Selamat Ulang Tahun!

Kisah Tren NFT di Kalangan Pemain Sepakbola Top, Neymar Beli Gambar Monyet

"Non-Fungible Token sedang menjadi tren di seluruh dunia, termasuk pesepakbola terkenal."

Biografi | 25 January 2022, 19:05
Kisah Tren NFT di Kalangan Pemain Sepakbola Top, Neymar Beli Gambar Monyet

Libero.id - Tren NFT alias Non-Fungible Token ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Di kalangan pesepakbola ternama dunia, terlibat dalam bisnis digital juga dilakukan. Contohnya, tiga bintang Paris saint-Germain (PSG), Neymar, Marco Verratti dan Leandro Paredes.

"Token yang tidak dapat dipertukarkan" alias NFT adalah unit data yang tidak dapat dipertukarkan yang disimpan di blockchain, suatu bentuk buku besar digital. Jenis unit data NFT dapat dikaitkan dengan file digital seperti foto, video, dan audio. Karena setiap token dapat diidentifikasi secara unik, NFT berbeda dari cryptocurrency blockchain, seperti Bitcoin.

Buku besar NFT mengklaim untuk memberikan sertifikat keaslian atau bukti kepemilikan publik. Tapi, hak hukum yang disampaikan oleh NFT tidak pasti. NFT tidak membatasi pembagian atau penyalinan file digital yang mendasarinya dan tidak mencegah pembuatan NFT dengan file terkait yang identik.

NFT telah digunakan sebagai investasi spekulatif. Mereka juga telah menuai kritik atas biaya energi dan jejak karbon yang terkait dengan melakukan validasi transaksi blockchain serta sering digunakan dalam penipuan seni.

Di Indonesia, NFT mendadak populer saat seorang mahasiswa di Semarang mendadak kaya setelah menjual foto selfie. Konon, dari gambar-gambar dirinya yang dijual secara digital, mahasiwa bernama Ghozali itu telah mengantongi miliaran rupiah.  

Sementara di luar negeri, hal seperti itu sudah sangat biasa dan umum terjadi. Bahkan, pemain sepakbola papan atas seperti Neymar, Verratti, dan Paredes. Ketiganya, membeli gambar monyet. Mereka mengambil kepemilikan atas dua karya dari koleksi Bored Ape Yacht Club.

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

Neymar membeli barang itu melalui platform OpenSea, pasar terbesar NFT. Pembayaran dilakukan melalui mata uang kripto senilai 159,99 ETH untuk salah satu ilustrasi dan 189,69 ETH untuk ilustrasi lainnya.

Seperti dilaporkan media olahraga papan atas Spanyol, As, nominal yang pertama itu berkisar USD521 ribu (Rp7,4 miliar). Sementara yang kedua setara USD624 (Rp8,9 miliar). Pembelian tersebut dilakukan melalui personal wallet di platform dengan nama "EneJay" sesuai inisial namanya "NJ" (Neymar Junior).

Neymar tampak senang dengan produk yang baru saja dibeli. Dia kemudian memamerkan gambar tersebut di akun Instagram pribadinya. Neymar juga mencolek Verratti dan Paredes. Tapi, Verratti dan Paredes tak mengunggah gambar seperti yang dilakukan Neymar. 

Selain itu, Neymar kemudian juga mengubah mukanya, Verratti, dan Paredes dengan wajah monyet yang baru saja dibeli di NFT dalam unggahan Instagram lainnya. 

Uniknya, Neymar sejatinya sudah menandatangani perjanjian dengan perusahaan NFTSTAR pada November 2021. Itu dilakukan untuk mengembangkan, menjual, dan memasarkan NFT. Pasalnya, pasar untuk NFT sangat besar dan saat ini sedang menjadi primadona di segala penjuru bumi.

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=cftVjjr7ZQA

Artikel Pilihan


Daun Media Network