Kisah Daizen Maeda Cetak Gol 4 Menit Setelah Debut di Glasgow Celtic

"Jepang tidak pernah berhenti memproduksi pemain hebat. Contohnya pemain yang satu ini."

Biografi | 20 January 2022, 01:00
Kisah Daizen Maeda Cetak Gol 4 Menit Setelah Debut di Glasgow Celtic

Libero.id - Keputusan Glasgow Celtic memperbanyak jumlah pemain Jepang ternyata tepat. Terbukti, Daizen Maeda langsung mencetak gol dalam debut di Liga Premier Skotlandia. Hebatnya, dia tidak butuh waktu lama untuk menjebol jala lawan. 

Mantan pemain Yokohama Marinos itu bergabung dengan Celtic pada 31 Desember 2021. Tapi, berhubung kompetisi itirahat musim dingin, Maeda baru bisa bermain pada laga pertama setelah libur, Senin (17/1/2022). Saat itu, Celtic menghadapi Hibernian di Celtic Park.

Pada menit keempat, stiker asal Jepang itu membuka gol untuk Celtic. Pemain sayap itu menemukan dirinya bebas dari kawalan para pemain Hibernian. Dia berada di tengah kotak penalti dan tidak membuat kesalahan dengan penyelesaiannya. Dia memasukkan bola ke gawang dengan kaki kanannya.

Setelah itu, Josip Juranovic menambahkan gol kedua dari titik putih di menit 25 untuk membuat The Bhoys unggul 2-0. Kemenangan itu memperpanjang rekor tak terkalahkan Celtic di Liga Premier Skotlandia menjadi 15 pertandingan.

Ini hasil yang juga membanggakan untuk Maeda. Pasalnya, dia bergabung dengan Celtic bersama rekan senegaranya, Reo Hatate dan Yosuke Ideguchi. Ketiganya mengikut jejak Kyogo Furuhashi yang telah lebih dulu bermain dengan Ange Postecoglou di Skotlandia. Pelatih Australia itu juga memiliki pengalaman di J League selama beberapa tahun.

"Saya yakin dia senang. Dia seorang striker. Dia pencetak gol. Saya pikir itu adalah permainan yang bagus untuk mengekspos para pemain. Saya pikir ketiganya membebaskan diri mereka sendiri dengan baik," kata Postecoglou, dilansir BBC Sport.

Seperti kebanyakan pemain Jepang, Maeda juga memulai karier dari level sekolah. Setelah bermain di Taki Junior High School dan Taki Senior High School, Maeda bergabung dengan Matsumoto Yamaga.

Dari sana, Maeda sempat dipinjamkan ke Mito Holly Hock, Maritimo (Portugal), dan Yokohama Marinos. Di klub terakhir itulah dia bertemu Postecoglou. Berhubung penampilan yang bagus, Maeda langsung diberi kontrak permanen di Yokohama. Dan, ketika Postecoglou pindah ke Skotlandia, Maeda diajak.

Maeda adalah pencetak gol terbanyak J1 League 2021. Koleksi 23 gol yang dihasilkan Maeda sama dengan Leandro Damiao dari Kawasaki Frontale.

Maeda juga punya catatan bersama tim nasional Jepang. Pemainggilan pertama Maeda datang pada 24 Mei 2019 saat Hajime Moriyasu membutuhkan pemain untuk tampil di Copa America 2019. Debutnya terjadi pada 17 Juni 2019 saat Samurai Biru berhadapan dengan Chile.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network