Vietnam Tiak Lagi Superior, Park Hang-seo Incar 4 Pemain Keturunan Eropa

"Apakah cara ini meniru langkah Shin Tae-yong?"

Berita | 05 January 2022, 11:32
Vietnam Tiak Lagi Superior, Park Hang-seo Incar 4 Pemain Keturunan Eropa

Libero.id - Timnas Vietnam bisa dikatakan gagal, meskipun tidak secara total, dalam mempertahankan gelar Juara Piala AFF 2020, tim besutan Park Hang-seo itu hanya bisa mencapai babak semifinal dengan kekalahan agregat 0-2 dari sang perebut mahkota, Thailand.

Dan federasi sepakbola Vietnam (VFF) lekas berbenah, dilansir dari media lokal Thethao, Vietnam akan melakukan reformasi progresif baik di bangku pelatih maupun pemain. 

Selain memanggil kembali striker vetaran yang saat ini bermain untuk Hanoi, Van Quyet, pelatih Park Hang-seo sedang mempertimbangkan untuk memanggil pemain berdarah Vietnam yang bermain di luar negeri, terutama di Eropa.

Menurut laporan yang sama, juru taktik asal Korea Selatan itu baru-baru ini mengadakan pertemuan dengan VFF yang membahas masa depannya di kursi kepelatihan dan gagasan naturaliasi yang sekaligus juga ia tawarkan untuk kemajuan sepakbola Vietnam. Baginya itulah bagian yang tak terpisahkan dari apa yang ia sebut sebagai reformasi progresif.


Park Hang-seo bersedia untuk menggerakkan seluruh jaringannya untuk meneliti dan mempertimbangkan pemain-pemain mana saja yang akan diproses untuk memperkuat timnas Vietnam.

Diantaranya ada nama-nama yang sudah "akrab", namun juga akan banyak pemain yang masih sangat asing dalam kancah persepakbolaan Vietnam.

Tahun 2022 yang terbilang padat kompetisi juga diharapkan bisa mempercepat proses tersebut. Tetapi  hal ini juga dikatakan sebagai rencana jangka panjang  Park Hang Seo untuk mempersiapkan turnamen-turnamen besar tahun mendatang.

Jika rencana di atas benar-benar berhasil, maka skuad Vietnam bisa dikatakan bakal lebih megah. Saat ini, selain Dang Van Lam yang berkiprah di luar negeri dan reguler memperkuat timnas Vietnam, pemain Vietnam perantauan alias keturunan lainnya seperti Alexander Dang (Norwegia), Jason Pendant (Prancis), Filip Nguyen (Republik Ceko), Nguyen Hung Anh ( Rusia) , Kevin Pham Ba atau Kelvin Bui (anggota tim U17 Belanda), Eric Nguyen (Nguyen Phat Dat - Spanyol), merupakan beberapa pemain yang masuk dalam list proyek dan diantara mereka telah menyatakan bersedia  untuk mendedikasikan diri untuk sepakbola Vietnam

Langkah Park Hang-seo itu bisa dikatakan meniru langkah pelatih timnas Indonesia yang juga berasal dari Korea Selatan, Shin Tae-yong. Dimana ia menyarankan beberapa pemain keturunan yang sebaiknya dinaturalisasi untuk kebutuhan tim, Shin juga memanggil beberapa pemain Indonesia yang berkiprah di klub-klub luar negeri. Dan hasilnya kita bisa sama-sama lihat dan menilai.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network