Timor Leste Dipilih PSSI Jadi Lawan Timnas di FIFA Matchday, Kemajuan atau Kemunduran?

"Apakah PSSI asal pilih lawan, biar asal menang?"

Analisis | 17 January 2022, 12:39
Timor Leste Dipilih PSSI Jadi Lawan Timnas di FIFA Matchday, Kemajuan atau Kemunduran?

Libero.id - Lawan Timnas Indonesia di laga uji coba resmi (FIFA Matchday) masih belum juga diputuskan secara resmi. Bangladesh yang sebelumnya jadi lawan tanding harus batal karena masalah vaksinasi. 

PSSI hingga kini masih mencari pengganti yang tepat. Terdapat dua calon lawan yang dirumorkan untuk meladeni kekuatan skuad Garuda, yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste.  Dari dua calon lawan itu, kalau dipikir-pikir tak satupun sepadan untuk menguji kemampuan tim besutan Shin Tae-yong.

Tapi apa boleh buat, Shin Tae-yong tak mengurusi hal-hal semacam itu dan dari kedua negara itu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah memberi semacam kode bahwa yang terkahir disebut bakal jadi lawan pengganti untuk timnas Indonesia.

"Setelah laga melawan Bangladesh batal, pilihannya Brunei Darussalam atau Timor Leste. Namun, kemungkinan besar akan menghadapi Timor Leste," ujar Iriawan dilansir dari Antaranews, Jakarta, Minggu (16/1) malam.

Irawan menjelaskan pemilihan Timor Leste karena alasan ringkas yakni Covid-19.

"Karena cukup sulit mencari lawan sekarang karena situasi COVID-19. Negara orang juga berbeda dengan kita, maaf ada yang baru divaksin sekali seperti Bangladesh, karena mungkin aturannya begitu. Kemudian, mereka enggak mau karantina," lanjutnya. 

Iriawan juga menyatakan hingga kini baru Timor Leste yang telah menyanggupi tawaran uji coba tersebut. Mereka juga telah setuju untuk menjalani karantina dan dua kali vaksin sesuai regulasi pemerintah Indonesia.

"Pihak Timor Leste sudah menyanggupi. Sementara untuk Brunei Darussalam, kami masih menunggu," tutur Iriawan.

Nantinya laga tersebut juga akan digelar sebanyak dua kali, dan sebetulnya misi utama dari PSSI kali ini ialah untuk memperbaiki peringkat FIFA. Saat ini, Indonesia berada di ranking 164 dunia dan sekaligus juga untuk 'cek ombak' persiapan menuju Piala AFF U-23 2022 di Kamboja pada 14-26 Februari 2022 mendatang

"Jadi timnas akan diperkuat mayoritas pemain U-23 saat laga uji coba itu," ungkap Iriawan.


Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah memastikan hanya akan memanggil pemain-pemain yang berkompetisi di dalam negeri untuk Piala AFF U-23 2022. Shin bertolak langsung ke Bali untuk memantau calon-calon pemain yang akan dibawa ke Kamboja.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network