Cerita Asnawi Tentang Sulitnya Memulai Karier, Meski Anak Legenda PSM

"Semua butuh proses & proses setiap orang berbeda-beda"

Biografi | 08 January 2022, 05:45
Cerita Asnawi Tentang Sulitnya Memulai Karier, Meski Anak Legenda PSM

Libero.id - Lahir di Makassar pada 4 Oktober 1999 dan merupakan anak dari Bahar Muharram, tentu ekspektasi menjadi pemain profesional menjadi lebih berat dua kali lipat karena sang ayah.

Meski begitu, nyatanya kini Asnawi mampu menjadi salah satu pemain andalan timnas Indonesia di lini pertahanan dan merupakan anak kesayangan dari pelatih Shin Tae-yong, tapi bagaimana perjalanan Asnawi meniti karier hingga bisa menjadi pemain seperti sekarang?

Perjalanan yang Tidak Mudah

Asnawi yang kini telah berkiprah di Korea Selatan bersama Ansan Greeners memulai karier profesionalnya bersama tim muda PSM Makassar pada 2014 sebelum tergabung dalam tim PON Sulsel di tahun 2015. 

Secara lebih rinci, Asnawai bergabung bersama SSB HASANUDDIN FC di usia 10 dan ia mengaku jalannya menuju tangga kesuksesan seperti sekarang tidak lah mudah,

"Meskipun ayah saya mantan pemain sepakbola, banyak yang bilang jadi pemain profesional cuma mimpi tidak akan sehebat ayah dulu, tapi alhamdulillah restu orang tua dan kerja keras,bersyukur bisa memberikan yang terbaik bersama timnas indonesia, mulai dari U-16, U-19, U-23, sampai timnas senior" tulis Asnawi di akun resmi Instagramnya, @asnawi_bhr.

Setelah satu tahun menjadi bagian dari PON Sulses, Asnawi kemudian melanjutkan kariernya bersama tim asal Kalimanta, Persiba Balikpapan, yang mana ia sukses mencetak 2 gol dalam 8 penampilan.

Nama Asnawi baru benar-benar naik di kancah nasional saat ia kembali ke kampung halaman bersama PSM Makassar (2017-2021). Bersama Juku Eja, Asnawi sukses mengemas 44 penampilan dengan mencetak 2 gol. 

Penampilan terbaik dari Asnawi terjadi pada tahun 2019, yang mana ia berhasil meraih Piala Indonesia & Piala AFF 2019 U-22 setelah mengandaskan perlawanan tim muda Thailand.

"Banyak yang menganggap kesuksesan dan kegagalan dan keberhasilan adalah sebuah proses yang jalan beriringan. kalo hasilnya gagal, itu bisa jadi refleksi buat kedepannya kalo berhasil, itu bisa jadi standart baru buat kedepannya."

Rupanya penampilan impresif di Tanah Air kemudian menarik perhatian tim divisi dua asal Korea Selatan, Ansan Greeners, yang pada tahun 2021 mengontraknya dan kini telah mengemas 14 penampilan bersama Green Wolves. 

"Yang pasti, kita harus percaya dengan diri sendiri dan percaya dengan setiap setiap proses yang kita lalui dalam hidup, karena #prosesituhasil."

Terbaru, Asnawi telah diperpanjang kontraknya oleh Ansan Greeners dan itu tidak lepas dari perannya membatu tim Merah Putih melaju ke partai final Piala AFF 2020 meski harus kalah dari tim Gajah Perang untuk kesekian kalinya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network