Berbenah Tim, O’Donell: Malaysia Harus Dilatih oleh Orang 'Asing'

"Ingin tiru Indonesia?"

Berita | 06 January 2022, 14:29
Berbenah Tim, O’Donell: Malaysia Harus Dilatih oleh Orang 'Asing'

Libero.id - Scott O'Donell, Direktur Teknik FA Malaysia (FAM) yang baru diangkat mengatakan bahwa timnas Malaysia harus dilatih oleh pelatih asing.

Pernyataan dari mantan pelatih Kamboja itu keluar setelah pengunduran diri Tan Cheng Hoe sebagai pelatih kepala Malaysia Malaya baru-baru ini.

“Saya pikir skuat Harimau Malaya setelah ini perlu dilatih oleh pelatih asing untuk mengubah lanskap dan masa depan sepakbola Malaysia ke dimensi baru untuk jangka panjang,” ujar O'Donell dalam pengumuman resminya di Wisma FAM.

O'Donell akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Datuk Ong Kim Swee yang mengundurkan diri pada 10 September 2021. Wakil Presiden FAM, Dato ‘S. Sivasundaram dan Sekjen FAM, Mohd Saifuddin Abu Bakar, menghadiri upacara pengumuman tersebut.

O'Donell menyatakan akan melanjutkan dan lebih memperkuat program F:30 yang diluncurkan FAM pada 31 Oktober 2018.

“Roadmap F:30 merupakan rencana strategis 2019 hingga 2030, tetapi pandemi COVID-19 mempengaruhi perencanaan ini. Roadmap ini memang merupakan rencana yang baik tetapi dapat diperluas sesuai dengan perjalanan dan kesesuaian waktu."

“Tidak hanya fokus pada apa yang ingin kita capai dalam mengembangkan sepak bola nasional yang merupakan tim nasional papan atas, tetapi juga mencakup pengembangan akar rumput, pemuda, pendidikan pelatih, sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai, yang semuanya itu. juga penting,” ujar O'Donell.

O'Donell yang berusia 55 tahun memiliki pengalaman luas di bidang pendidikan kepelatihan dengan memegang peran sebagai Pelatih/Pakar/Mentor FIFA dengan fokus utamanya pada pengembangan pemain muda, pengembangan pelatih, direktur teknis dan pendampingan serta Instruktur Kepelatihan AFC sebagai instruktur untuk Lisensi Pro, A, B dan C.

Jabatan terakhir O'Donell adalah sebagai Direktur Teknik di Capital Football (Australian Capital Territory Football Federation) dari Februari 2017 hingga Desember 2021.

Dari 2015 hingga 2017, ia adalah Direktur Teknis Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF).

O'Donell juga pernah menjadi pelatih kepala klub Liga Singapura Geylang United dari 2003 hingga 2005 dan pelatih kepala tim nasional Kamboja dari 2005 hingga 2007 dan 2009 hingga 2010.

Dari 2008 hingga 2009, ia menjabat sebagai Direktur Pendidikan Pelatih AFC.

Sebagai pemain, O'Donell bermain sebagai bek dengan Kuala Lumpur pada tahun 1994 dan kemudian dengan tim Liga Singapura Tampines Rovers dan kemudian Marine Castle United FC.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network