Pilih Siapa? 10 Kandidat Pelatih Everton yang Baru

"Bukan hal mudah untuk memilih pelatih di tengah kompetisi berjalan."

Analisis | 18 January 2022, 14:45
Pilih Siapa? 10 Kandidat Pelatih Everton yang Baru

Libero.id - Meski memiliki kontrak tiga tahun dengan Everton, Rafael Benitez harus mengucapkan selamat tinggal lebih cepat. Jadi, kini The Toffees sedang sibuk mencari pengganti. Menurut BBC Sport, ada 10 nama masuk dalam daftar.

Kekalahan dari Norwich City pada akhir pekan lalu membuat Benitez harus diusir dari bangku pelatih. Sebab, hasil itu membuat Everton hanya enam poin di atas zona degradasi Liga Premier.

Karena itu, kini Everton sedang sibuk mencari pelatih baru sampai musim berakhir. Sejumlah nama masuk dalam daftar dengan beberapa diantaranya terlihat masuk akal dan sejumlah nama lainnya tidak.

Berikut ini 10 kandidat pelatih baru Everton versi BBC Sport:

1. Sean Dyche

Ada pembicaraan selama bertahun-tahun tentang Dyche mengambil langkah yang lebih besar dalam kariernya setelah Burnley. Dia telah tampil cemerlang dalam satu dekade di Turf Moor, dua kali mendapatkan promosi ke Liga Premier, dan lolos ke Eropa.

Tapi dia tidak menyembunyikan rasa frustrasinya pada kurangnya dana yang tersedia untuk memperkuat pasukannya. Musim ini khususnya menjadi semakin sulit, dengan hanya satu kemenangan liga, jadwal pertandingan yang menumpuk karena Covid-19, dan penjualan  Chris Wood ke sesama tim papan bawah, Newcastle United, bulan ini.

2. Duncan Ferguson

Seorang Legenda klub, Ferguson memiliki dua masa tinggal sebagai pemain di Goodison Park dan telah menjadi staf pelatih tim utama sejak 2014. Dua tahun lalu, setelah pemecatan Marco Silva dan sebelum kedatangan Carlo Ancelotti, dia mengambil alih tim pada empat pertandingan. Hasilnya, menang satu kali dan seri tiga kali.

3. Paulo Fonseca

Sangat terkait dengan Tottenham dan Newcastle pada titik yang berbeda musim ini, Fonseca kemungkinan akan menempati banyak daftar. Dia juga telah dikaitkan dengan Everton di masa lalu, dan menawarkan CV yang mengesankan yang mencakup tiga gelar liga di Ukraina bersama Shakhtar Donetsk dan masa tinggal di AS Roma.

4. Kasper Hjulmand

Hjulmand telah menerima sambutan hangat sejak Euro 2020 ketika membimbing Denmark ke semifinal melawan Inggris. Timnya penuh kualitas dan memiliki kekuatan karakter untuk menangani serangan jantung Christian Eriksen dengan sangat baik.

Pria berusia 49 tahun itu adalah pelatih lain yang sangat terkait dengan Goodison Park sebelum Benitez mengambil pekerjaan itu. Dia memiliki dua masa tinggal dengan FC Nordsjaelland, terjepit di antara waktu dengan klub Jerman Mainz, sebelum mengambil pekerjaan Denmark dua tahun lalu.

5. Frank Lampard

Ini adalah jenis tantangan yang mungkin disukai Lampard setelah kepergiannya dari Chelsea setahun yang lalu. Ada ruang untuk mengembangkan pemain muda seperti Anthony Gordon dan Nathan Patterson.

6. Roberto Martinez

Martinez mengambil alih posisi David Moyes pada 2013 dan pergi pada 2016. Segalanya tidak berakhir dengan baik bagi Martinez di Merseyside. Tapi, ada beberapa momen bagus, termasuk finish di peringkat kelima pada musim pertamanya. Dia, tentu saja, memenangkan Piala FA dengan Wigan Athletic sebelum pindah ke Goodison Park.

Masalahnya, Martinez sekarang bertanggung jawab atas Belgia selama enam tahun terakhir. Dia telah bekerja dengan beberapa pemain kelas dunia. Waktunya di sana diperkirakan akan segera berakhir. Mungkin dia bisa kembali ke Everton setelah Piala Dunia 2022.

7. Jose Mourinho

Mourinho mencintai Liga Premier, meski menikmati kurang sukses dalam beberapa kali. Meski sekarang melatih Roma, Mourinho tidak akan pernah mengatakan tidak jika ada tawaran dari Inggris. Apalagi, di Italia, dirinya juga mengalami hari-hari yang kurang menggembirakan dengan hasil buruk di Serie A.

8. Graham Potter

Tidak ada pelatih Inggris di klub sepakbola dengan reputasi yang berkembang seperti Potter. Dia secara bertahap mengubah Brighton and Hove Albion menjadi tim Liga Premier yang stabil.

Mantan bek Southampton itu sebelumnya telah bekerja dengan luar biasa untuk klub Swedia, Ostersunds FK, dan menetap di sepakbola Inggris sebagai pelatih dengan Swansea City pada 2018/2019. Sulit untuk mengeluarkannya dari Amex Stadium. Tapi, dia jelas merupakan jenis opsi yang cocok untuk The Toffees.

9. Wayne Rooney

Ini adalah panggilan yang sangat menarik. Mantan pemain mereka lainnya. Karier  kepelatihan Rooney telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir berkat sepak terjangnya di Derby County. Dengan klub yang dalam krisis, Rooney tetap mampu membuat The Rams stabil. 

Dan, yang paling penting, semua pendukung Everton tahu sepak terjang Rooney sebagai pemain.

10. Nuno Espirito Santo

Setelah membimbing Wolves ke Liga Premier pada 2018, Nuno telah membangun reputasi yang baik di sepakbola Inggris. Tapi, karier yang sulit dan berumur pendek di Tottenham setelah meninggalkan Molineux sedikit merusak nama baik Nuno. 

Jadi, Nuno memiliki kesempatan untuk mencuci reputasinya jika bersedia melatih Everton. Klub menengah tampaknya jauh lebih pantas untuk Nuno daripada tim papan atas seperti Tottenham.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Everton


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network