Penerus Karius, Peringkat 5 Kiper Raja Blunder di Liga Premier 2021/2022

"Dua berasal dari pihak Chelsea."

Analisis | 07 January 2022, 16:48
Penerus Karius, Peringkat 5 Kiper Raja Blunder di Liga Premier 2021/2022

Libero.id - Kualitas kiper dalam sepakbola sangat menentukan kekuatan tim secara penuh. Karena itu, peran mereka begitu vital dalam permainan sepakbola.

Seorang penjaga gawang kerap tampil menjadi penyelamat ketika situasi genting, seperti yang dilakukan kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, di Piala AFF 2020.

Nadeo menjadi pahlawan berkat aksi penyelamatannya menggagalkan tendangan penalti pemain Singapura di menit akhir pertandingan babak semifinal.

Karena itu, tidak heran ketika sejumlah klub berani menghabiskan uang banyak untuk membeli kiper dengan kualitas tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, para kontestan Liga Premier tidak ragu menghabiskan banyak uang membeli penjaga gawang seperti Ederson, Alisson Becker, dan Edouard Mendy.

Namun, di lain sisi, penjaga gawang juga rentan melakukan kesalahan, termasuk beberapa pemain yang disebutkan di atas. Ketika itu terjadi, tim mereka selalu kebobolan.

Pada catatan itu, berikut peringkat 5 penjaga gawang Liga Premier yang paling banyak melakukan blunder musim 2020/2021:

5. Illan Meslier (Leeds United) - 2

Pemain Prancis berusia 21 tahun itu memainkan peran kunci dalam promosi Leeds United ke papan atas Inggris pada akhir musim 2019/2020. Dalam kampanye debutnya di Liga Premier, Meslier mencatatkan 11 clean sheet yang mengesankan saat Leeds mengakhiri musim di urutan kesembilan di tabel liga.

Dia belum begitu mengesankan musim ini, meskipun Meslier hanya mencatatkan empat clean sheet dalam 19 pertandingan saat Leeds berada sangat dekat dengan zona degradasi.

Namun demikian, pemain berusia 21 tahun itu telah dikaitkan dengan klub-klub top, termasuk raksasa Liga Premier Manchester United. Masih harus dilihat apakah Leeds akan mampu mempertahankan penjaga gawang itu jika mereka bertahan dari degradasi ke Championship musim ini.

4. Edouard Mendy (Chelsea) - 2

Edouard Mendy seperti menghirup udara segar sejak tiba di Chelsea dari Rennes pada awal musim 2020/2021. Penjaga gawang asal Senegal itu terbukti menjadi kiper lebih unggul ketimbang Kepa Arrizabalaga (lebih lanjut tentang dia nanti).

Mendy menjaga 16 clean sheet dalam 31 pertandingan saat The Blues finis keempat di Liga Premier. Namun, dia memainkan peran yang lebih besar di Liga Champions, mencatatkan sembilan clean sheet untuk membantu Chelsea meraih kemenangan yang tak terduga.

Mendy baru-baru ini memainkan pertandingan ke-50 di Liga Premier, Mendy mencatatkan 24 clean sheet. Betapapun mengesankannya dia untuk klub, pemain Senegal itu kadang-kadang tampak bisa salah.

Namun demikian, Mendy tetap menjadi salah satu penjaga terbaik di papan atas Inggris. Dia berharap terus memainkan peran kunci dalam upaya Chelsea memenangkan gelar liga pertama mereka dalam lima tahun.

The Blues yang berada di urutan kedua memiliki pekerjaan yang harus dilakukan setelah tertinggal dari pemimpin liga, Manchester City, dengan 10 poin setelah 21 pertandingan.

3. Nick Pope (Burnley) - 3

Nick Pope telah tampil impresif untuk Burnley, terutama di Liga Premier sejak kedatangannya di klub pada musim panas 2016 dari Charlton Athletic.

Pemain berusia 29 tahun itu telah memainkan 121 pertandingan di liga papan atas Inggris, semuanya untuk Burnley. Pope telah mencatatkan 40 clean sheet yang mengesankan selama periode ini, termasuk tiga di musim ini.

Orang Inggris itu telah mencatatkan setidaknya 10 clean sheet dalam tiga kampanye sebelumnya di kompetisi tersebut. Namun, Pope juga melakukan lima kesalahan yang mengarah gol di Liga Inggris, termasuk tiga sejak awal musim 2020/2021.

2. Kepa Arrizabalaga (Chelsea) - 3

Kepa Arrizabalaga menjadi penjaga gawang termahal dalam sejarah permainan ini ketika Chelsea menghabiskan 80 juta euro (Rp 1,2 triliun) pada musim panas 2018. Chelsea membelinya dari Athletic Bilbao.

Namun, berbanding terbalik dengan ekspektasi, Arrizabalaga gagal bersinar di Liga Premier. Dia memainkan 14 clean sheet dalam kampanye debutnya di kompetisi tersebut. Namun, jumlahnya turun menjadi delapan di kampanye berikutnya karena dia menjadi identik setelah terkekang ekspektasi tinggi.

Kekeliruan pemain Spanyol itu dalam menjaga gawang membuat Chelsea mendaratkan Mendy pada musim panas 2020.

Sejak saat itu, Arrizabalaga menjadi pemain kedua di bawah pemain Senegal yang luar biasa itu. Pemain berusia 27 tahun itu hanya memainkan delapan pertandingan liga sejak awal musim 2020/2021, tetapi telah membuat tiga kesalahan yang mengarah ke gol.

Dengan Mendy menjalani tugas internasional (Piala Afrika) pada Januari 2022, Arrizabalaga berpeluang menebus dirinya. Masih harus dilihat bagaimana penampilannya, mengingat keterlibatannya yang terbatas dengan tim utama dalam beberapa bulan terakhir.

Dia mencatatkan clean sheet dalam satu-satunya pertandingan liga yang dia mainkan musim ini.

1. Alisson Becker (Liverpool) - 4

Alisson Becker adalah salah satu kiper terbaik di Liga Inggris saat ini. Pemenang Liga Premier 2020 itu telah mencatatkan 55 clean sheet yang mengesankan untuk Liverpool di kompetisi tersebut sejak tiba pada musim panas 2018.

Penjaga gawang asal Brasil ini mencatatkan 21 clean sheet dalam kampanye pertamanya di liga papan atas Inggris. Namun, sejak itu, penghitungan clean sheet Alisson semakin menyusut. Meskipun memainkan peran kunci dalam kemenangan pertama Liverpool di Liga Premier pada 2020, Alisson juga membuat kesalahan yang mengarah ke gol.

Mantan penjaga gawang AS Roma itu telah membuat delapan kesalahan yang mengarah ke gol lawan di Liga Premier. Ini termasuk empat sejak awal kampanye 2020/2021.

Namun, Alisson tampaknya menjadi orang yang menjalankan misi kampanye ini. Dia telah mencatatkan sembilan clean sheet dalam 18 pertandingan saat Liverpool yang berada di posisi ketiga mengincar gelar liga kedua mereka dalam tiga tahun.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network