Bagaimana Hasilnya? 7 Laga Liga Liverpool Tanpa Mohamed Salah

"Kecerdikan Klopp jadi andalan."

Analisis | 18 January 2022, 23:29
Bagaimana Hasilnya? 7 Laga Liga Liverpool Tanpa Mohamed Salah

Libero.id - Sejak didatangkan dari AS Roma pada 2017, Mohamed Salah telah menjadi salah satu pemain yang selalu masuk skuad utama di bawah asuhan Juergen Klopp.

Striker berpaspor Mesir itu membuktikan penampilannya di lapangan dengan banyak melakukan aksi gemilang hingga mencetak banyak gol. Bisa dibilang Salah menjadi pemain utama andalan Liverpool, maka tak sembarangan untuk mengistirahatkan pemain asal Mesir itu, kecuali dengan alasan cedera atau tugas internasional.

Saat ini dia pergi ke Piala Afrika 2021 yang digelar di Kamerun. Tentu saja, dia melewatkan beberapa pertandingan Liga Premier bersama Liverpool. Pada catatan itu, mari kita lihat 7 laga Liverpool tanpa Mohammed Salah dan bagaimana hasilnya?

1. Liverpool vs Burnley, Januari 2018

Setelah mengalami cedera pangkal paha melawan Leicester City di pertandingan terakhir Liverpool pada 2017, Salah kemudian melewatkan pertandingan di hari tahun baru melawan Burnley.

Liverpool saat itu juga tampil tanpa Philippe Coutinho karena cedera, meski menurunkan empat pemain depan Sadio Mane, Adam Lallana, Alex Oxlade-Chamberlian, dan Dominic Solanke. Pasukan Klopp tidak dalam performa terbaik mereka di Turf Moor, tetapi momen ajaib dari Mane memecah kebuntuan pada menit ke-61.

Tuan rumah hampir mendapatkan satu poin ketika Johann Gudmundsson menyamakan kedudukan dengan hanya tiga menit waktu normal tersisa.

Tapi, bek tengah Ragnar Klavan melangkah untuk menjadi pahlawan Liverpool. Dia membawa pulang tiga poin setelah mencetak gol pada menit ke-94.

“Penyelesaian permainan yang fantastis. Ini adalah salah satu tempat terberat untuk bermain sepanjang musim," kata Klopp setelah pertandingan. “Saya suka rotasi, saya suka kualitas skuad saya, dan saya sangat senang. Itu bukan sepakbola yang fantastis, tetapi itu adalah sikap yang fantastis,” tambahnya.

2. Liverpool vs Everton, April 2018

Salah mendapat satu gol dan assist dalam kemenangan leg pertama perempat final Liga Champions Liverpool melawan Manchester City, tetapi dipaksa keluar lapangan karena cedera pangkal paha ringan di babak kedua.

Klopp memutuskan untuk tidak mengambil risiko pemain timnas Mesir itu untuk pertandingan Liga Premier melawan rival lokal, Everton, dan memutuskan untuk menariknya keluar.

Pelatih Liverpool jelas memprioritaskan Liga Champions dan membuat beberapa perubahan lain di timnya, memasukkan Trent Alexander-Arnold, Roberto Firmino, dan Alex Oxlade-Chamberlain di bangku cadangan. Kedua belah pihak bermain imbang tanpa gol di Goodison Park dan kiper Jordan Pickford dan Loris Karius adalah dua pemain yang tampil dengan pujian usai pertandingan tersebut.

“Satu poin tidak masalah,” kata Klopp kepada BBC Sport setelah pertandingan. “Everton selalu siap untuk bertarung, tetapi kami tidak memberi mereka kesempatan sampai tahap akhir. Kami berhenti bermain sepakbola dan sedikit beruntung. Tapi, itulah yang harus kita ambil. Saya pikir ini adalah hasil yang layak.”

Salah kemudian kembali menjalani leg kedua melawan Manchester City dan mencetak gol dalam kemenangan 2-1 di Etihad.

3. Liverpool vs Manchester United, Oktober 2019

Liverpool menikmati awal yang sempurna untuk kampanye Liga Premier musim 2019/2020. The Reds memenangkan semua pertandingan dari delapan pertandingan pembukaan. Salah mencetak empat gol dan tiga assist dalam periode itu, tetapi melewatkan pertandingan tandang mereka melawan Manchester United karena cedera pergelangan kaki.

“Ini perbedaan, tetapi bukan perbedaan besar,” kata Klopp sebelum pertandingan. “Mo (Salah) terpaksa istirahat. Fakta itu membuat kami menyesuaikan sistem, dan begitulah caranya. Kami pernah bermain tanpa dia sebelumnya,” tambah ahli taktik asal Jerman itu.

