Selamat Ulang Tahun!

Siapa Kim Pan-gon? Pelatih Baru Malaysia Asal Korea Selatan

"Inilah upaya nyata untuk menyaingi Indonesia.."

Berita | 21 January 2022, 17:43
Siapa Kim Pan-gon? Pelatih Baru Malaysia Asal Korea Selatan

Libero.id - Setelah sekian waktu mencari sosok pengganti, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) telah menunjuk mantan Direktur Tim Asosiasi Sepakbola Korea (KFA), Kim Pan-gon sebagai pelatih utama timnas Malaysia yang baru, menggantikan Tan Cheng Hoe.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin mengatakan pelatih berusia 52 tahun itu akan mulai bertugas pada pertengahan Februari dan telah ditawari kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan dua tahun jika dinilai memuaskan.

Hamidin mengatakan Pan-gon, yang merupakan pelatih pertama dari Korea Selatan yang ditunjuk untuk posisi tersebut sejak 1963, akan membawa empat staf kepelatihannya sendiri, yang terdiri dari asisten pelatih, pelatih kebugaran, pelatih kiper dan juga seorang analis.

Dan Malaysia tampaknya tak main-main dalam memilih sosok Pan-gon.

“Setelah menyeleksi pelatih, kami menemukan dia (Pan-gon) untuk menjadi kandidat terbaik dan di antara kriteria seleksi, termasuk pemahaman tentang sepakbola Malaysia, pernah melatih tim nasional, memiliki jaringan internasional, tahu lawan utama Malaysia, artinya kami bermain di kawasan Asean dan Asia." kata
Hamidin di kantor pusat FAM.

Malaysia sendiri menargetkan Pan-gon untuk bisa membawa Malaysia lolos ke Piala Asia.

“Jika FAM senang dengan penampilannya dalam dua tahun pertama, kami akan memperpanjang (kontraknya) untuk dua tahun lagi, (kami) pasti ingin lolos ke Piala Asia,” imbuhnya.

Profil Singkat Kim Pan-gon

Nama Kim Pan-gon sebetulnya tidak lagi asing dalam kancah sepakbola Korea Selatan, baik sebagai pemain maupun kiprahnya sebagai pelatih. Pan-gon
pernah bermain untuk klub Ulsan Hyundai dan Jeonbuk Hyundai Motors pada 1990-an, dan memulai karir kepelatihannya sebagai asisten pelatih Busan IPark FC (2005-2008), lalu pelatih kepala tim nasional Hong Kong (2009- 2010), asisten pelatih Gyeongnam FC (2011) sebelum kembali ke Hong Kong (2012-2017).

Kim Pan-gon lalu mengemban amanah sebagai Wakil Presiden Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) sejak 2018. Tahun yang sama ketika Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. 

Kim Pan-gon sendiri menggantikan Tan Cheng Hoe yang mengundurkan diri dari jabatannya pada 2 Januari dengan bertanggung jawab penuh atas penampilan buruk Harimau Malaya di Piala AFF 2020, di mana mereka gagal melaju ke semifinal.
 
Menarik untuk menantikan bagaimana kiprah Kim Pan-gon di Malaysia, akankah penuh puja puji sebagaimana rekan senegaranya Shin Tae-yong di Indonesia, atau malah justru sebaliknya.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=cftVjjr7ZQA

Artikel Pilihan


Daun Media Network