Peringkat 5 Produk Akademi Chelsea yang Jalani Debut

"Nomor 1 mendapat debut luar biasa dalam sejarah Chelsea."

Analisis | 10 January 2022, 18:32
Peringkat 5 Produk Akademi Chelsea yang Jalani Debut

Libero.id - Beberapa klub di Liga Premier memiliki basis regenerasi yang cukup mapan. Akademi sepakbola mereka sudah banyak melahirkan pemain kelas dunia.

Kita telah menyaksikan bagaimana Arsenal bangkit dengan mengandalkan para pemain muda jebolan akademi mereka musim ini.

Tapi, mari kita lihat Chelsea. The Blues juga memiliki akademi sepakbola yang tidak kalah hebat dari The Gunners. Di samping banyak klub yang telah menjadi perkasa dalam dua dekade terakhir, Chelsea mampu menyamai ambisi mereka dengan menambah koleksi trofi di lemari.

Dengan investasi besar, beberapa pesepakbola kelas dunia telah muncul bersama Chelsea.
Pada catatan itu, mari kita lihat peringkat 5 produk akademi Chelsea yang jalani debut. Dan, bagaimana hasilnya?

Catatan: Yang masuk dalam daftar ini hanya pemain debut penuh untuk Chelsea.

5. Lewis Hall

Pemain muda jebolan akademi terbaru Chelsea dalam daftar ini adalah Lewis Hall. Penampilannya baru-baru ini membuat para fans The Blues senang. Bakat lain yang datang dari akademi Chelsea, Hall, berusia 17 tahun dalam beberapa bulan yang lalu.

Menurut pengakuannya sendiri, dia tidak mengharapkan debut penuh begitu cepat, yang membuatnya 'terguncang.' Namun, tidak ada kegugupan atau kegelisahan karena tampilan Hall penuh dengan kedewasaan dan ketenangan. Dengan debutnya melawan Chesterfield di babak ketiga, Hall menjadi debutan termuda Chelsea di Piala FA.

Chesterfield mungkin bukan lawan terkuat, tetapi Chelsea masih memiliki pekerjaan di tangan mereka. Hall melakukan tugasnya dengan keahlian dan memberikan assist saat Chelsea menang 5-1.

Dengan Ben Chilwell absen karena cedera, begitu pula dengan Marcos Alonso. Hall bisa melihat lebih banyak aksi menyusul debut Piala FA yang mengesankan.

4. Trevoh Chalobah

Setiap musim selalu ada satu pemain muda Chelsea yang menjadi pusat perhatian, dan sepertinya Trevoh Chalobah menjadi pusat perhatian di musim ini. Chelsea tidak kekurangan talenta bertahan, tetapi ini adalah bukti kemampuan Chalobah bahwa Thomas Tuchel secara konsisten mengandalkannya.

Meskipun masih sangat muda, Chalobah telah menjadi pemain reguler tim utama dan telah bermain di semua kompetisi utama Chelsea.

Penampilan penuh pertama Chalobah adalah final Piala Super Eropa pada 2021, di mana dia bermain sepanjang pertandingan. Dia berada di jantung pertahanan bersama Antonio Rudiger dan Kurt Zouma. Mereka melakukan tugasnya dengan cukup kompeten.

Chelsea akhirnya berhasil memenangkan pertandingan melalui adu penalti, dan Chalobah memiliki trofi utama untuk ditunjukkan atas usahanya dalam debutnya di Chelsea. Khususnya, dia juga menandai debutnya di Liga Premier dengan gol untuk Chelsea melawan Crystal Palace musim ini.

3. Reece James

Tidak pernah ada keraguan tentang kemampuan dan bakat Reece James saat orang Inggris itu naik peringkat dari tim muda Chelsea.

Dia ditakdirkan sukses di usia yang sangat muda, dan penampilannya untuk Chelsea dalam beberapa tahun terakhir telah memenuhi harapan. James biasanya bermain sebagai bek sayap kanan dan sama kuatnya dalam menyerang maupun bertahan.

Dia tampil luar biasa dalam kampanye saat ini dan telah memulai dengan cemerlang sebelum cedera besar menempatkannya di ruang pemulihan.

Meskipun lawannya adalah Grimsby Town, James menunjukkan kepada dunia seperti apa dirinya selama debut penuhnya. Chelsea membuat kerusuhan dengan menghancurkan klub Divisi Dua itu, 7-1, di ajang Piala Liga Inggris.

James memiliki suara terbesar dalam hal itu. Dia jarang dilewati dalam pertahanan dan selalu dua langkah di depan lawan. Bakat menyerangnya ditampilkan selama gol individunya dan dua gol lagi saat dirinya ikut berkontribusi.

2. Tammy Abraham

Chelsea telah mengalami banyak kemalangan dalam hal posisi penyerang tengah. Setelah Didier Drogba pensiun, klub tidak dapat menemukan pengganti yang cocok sampai Tammy Abraham naik pangkat.

Mengikuti mantra pinjaman yang sukses di kejuaraan, Abraham siap untuk panggung besar. Debut pertamanya adalah di Piala Super Eropa 2019, di mana dia masuk sebagai pemain pengganti untuk memenangkan penalti yang berujung pada gol Chelsea.

Namun, dia gagal mengeksekusi tendangan penalti dan menerima pelecehan rasial yang buruk di media sosial. Itu tidak menghalangi Tammy, karena momen penebusannya datang dengan segera.

Pada debut penuh pertamanya saat tandang ke Norwich, Chelsea berhasil menang 3-2 sebagian besar berkat Abraham. Dia mencetak dua gol dan merupakan pembuat perbedaan utama antara kedua belah pihak.

Beberapa bulan berikutnya, Abraham melakukan hal sangat baik walau gol mengering, inkonsistensi meningkat, hingga dia dijual ke AS Roma. Abraham telah memulai dengan cemerlang untuk klub Italia di bawah Jose Mourinho, dan dia akan berharap untuk memenuhi janji yang selalu dimiliki.

1. Ryan Bertrand

Cukup sulit membayangkan setiap remaja pesepakbola akan berharap membuat debut senior mereka di kompetisi apapun, terlebih di salah satu pertandingan terbesar dalam sepakbola. Tetapi, itu adalah kenyataan bagi Ryan Bertrand.

Dia melakukan debut penuh Liga Champions, tepatnya di final 2012 melawan raksasa Jerman Bayern Muenchen. Dia menjadi pesepakbola pertama yang melakukan debut seniornya di final di era Liga Champions. Perlu dicatat bahwa Bertrand telah melakukan debut penuhnya di turnamen lain, tetapi itu adalah yang pertama di kompetisi klub utama Eropa.

Bertrand bermain selama 70 menit dan cukup gesit dalam menepis ancaman serangan Bayern. Sayangnya, dia hanya bisa bermain 70 menit sebelum terjatuh.

Awal yang cemerlang untuk kariernya di Chelsea ternyata tidak berkelanjutan karena pemain tersebut dijual ke Southampton setelah beberapa kali dipinjamkan.

Namun, secara keseluruhan, lulusan Chelsea itu menjadi pemain yang konsisten di Liga Premier. Bertrand berada di puncak daftar ini murni karena dia dipanggil untuk melakukan debutnya di Eropa pada saat-saat terakhir menjelang pertandingan terbesar yang pernah ada dalam sejarah Chelsea. 

Agar adil baginya, dia melakukannya dengan sangat baik, meskipun bermain dalam posisi yang tidak wajar.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network