Liverpool tampil di bawah par di Old Trafford dan Marcus Rashford memberi Man United keunggulan pada menit ke-36. The Reds melihat gol Sadio Mane di babak pertama dianulir oleh VAR karena handball dan tampaknya akan menelan kekalahan liga pertama mereka sejak Januari 2019.

Tapi, pemain pengganti Adam Lallana menyambut umpan silang Andy Robertson dan mencetak gol penyeimbang untuk tim tamu pada menit ke-85.

4. Liverpool vs Crystal Palace, November 2019

Setelah absen menghadapi pertandingan kontra Man United, Salah bermain dalam kemenangan atas Tottenham, Aston Villa, dan Manchester City. Tetapi, masalah pergelangan kakinya diperparah oleh tantangan dari Fernandinho.

Pemain sayap itu kemudian turun ke bangku cadangan untuk perjalanan mereka ke Crystal Palace. Salah digantikan oleh Oxlade-Chamberlain di starting line-up.

Setelah Mane memberi Liverpool keunggulan di awal babak kedua, Wilfried Zaha mengira dia menyelamatkan satu poin untuk Palace dengan menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Salah tetap sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan di bangku cadangan saat Firmino mencetak gol kemenangan untuk Liverpool tiga menit setelah gol Zaha.

5. Liverpool vs Everton, Desember 2019

Klopp memutuskan melakukan perubahan daftar pemain ketika Everton datang ke Anfield pada 2019/2020. Klopp memasukkan Salah, Firmino, Oxlade-Chamberlain, dan Jordan Henderson di bangku cadangan.

“Satu perubahan yang harus kami lakukan pada Adrian untuk Alisson, dan empat lainnya yang ingin kami lakukan, hanya untuk menghormati permainan, untuk menghormati intensitas permainan terlebih dahulu,” kata Klopp sebelum pertandingan.

“Kami melakukannya karena kami bisa melakukannya. Saya harus menunjukkan rasa hormat kepada para pemain dan saya telah mengatakan berkali-kali betapa saya menyukai skuad dan sekarang kami harus menggunakannya.”

“Itulah susunan pemain hari ini karena kami pikir pertandingan akan sangat intens. Untuk ini, Anda membutuhkan jenis kaki yang segar dan kami mencoba untuk melakukannya.”

Divock Origi dan Xherdan Shaqiri mendapat peluang langka dan tidak mengecewakan. Mereka membuat Liverpool memimpin 2-0 saat 17 menit pertama. Setelah Michael Keane membalaskan satu gol untuk Everton, Origi mendapatkan gol keduanya dalam pertandingan itu dan Mane memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-45.

Richarlison mencetak gol beberapa saat setelah serangan Mane, tetapi Georginio Wijnaldum menyelesaikan penghinaan terhadap Everton dengan gol pada menit ke-90.

6. Liverpool vs Everton, Juni 2020

Setelah musim Liga Premier 2019/2020 dimulai kembali pada Juni 2020, pertandingan pertama Liverpool menghadapi Everton di Goodison Park yang kosong. Tetapi, masalah cedera kecil membuat Salah hanya cukup fit untuk duduk di bangku cadangan. Takumi Minamino diberi kesempatan bermain sebagai starter di Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Liverpool mendominasi penguasaan bola dalam derby Merseyside, tetapi tidak memiliki keunggulan tanpa Salah di samping. Mereka hanya mengerahkan tiga tembakan tepat sasaran. Everton hampir meraih ketiga poin pada tahap penutupan saat Dominic Calvert-Lewin dihalang oleh Alisson dan Tom Davies membentur tiang. Klopp memutuskan untuk meninggalkan Salah di bangku cadangan dan kedua belah pihak berbagi poin.

“Tiga pemain depan sama bagusnya dengan siapa pun di Eropa, tetapi setiap kali salah satu dari mereka keluar, ada penurunan besar-besaran,” kata Jamie Carragher setelah pertandingan.

7. Liverpool vs Leicester City, November 2020

Salah melewatkan pertandingan kandang Liverpool melawan Leicester pada 2020/2021 setelah tertular Covid-19 saat melakukan tugas internasional dengan Mesir. Meski Liverpool juga bermain tanpa Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Jordan Henderson, dan Thiago Alcantara, skuad asuhan Kloop meraih kemenangan nyaman di Anfield.

Gol bunuh diri Jonny Evans membuat mereka unggul lebih dulu sebelum sundulan Diogo Jota dan gol telat Firmino membantu mengamankan tiga poin.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network