktik berusia 52 tahun itu kenyang pengalaman melatih klub-klub Indonesia, bahkan ia juga sempat menahkodai tim nasional.

Dan ada yang menarik dari kiprah seorang mantan pelatih Sriwijaya FC, Arema, Persija Jakarta, dan lainnya lagi itu, di sepanjang musim ini ternyata ia menyandang status 3 klub berbeda.

Dengan yang terbaru Rahmad baru saja resmi ditunjuk sebagai juru taktik Barito Putera, dimana belum lama ini pelatih asal Lampung itu sukses membawa RANS Cilegon FC menjadi runner-up Liga 2 musim 2021. 

Merapatnya Rahmad Darmawan ke klub yang berjuluk Laskar Antasari itu diumumkan langsung oleh CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, melalui akun Instagram pribadinya. "Bismillah bersama Coach RD, Barito Putera bisa lebih baik. Aamiin Allahumma Aamiin. Minta rela,"

Senada dengan itu, Rahmad Darmawan sendiri sudah mengkonfirmasi ditii menjadi bagian Barito Putera hingga sisa musim 2021-2022 ini.

"Niat untuk terus melatih dengan berusaha bisa lebih baik lagi. Targetnya Barito tetap di Liga 1," 

Rahmad diplot sebagai pengganti Djadjang Nurdjaman yang dinilai kurang bisa membawa pengaruh positif bagi Barito sepanjang putaran pertama, dimana Barito Putera saat ini berada di posisi ke-15 klasemen dengan koleksi 15 poin, hanya terpaut satu poin dari zona aman.

Sebelum dua klub diatas, Rahmad Darmawan memulai musim 2021-2022 dengan melatih Madura United.  Sebenarnya Rahmad dipersiapkan untuk menukangi klub berjuluk Laskar Sape Kerrab untuk musim Liga 1 2020. Namun, baru tiga pekan berjalan, kompetisi dihentikan karena Covid-19.. 

Setelah dihentikan setahun lebih, Rahmad memulai musim dengan kurang maksimal sampai akhir di pekan ke-12, ia dipecat
 setelah hanya memetik dua kemenangan, lima seri, dan empat kekalahan. Gayung bersambut, RANS Cilegon FC yang bermain di Liga 2 menginginkan jasanya.

Dan seperti keterangan di awal-awal  tulisan ini, Rahmad  pun langsung memberikan dampak besar bagi klub Raffi Ahmad tersebut. Namun, setelah membawa RANS Cilegon FC promosi, ia justru memulai petualangannya di tempat baru: Barito Putera.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network