Selamat Ulang Tahun!

Kisah di Balik Jersey Edisi Khusus PSV, Terpanjang di Dunia

"Sponsor itu terdiri dari 11 baris"

Feature | 30 January 2020, 08:55
Kisah di Balik Jersey Edisi Khusus PSV, Terpanjang di Dunia

Libero.id - Terdapat pemandangan yang tak biasa dari jersey PSV Eindhoven kala menjamu tamunya, FC Twente pada hari Minggu (26/1). Wajarnya, bagian sponsor jersey terlihat logo ataupun nama perusahaan pemberi sponsor, namun yang terlihat justru tulisan panjang yang jumlahnya mencapai 11 baris.

Apa maksud dari 11 baris di jersey PSV?

PSV merupakan salah satu klub terkemuka Eredivisie Belanda selain Ajax Armsterdam dan Feyenord Rotterdam tentunya. Klub yang berbasis di kota Eindhoven ini didirikan oleh Phillips, perusahaan elektronik terkemuka di dunia. Awalnya klub ini hanya diperuntukkan guna menampung kegiatan para karyawannya untuk ativitas olahraga, termasuk sepabola.

Selain menjadi pendiri, Phillips juga menjadi sponsor utama PSV sebelum akhirnya berganti pada tahun 2016. Sejak saat itu, PSV disponsori oleh energiedirect dan di musim ini kembali berganti sponsor utama. Mulai musim 2019/2020, Metropoolregio Brainport Eindhoven resmi menjadi sponsor utama tim yang berdiri pada tahun 1913 ini.

Metropoolregio Brainport Eindhoven merupakan grup gabungan dari 5 perusahaan yang ada di Eindhoven, seperti: VDL Groep, ASML, Jumbo Supermarkten, High Tech Campus Eindhoven, dan tentunya Phillips.

Perusahaan/grup ini bergerak di bidang teknologi dan inovasi.
Sponsor terpanjang dalam sejarah sepakbola ini mengusung motto “Eendracht maakt macht” yang artinya kekuatan melalui persatuan. Isi dari 11 baris sponsor yang ada di jersey PSV menceritakan mengenai hubungan antara klub dengan perusahaan-perusahaan tersebut yang bergerak di bidang inovasi dan teknologi.

Legenda dan duta PSV Park Ji-Sung (Korea Selatan), DaMarcus Beasley (Amerika Serikat), Sun Xiang (Cina), Luuk de Jong (Spanyol), Kalusha Bwalya (Zambia), Ritsu Doan (Jepang), Francisco Rodriguez, dan Carlos Salcido (Meksiko) telah mempromosikan kampanye khusus ini menjelang pertandingan melawan FC Twente di Stadion Philips. Sayang, pada pertandingan tersebut PSV hanya bermain imbang melawan tamunya dengan skor 1-1.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan