Kisah Persebaya Gagal Gunakan 4 Pemain Timnas Lawan Bali United, Kok Bisa?

"Aturan PSSI yang tanpa koordinasi dengan Satgas Covid-19 telah membuat klub susah."

Analisis | 04 January 2022, 19:37
Kisah Persebaya Gagal Gunakan 4 Pemain Timnas Lawan Bali United, Kok Bisa?

Libero.id - Persebaya Surabaya menagih janji PSSI terkait empat pemain tim nasional Indonesia yang baru saja berjuang di Piala AFF 2020. Bajul Ijo berharap konsistensi aturan dengan menunda pertandingan melawan Bali United, Rabu (5/1/2022).  

Sesuai jadwal, Liga 1 2021/2022 akan kembali bergulir pada pertengahan pekan ini setelah libur Natal-Tahun Baru, dan untuk mengakomodasi para pemain yang tampil di Piala AFF. Harapannya, saat pergantian tahun, semua anggota skuad Merah-Putih sudah kembali ke klub masing-masing.

Masalahnya, saat membuat aturan, PSSI tampaknya tidak berkordinasi dengan Satgas Covid-19. Meski para pemain sudah kembali ke Indonesia pada Minggu (2/1/2021), mereka belum bisa bergabung ke klub. Pasalnya, aturan karantina 10 hari melekat pada semua orang yang baru kembali dari luar negeri.

"Seharusnya pertandingan besok (versus Bali) ditunda karena pemain nasional kita belum bisa bergabung. Padahal, dulu PSSI menjanjikan bisa dipakai (setelah Piala AFF)," ujar Aji di situs resmi Persebaya.

Laga antara Persebaya melawan Serdadu Tridatu sejatinya digelar pada 13 Desember 2021. Itu sekaligus menjadi pertandingan penutup seri ketiga atau pekan 17. Tapi, demi menghormati Bajul Ijo, yang kehilangan empat pemain, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memutuskan menunda laga tersebut menjadi Rabu (5/1/2022).

Saat itu, Persebaya dijanjikan bisa menggunakan pemain-pemain yang membela timnas ketika bertanding di laga tunda. Tapi, ketika tiba waktunya, justru mereka masih tertahan di Jakarta. 

Para pemain Bajul Ijo seperti Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya sekarang sedang menjalani karantina di Hotel Sultan, Jakarta. Rencananya, mereka baru bebas pada Rabu (12/1/2022).

Menurut Aji, jika sama-sama tidak bisa menggunakan pemain timnas, lebih baik pertandingan tidak ditunda dan tetap digelar saat penampilan Persebaya sedang bagus-bagusnya pada Desember lalu. Sebab, jika digelar saat ini, sama juga harus memulai lagi dari nol karena libur yang hampir satu bulan.

"Kita rugi di waktu dan masalah recovery. Persaingan semakin ketat dan kita butuh pemain nasional kita. Kalau klub lain di posisi kami ini, pastinya juga keberatan," ucap Aji.

Meski menyesalkan aturan yang kurang bagus, Aji menyatakan timnya siap menghadapi Bali. Di tengah krisis pemain yang sedang dihadapi, dia sudah menyiapkan beberapa rencana, termasuk menyiapkan pengganti Alie Sesay dan Ridho yang belum bisa bergabung di lini belakang.

"Mau main di stadion mana pun sama saja tetap di kandang (seri ketiga main di Bali). Tapi, itu jadi motivasi tambahan kami untuk mengalahkan mereka. Semua pemain siap. Semoga kita bisa menampilkan permainan terbaik dan meraih hasil sempurna," pungkas mantan bek sayap tim Garuda itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network