5 Klub yang Bisa Jadi Tempat Pensiun Lionel Messi

"Apakah klub Liga Indonesia masuk dalam daftar? Kita lihat saja nanti."

Analisis | 09 January 2022, 02:56
5 Klub yang Bisa Jadi Tempat Pensiun Lionel Messi

Libero.id - Karier Lionel Messi menjadi sebagai salah satu yang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Pemain Argentina itu bergabung dengan Barcelona saat berusia 13 tahun pada 2001 dan semakin berkembang lewat La Masia.

Dia berada di era paling sukses pada 2008-2012 setelah mencetak banyak gol dan memenangkan sejumlah trofi. Dalam beberapa tahun terakhir, Messi telah mendefinisikan ulang kehebatannya dalam permainan. Selain memenangkan banyak gelar bersama klub dan negara, pemain Argentina ini juga telah meraih hampir semua penghargaan yang ada dalam sepakbola.

Namun, pada usia 34 tahun, Messi berada di senja kariernya. Bahkan, pemain Argentina itu sempat berpikir untuk gantung sepatu setelah gagal di final Piala Dunia 2014.

Pertanyaannya, jika pada akhirnya pensiun, klub mana yang akan mencatat La Pulga sebagai pemainnya? Berikut ini 5 kemungkinannya:

1. Paris Saint-Germain

Lionel Messi mengakhiri hubungan 21 tahun dengan Barcelona pada musim panas lalu dan bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Pemain Argentina itu menandatangani kontrak dua tahun di Parc des Princes dengan opsi untuk memperpanjangnya satu tahun.

Pada saat pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu menghabiskan kontrak dengan PSG, dia akan berusia 36 tahun, atau 37 tahun jika mengaktifkan opsi perpanjangan satu tahun. Pada usia itu, mungkin tidak banyak yang bisa dicapainya dan dia bisa menghabiskan sisa karier di Paris.

2. New York City

Selama wawancara dengan La Sexta pada Desember 2020, penyerang Argentina itu mengungkapkan keinginannya untuk bermain di MLS. "Saya selalu mengatakan bahwa saya ingin menikmati pengalaman tinggal di Amerika Serikat, hidup di liga itu, dan kehidupan itu. Tapi, apakah itu terjadi atau tidak, saya tidak tahu," kata Messi.

Jika Messi memutuskan untuk mengakhiri karier di MLS, New York City bisa menjadi pilihan yang layak. Daya tarik New York, potensi pemasaran, dan peluang untuk memperpanjang karier di bidang lain menjadikan klub ini menjadi tujuan yang sangat ideal bagi Messi.

3. Inter Miami

Klub MLS milik David Beckham, Inter Miami, adalah pilihan lain yang masuk akal bagi Messi ketika memutuskan untuk mengakhiri kariernya. Pemain Argentina itu telah dikaitkan dengan Miami sejak beberapa waktu lalu. Apalagi, Messi punya apartemen mewah di kota itu.

Menurut laporan, Beckham menyukai gagasan menyatukan Messi dan rival abadinya, Cristiano Ronaldo, di Miami. Desas-desus itu menunjukkan bahwa mantan gelandang Inggris tersebut sudah berusaha keras untuk mewujudkannya. Dan, keduanya bisa saja pensiun di klub yang sama.

4. Newell's Old Boys

Newell's Old Boys adalah klub masa kecil Messi. Hal ini menjadi tujuan lain yang memungkinkan dirinya mengakhiri karier di sana. Selama wawancara pada 2016, sang megabintang menegaskan kembali tentang keinginannya untuk bermain di Argentina.

"Jika saya kembali ke Argentina besok,  klub yang akan saya bela adalah Newell's. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak tahu kapan hal itu akan terjadi, atau apakah akan terjadi atau tidak. Jika saya memikirkan hari ini dan hal itu terjadi, itu akan terjadi dalam beberapa tahun. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya akan melakukannya. Saya akan senang bisa bermain di Liga Argentina untuk Newell's. Tapi, itu tergantung pada banyak hal," ungkap Messi.

5. Barcelona

Ikatan antara Messi dan Barcelona tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Pemain Argentina itu sebenarnya tidak mau berpisah dengan Barcelona musim panas lalu. Tapi, situasi keuangan Barcelona yang genting membuat dirinya tidak punya pilihan lain.

Tapi, banyak yang masih memberi saran kepada Messi untuk kembali dan pensiun di Barcelona. Tidak diragukan lagi, para penggemar, pemain, dan mantan koleganya di Camp Nou akan menyambut Messi dengan tangan terbuka.

"Saya selalu mengatakan bahwa saya akan kembali ke Barcelona dalam beberapa saat, karena itu adalah rumah saya. Saya selalu ingin membantu klub dengan cara apa pun. Jika saya dapat berkontribusi dan membantu klub, saya akan senang bisa kembali," ujar Messi beberapa bulan lalu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network