Peringkat 10 Pemain Terbaik dalam Sejarah Piala Afrika

"Nomor 5 dinobatkan sebagai pemain tertua di Piala Dunia 2018."

Analisis | 10 January 2022, 17:21
Peringkat 10 Pemain Terbaik dalam Sejarah Piala Afrika

Libero.id - Piala Afrika atau Afrika Cup of Nations 2021 akan digelar tahun ini. Turnamen dua tahunan itu dijadwalkan bergulir pada 9 Januari sampai 6 Februari 2022. Kamerun bertugas sebagai tuan rumah kompetisi tersebut.

Sebanyak 24 tim siap bertarung demi kejayaan kontinental salah satu benua terbaik pencetak beberapa bintang terbesar sepakbola. Mereka akan mewakili Tanah Air masing-masing.

Pemain seperti Mohamed Salah, Riyad Mahrez, Achraf Hakimi, Abdou Diallo, Yves Bissouma, dan Pierre-Emerick Aubameyang semuanya siap menampilkan yang terbaik.

Pada catatan itu, kami telah menyusun daftar peringkat 10 pemain terbaik dalam sejarah Piala Afrika. Siapa saja mereka?

10. Yaya Toure

Yaya Toure tampil sebanyak 101 kali untuk Pantai Gading. Dia adalah pemain penting dengan apa yang disebut sebagai generasi emas. Setelah dua kali finis yang menyakitkan, Toure membantu negaranya mengklaim gelar yang telah lama ditunggu-tunggu pada 2015. Penampilannya di level klub bersama Man City di Eropa juga cukup istimewa.

9. Nwankwo Kanu

Kanu tidak pernah memenangkan gelar Piala Afrika karena Nigeria mengambil jubah 'pengiring pengantin, tetapi tidak pernah menjadi pengantin wanita'. Mereka memberikan efisiensi yang mengkhawatirkan.

Namun, bakatnya yang luar biasa dan gaya permainannya yang tidak ortodoks tidak dapat diabaikan begitu saja. Fakta bahwa dia memenangkan Liga Champions dan beberapa gelar Liga Premier menyoroti betapa bagusnya dia.

8. Jay-Jay Okocha

"Baik sekali mereka menamainya dua kali."

Karier Okocha di Piala Afrika membentang lebih dari satu dekade saat dia beralih dari pemenang gelar pada 1994 menjadi pencetak gol terbanyak pada 2004. Sebagai pemain yang unggul secara teknis, Okocha menyenangkan untuk ditonton.

7. Michael Essien

Mantan ikon Chelsea ini adalah andalan di lini tengah Ghana selama bertahun-tahun. Sayangnya, Essien tidak pernah bisa membawa Ghana ke kejayaan Piala Afrika. Ghana hanya mampu finis sebagai runner-up pada 2010.

6. Andre ‘Pele’ Ayew

Apa yang Anda harapkan dari seseorang yang dinamai Pele?

Pemain asal Ghana, yang dinobatkan sebagai salah satu dari tiga pemain Afrika terbaik sepanjang masa, memenangkan gelar Piala Afrika pada 1982. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen pada 1992. Ketiga putranya juga telah menjadi pemain internasional bersama Ghana.

5. Essam El-Hadary

Legenda Mesir itu selalu mendapat peringkat tinggi dalam daftar ini. Pemenang Piala Afrika empat kali, El-Hadary mendapatkan 159 caps yang mengejutkan bersama Mesir.

Pada usia 45 tahun, dia menjadi pemain tertua yang pernah turun ke lapangan Piala Dunia saat dia mengenakan sarung tangan pada Piala Dunia 2018.

4. Didier Drogba

Mempertimbangkan standar Pantai Gading, tapi Drogba gagal melakukannya di Piala Afrika. Dia gagal mewujudkan itu sepanjang kariernya, walau memiliki reputasi gemilang di ranah Eropa.

Drogba pensiun satu tahun sebelum kemenangan mereka pada 2015, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa dia adalah salah satu pemain sepakbola Afrika terbesar yang pernah hidup. Sementara eksploitasi klubnya dengan mudah membayangi usahanya dengan tim nasional, dia akan selalu turun sebagai legenda Pantai Gading.

3. Samuel Eto'o

Samuel Eto'o selalu menjadi ikon favorit tuan rumah tahun ini. Ada sesuatu yang bersejarah secara ikonik tentang gambar Eto'o dalam warna Kamerun.

Sang legenda memenangkan empat kali Piala Afrika dan menikmati karier bertingkat di level klub di Eropa. Dia juga pencetak gol terbanyak dalam sejarah pameran benua itu.

2. Roger Milla

Bagaimana mungkin kita tidak memasukkan pemain hebat Kamerun itu?

Di usianya yang ke-38 tahun, Milla mengantarkan negaranya menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke perempat final Piala Dunia. Dinobatkan sebagai pemain Afrika terbaik dalam 50 tahun terakhir pada 2007, Milla memenangkan dua gelar Piala Afrika selama dekade puncaknya, yakni era 1980-an.

1. George Weah

Satu-satunya pesepakbola Afrika yang pernah memenangkan Ballon d'Or. Weah akan selalu menjadi yang teratas dalam daftar ini. Dikenal sebagai 'Raja George', Weah tidak pernah bisa mendapatkan gelar Piala Afrika, karena berasal dari negara kecil, Liberia. Itu selalu terbukti di level internasional.

Namun, setelah dinobatkan sebagai pemain Afrika terbesar abad ke-20 dan dengan banyak gelar domestik Eropa atas namanya, Weah keluar sebagai yang teratas dalam daftar ini.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network