5 Klub yang Bisa Jadi Tempat Pensiun Cristiano Ronaldo

"Ikuti kata hati atau pilihan sang bunda."

Analisis | 17 January 2022, 21:33
5 Klub yang Bisa Jadi Tempat Pensiun Cristiano Ronaldo

Libero.id - Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik yang pernah berkiprah di sepakbola modern. Hebatnya lagi, megabintang asal Portugal itu belum menunjukkan tanda-tanda melambat.

Ronaldo, yang akan berusia 37 tahun bulan depan, balik lagi bermain di Liga Premier musim panas lalu. Keputusan itu cukup mengejutkan karena sebagian besar pemain lainnya justru pensiun atau pindah ke liga yang kurang kompetitif di usia tersebut.

Namun, pemenang Ballon d'Or lima kali itu tetap berada di level yang mengesankan.

Meksipun begitu, tidak terlalu mengada-ada untuk mengatakan bahwa Ronaldo dapat mengakhiri kariernya yang gemilang dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Tentu saja, ketika dia melakukan itu, dia pasti akan diingat sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah.

Pada catatan itu, berikut adalah lima klub tempat pemain ikonik itu bisa pensiun:

#5 Juventus

Cristiano Ronaldo pernah bermain untuk Juventus antara 2018 dan 2021. Dengan catatan 101 gol dan 22 assist untuk I Bianconeri dalam 134 penampilan dalam tiga musim. Dia juga memenangkan dua gelar Serie A, satu Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia.

Sayangnya, dia tidak bisa mewujudkan mimpinya yang lain, yakni membawa Si Nyonya Tua meraih gelar Liga Champions. Itu artinya Ronaldo masih memiliki urusan yang belum selesai di Turin.

Meskipun entah bagaimana terlihat tidak mungkin, selalu ada harapan untuk melihat Ronaldo mencoba kedua kalinya di Juventus dan mungkin pensiun di sana.

#4 Real Madrid

Bukan keputusan yang buruk bagi Ronaldo untuk pensiun di Santiago Bernabeu.

Tak perlu dikatakan bahwa Ronaldo menghabiskan hari-hari paling cemerlang dalam kariernya, di mana lagi kalau bukan di Real Madrid. Selama berada di Santiago Bernabeu, Ronaldo menyumbangkan 450 gol dan 132 assist dalam 438 pertandingan di semua kompetisi dalam sembilan musim.

Dia juga membawa Los Blancos meraih empat mahkota Liga Champions, dua gelar La Liga, dua Piala Spanyol, dan banyak lainnya. Jadi, kemungkinan untuk kembali dan akhirnya pensiun di klub tempat dia memainkan sepakbola terbaiknya cukup logis.

Jika itu terjadi, Ronaldo akan mendapatkan sambutan heroik di ibu kota Spanyol itu. Masih harus dilihat apakah langkah seperti itu terjadi dalam waktu dekat.

#3 Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain (PSG) adalah klub lain yang memungkinkan di mana Cristiano Ronaldo dapat mengakhiri kariernya.

PSG telah menjadi tujuan utama bagi superstar terbesar dunia dalam beberapa tahun terakhir. Les Parisians mengirimkan gelombang kejutan di seluruh dunia ketika mereka menandatangani orang-orang seperti Lionel Messi, Sergio Ramos, dan Gianluigi Donnarumma musim panas lalu. Tidak mengherankan jika Ronaldo mengikutinya dalam waktu dekat.

Pada catatan yang realistis, raksasa Prancis hanyalah salah satu dari sedikit klub yang memiliki keinginan dan kemampuan untuk mengontrak Ronaldo.

Kehadiran mantan rekannya di Real Madrid, Sergio Ramos, juga bisa berperan dalam meyakinkan Ronaldo untuk melakukan langkah terakhir ke PSG. Dan, tentu menarik bisa melihat Ronaldo satu tim dengan Lionel Messi.

#2 Manchester United

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United setelah berpisah dengan Juventus musim panas lalu. Ronaldo menandatangani kontrak dua tahun di Old Trafford, yang diharapkan akan membuatnya tetap di klub hingga akhir musim 2022/2023.

Pada saat kontrak Ronaldo akan habis di Theater of Dreams, dia akan melewati 38 tahun. Pada usia itu, mungkin tidak banyak yang tersisa untuk dicapainya. Tidak mengherankan jika dia akhirnya mengakhiri kariernya atau menandatangani perpanjangan satu tahun di Man United sebelum gantung sepatu.

#1 Sporting Lisbon

Jika Ronaldo memutuskan untuk melakukan satu langkah besar terakhir setelah periode keduanya di Manchester United, maka salah satu tujuan paling realistis adalah kembali ke Sporting Lisbon.

Berbicara tentang kemungkinan transfer seperti itu terjadi di masa depan, Presiden Sporting, Frederico Varandas, mengatakan kepada Sic Noticias pada Mei 2021: "Saya pikir dia (Cristiano Ronaldo) akan bermain di sini suatu hari nanti.”

Apalagi, sang bunda Maria Dolores dos Santos Aveiro mengharapkan putranya bermain di kampung halaman sebelum kematiannya. Fakta itu ditengarai menjadi faktor kuat CR7 dapat bermain kembali bersama Sporting. 

Perlu dicatat bahwa segala yang dicapai Ronaldo hari ini dimulai dari klub Portugal itu. Ronaldo adalah produk akademi muda klub dan berhasil masuk ke tim senior sebelum diambil alih oleh Man United pada 2003, dan sisanya seperti yang kita ketahui adalah sejarah.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network