Peringkat Seluruh Klub Liga Profesional Inggris Jika Dihitung Poin Sepanjang 2021

"Jika hasil liga mengacu pada studi ini, Arsenal akan lolos ke Liga Champions. Kok, bisa?"

Analisis | 04 January 2022, 06:26
Peringkat Seluruh Klub Liga Profesional Inggris Jika Dihitung Poin Sepanjang 2021

Libero.id - Di Inggris, sepakbola dibagi menjadi liga, non-liga, dan wanita. Untuk liga dibagi lagi menjadi Liga Premier (EPL) dan Liga Sepakbola (EFL). EPL terdiri satu divisi, sementara EFL terdiri dari Championship, League One, dan League Two. Lalu, bagaimana jika keempat liga digabung?

Tahun lalu (2021) adalah tahun yang cukup bagus untuk sepakbola Inggris. Ada begitu banyak hal yang terjadi, dan semuanya hampir tak terpisahkan dari seputaran klasemen, pelatih yang dipecat, dan hal-hal lainnya yang beririsan. 

Sebut saja Manchester City yang hampir tidak terbendung dengan melaju ke puncak klasemen. Lalu, era kepemilikan Mike Ashley di Newcastle United yang banyak diprotes fans dan akhirnya finish setelah mencapai kesepakatan dengan konsorsium perusahaan milik Kerajaan Saudi Arabia.

Ada juga Chelsea yang secara tak terduga berhasil memenangkan kembali trofi Liga Champions setelah  mengalahkan Man City pada partai final yang digelar di Porto, Portugal.

Tapi, di atas semua itu, Inggris nyaris mengakhiri kekeringan trofi internasional ketika menyelenggarakan beberapa pertandingan fase grup, semifinal, dan final Euro 2020 yang mundur ke 2021. Hanya saja mereka akhrnya dikalahkan Italia melalui adu penalti di Wembley.

Jadi, saat kita melihat kembali kejadian sepakbola di Inggris tahun lalu, mungkin aman untuk mengatakan bahwa beberapa penggemar akan memiliki kenangan yang lebih indah daripada yang lain.

Tapi, kita akan kembali ke topik awal. Seberapa baik kinerja klub anda dalam konteks piramida sepakbola Inggris secara keseluruhan? Dan, untuk menjawab pertanyaan tersebutm kita akan menggunakan data yang dihimpun oleh eksperimental361.com, yang menggunakan sistem point-per-game, untuk menentukan peringkat.

Dan dari 92 klub yang berlaga di liga profesional (EPL dan EFL), eksperimental361.com mampu menyusun tabel liga berdasarkan sistem dan itu membuat bacaan yang sangat menarik.

Hasil studi itu menunjukkan, tiga besar tidak memiliki kejutan signifikan. Itu karena Manchester City (110 poin) melesat di depan mengungguli Chelsea (83 poin) dan Liverpool (77 poin), yang tertinggal di posisi kedua dan ketiga.

Yang menarik adalah posisi setelah itu. Jika penghitungan ini yang digunakan sebagai penentuan hasil akhir kompetisi di Inggris yang sebenarnya, bisa dipastikan Arsenal akan lolos ke Liga Champions lagi. Kok, bisa? The Gunners berkutat di posisi keempat klasemen akhir dengan 76 poin. 

Kejutan lainnya akan membuat penggemar Sunderland benar-benar bersemangat. Pasalnya, klub kesayangan mereka naik di urutan kelima klasemen akhir, meski di dunia nyata tampil di League One. Ada lagi klub League Two, Sutton, menempati urutan keenam. Mereka berada di atas Manchester United (tujuh), 

Hal unik lain dari klasemen imajiner ini adalah keberadaan Tottenham Hotspur, yang hanya mampu menempati urutan 15. Sedangkan Everton gagal masuk 60 besar. Bahkan, Newcastle ada di posisi 91 dan Burnley (92).

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network