Blak-blakan, Mano Polking: Liga Indonesia Harus Dibenahi

"Komentar menohok tapi jujur..."

Berita | 02 January 2022, 18:56
Blak-blakan, Mano Polking: Liga Indonesia Harus Dibenahi

Libero.id - Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking, atau yang lebih akrab disapa Mano Polking tak bisa menyembunyikan rasa gembiranya usai membawa The Wars Elephants menjuarai Piala AFF 2020.

Pelatih asal Brasil keturunan Jerman itu membawa Teerasil Dangda menandaskan perlawanan Indonesia di partai final dengan agregat 6-2. Masing-masing kemenangan 4-0 di leg pertama dan hasil imbang 2-2 di leg kedua. Dan untuk itu Thailand layak merengkuh gelar juara Piala AFF yang ke-enam kalinya.

Dalam sebuah konferensi pers pasca kemenangan, Polking yang cukup kenyang pengalaman melatih di Asia Tenggara tak segan untuk berbagai pandangan soal perkembangan sepakbola di kawasan tersebut

Menurut mantan pelatih klub-klub di Vietnam dan Thailand itu, beberapa negara termasuk Indonesia harus meningkatkan kualitas kompetisi domestik. Karena itu kualitas mutlak untuk membawa kejayaan di level tim nasional 

''Secara keseluruhan [di Asia Tenggara] harus ditingkatkan. [Liga] Indonesia, Singapura dan Vietnam harus ditingkatkan. Ini adalah satu-satunya cara untuk negara-negara di sini untuk berkembang,'' terang Polking

Secara tak langsung, Polking khusus menyinggung liga Indonesia dan berdasarkan pengalamannya itu, Polking tak ragu untuk menilai Liga Thailand adalah liga terbaik di Asia Tenggara saat ini.

''Saya pernah bekerja di Vietnam. Vietnam di sini merupakan tim terbaik. Tapi, kompetisi di Vietnam masih perlu ditingkatkan. Liga di Thailand menurut saya adalah yang terbaik, liga terkuat,'' kata Polking.

Dan bagi Polking untuk mengawali semua itu, yang tidak boleh diabaikan oleh federasi sepakbola masing-masing negara ialah soal infrastruktur dan lain sebagainya.

''Infrastruktur klub di Thailand lebih bagus, fasilitasnya juga. Mereka punya pemain asing yang lebih berkualitas karena dibayar lebih banyak. Jadi, liga di Thailand harus tetap mempertahankan kualitas dan berkembang,'' ungkapnya..

Pandangan Polking sebetulnya netral belaka, tanpa bermaksud menyinggung dan mengandung tendensi apapun, secara blak-blakan ia mengatakan.

''Saya tidak berniat berbicara hal-hal buruk tentang wilayah ini [Asia Tenggara]. akan tetapi, liga-liga harus ditingkatkan kualitasnya agar kualitas para pemain juga meningkat. Kami di Thailand juga demikian, mempertahankan kualitas,'' pungkasnya.

Semoga hal ini bisa jadi catatan serius untuk Indonesia jika benar-benar ingin berbenah

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network