Peringkat 5 Pemain yang Paling Banyak Dapat Assist Lionel Messi

"Berkolaborasi membentuk trio menakutkan di dunia."

Analisis | 12 January 2022, 16:40
Peringkat 5 Pemain yang Paling Banyak Dapat Assist Lionel Messi

Libero.id - Lionel Messi bisa dibilang salah satu pemain terhebat yang menghiasi sepakbola di era modern. Teknik, ketenangan, keterampilan, dan pemahamannya tentang permainan menguntungkan Barcelona hingga saat ini bersama Paris Saint-Germain.

Keahlian pemenang 6 kali Balon d'Or itu bukan hanya mencetak gol, tapi juga dalam memberikan assist. Messi telah mengantongi 357 assist dalam 21 tahun kariernya yang sarat trofi.

Karena itu, tidak heran banyak orang menyebutnya sebagai pemain paling kreatif abad 21. Tentu saja, semua itu dia buktikan dengan banyak memberikan assist kepada rekannya di lapangan.

Pada catatan itu, mari kita lihat 5 pemain teratas yang paling banyak menerima assist dari Lionel Messi:

5. David Villa - 12

Mantan pemain timnas Spanyol itu bergabung dengan Blaugrana setelah memimpin negaranya meraih kemenangan di Piala Dunia 2010. David Villa sangat terkesan di Valencia dan siap memimpin lini depan Barcelona.

Striker itu dipindahkan ke sayap kiri oleh Pep Guardiola untuk mengakomodasi Messi ke posisi penyerang tengah. Banyak yang percaya bahwa ini akan menghambat kemajuan Villa, tetapi mereka terbukti salah.

Duo penyerang berpadu dengan brilian saat pemain Spanyol itu mencetak 48 gol dalam 119 penampilan untuk juara Eropa 5 kali itu. Namun, banyak kesuksesannya di depan gawang datang karena Messi, yang berperan dalam 25% (12) gol yang dicetak oleh penyerang tengah itu.

Ini menjadikan pasangan tersebut salah satu kemitraan paling mengancam selama tugas tiga tahun mereka bersama di Camp Nou. Penampilan mereka saat menjuarai Liga Champions 2010/2011 sangat menarik perhatian.

Setelah itu, Villa pensiun pada 2019. Dia memuji Messi sebagai yang terhebat dalam permainan: "Lionel Messi adalah pemain terhebat sepanjang masa, dan Barcelona berutang kesuksesan pada evolusinya," kata striker asal Spanyol itu.

4. Samuel Eto'o - 15

Pemain asal Kamerun itu adalah satu-satunya pemain dalam daftar yang memiliki bintang lebih besar dari Lionel Messi ketika dia tiba di klub. Seorang pekerja harian sejati dalam olahraga, Samuel Eto'o bergabung dengan Barcelona pada 2004 setelah menghasilkan tampilan yang bagus untuk RCD Mallorca.

Striker itu membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan klub, tetapi tidak mengherankan bahwa dia menemukan performa terbaiknya di musim kedua – saat yang sama ketika Messi dipromosikan ke tim utama.

Selama beberapa tahun berikutnya, Messi mulai bermain di sayap kanan, dan penampilannya yang memukau secara besar-besaran membantu Eto'o mencetak gol secara konsisten. Meskipun pasangan ini membentuk pemahaman yang kuat menjelang akhir masa jabatan Eto'o di klub, Messi masih berhasil berperan dalam 15 golnya.

Beberapa bulan lalu, Eto'o melontarkan pujian kepada mantan rekan setimnya itu selama wawancara dengan media Spanyol Marca.

“Perjalanan waktu mengubah kita semua; perbedaannya adalah bahwa itu telah meningkatkan Messi. Aku mencintainya, aku belum pernah melihat orang seperti dia. Untuk (alasan) ini, saya selalu mengatakan bahwa dia adalah yang terbaik dalam sejarah,” pungkas mantan pemain Kamerun itu.

3. Pedro - 17

Seperti Lionel Messi yang hebat, Pedro juga adalah anggota akademi La Masia. Dia mendapatkan promosi ke tim utama beberapa tahun setelah Lionel Messi. Tapi, begitu dimasukkan ke dalam taktik Pep Guardiola, pemain sayap Spanyol itu menjadi pemain tim dan anggota skuad yang berharga.

Meskipun dia bukan pencetak gol yang produktif, dia sering muncul di akhir pertandingan ke dalam kotak dan menciptakan ruang untuk rekan satu timnya.

Dengan melakukan itu, pemain berusia 34 tahun itu membentuk kemitraan yang mengesankan dengan Messi. Mereka sering bertukar posisi satu sama lain. Hal ini memungkinkan Pedro untuk mencetak gol dari waktu ke waktu, belum lagi layanan sempurna dari rekan setimnya asal Amerika Selatan tersebut.

Pemain sayap itu mencetak 99 gol untuk tim Catalunya, dan Lionel Messi hampir menyumbang 20% (17) dari serangan itu.

Pedro bergabung dengan Chelsea pada 2015 dan menghadapi mantan rekan setimnya di babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Membangun permainan, pemain sayap ini memuji Lionel Messi dengan melabelinya sebagai yang terbaik di dunia:

"Dia (Messi) selalu sama. Apa yang bisa saya katakan tentang dia yang belum pernah saya lakukan sebelumnya? Dia yang terbaik di dunia, dia selalu membuat perbedaan, dan akan sangat sulit untuk menghentikannya." kata pemain asal Spanyol itu.

2. Neymar - 20

Pria yang digembar-gemborkan sebagai pewaris Lionel Messi. Neymar bergabung dengan Barcelona pada 2013. Keterampilan Samba dan kecintaannya pada permainan menggoda klub La Liga untuk mengontraknya dan bermitra dengan pemain paling hebat dalam sejarah.

Setelah pemain sayap itu tiba di klub, Neymar langsung menjalin hubungan dengan playmaker Blaugrana. Pasangan itu mendatangkan malapetaka di Eropa. Pemahaman mereka di sepertiga akhir lapangan terbukti menjadi kunci kemenangan Liga Champions, belum lagi treble yang mereka raih tahun itu.

Neymar meninggalkan klub Spanyol pada 2017 untuk membuat namanya terkenal di Paris Saint-Germain. Mimpinya menjadi kenyataan musim panas lalu ketika Messi tiba di Parc des Princes. Bersama-sama, mereka diharapkan bekerja sama dalam upaya klub Prancis untuk memenangkan trofi Liga Champions yang sulit dipahami.

Namun, dalam empat setengah musim pasangan ini bermain bersama, Messi telah berhasil berkontribusi pada 20 gol yang dicetak Neymar. Penghitungan ini kemungkinan akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Pada 2015, pemain timnas Brasil mengklaim bahwa Messi adalah idola baginya di dalam dan luar lapangan.

“Saya berharap tumbuh di samping Messi, yang terbaik di dunia, dan suatu hari nanti menjadi yang terbaik. Saya menjadi lebih baik setiap saat. Saya seorang pria yang banyak menonton dan belajar banyak dari yang terbaik. Messi adalah yang terbaik di dunia, idola di dalam dan luar lapangan. Saya harap saya bisa belajar darinya dan suatu hari nanti memenangkan Ballon d'Or," kata pemain asal Brasil itu.

1. Luis Suarez - 39

Terakhir, pria yang paling diuntungkan dari permainan serba bisa dari pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu. Setelah menghabiskan empat tahun yang produktif di Liverpool, Luis Suarez bergabung dengan Barcelona pada 2014. Dia membentuk salah satu kemitraan paling mengancam di dunia sepakbola, bersama Lionel Messi, dan Neymar.

Trio ini berkembang dengan baik di musim pembukaan mereka dan membawa Spanyol dan Eropa seolah tersapu badai. Namun, ada keraguan tentang kekuatan serangan setelah Neymar pergi pada 2017. Tapi, Suarez dan Messi bergandengan tangan untuk mengamankan gelar liga berturut-turut. Efisiensi superstar Uruguay, ditambah dengan kemampuan ikon Argentina untuk memberikan umpan, terbukti sukses besar.

Secara total, playmaker berusia 34 tahun itu berperan dalam 39 gol yang dicetak oleh mantan striker Liverpool itu selama berada di Camp Nou. Suarez bergabung dengan Atletico Madrid pada 2020. Tapi, dua tahun sebelum itu, dia memuji Messi sebagai yang terbaik dalam sejarah.

"Saya bermain dengan pemain terbaik di dunia, dan saya akan memiliki kesempatan untuk memberi tahu cucu saya bahwa saya bermain dengan yang terbaik dalam sejarah (Messi)," kata pemain asal Uruguay itu.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network