Peringkat 5 Kiper yang Punya Clean Sheets Lebih Baik dari David de Gea di Liga Premier

"Dua kiper berasal dari Brasil."

Analisis | 26 January 2022, 19:17
Peringkat 5 Kiper yang Punya Clean Sheets Lebih Baik dari David de Gea di Liga Premier

Libero.id - David de Gea telah memberi Manchester United beberapa poin berharga di Liga Premier. Bersama Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo, De Gea menjadi pemain terbaik di Old Trafford musim ini.
Meski memiliki pertahanan yang kurang solid di depannya, penjaga gawang Spanyol itu sering menahannya sendirian.

Pemain berusia 31 tahun itu telah membuat 80 penyelamatan di Liga Premier musim ini. Mantan kiper Atletico Madrid itu juga telah menyelamatkan tiga penalti untuk Man United. Namun, dia baru mencatatkan lima clean sheet.

Sejauh menyangkut persentase penyelamatan, pemain seperti Jose Sa dan Edouard Mendy bernasib jauh lebih baik daripada De Gea. Faktanya, rekan senegaranya, Robert Sanchez, mencatatkan lebih banyak clean sheet dan memiliki persentase penyelamatan yang lebih tinggi ketimbang kiper Man United itu.

Secara statistik, De Gea bukanlah kiper terbaik Liga Premier saat ini. Sebanyak delapan penjaga memiliki lebih banyak shutouts dari kiper Spanyol berperingkat tinggi itu.

Dan, inilah lima kiper yang mencatatkan clean sheet lebih banyak dari De Gea musim ini.

#5 Jose Sa - 8 Clean Sheet

Penjaga gawang baru Wolverhampton Wanderers, Jose Sa, tampil luar biasa musim ini. Dia telah mencatatkan delapan clean sheet, termasuk satu melawan Man United. Persentase penyelamatannya sebesar 84,8%. Tidak hanya tertinggi di Liga Premier, tetapi juga lebih dari kiper mana pun di lima liga top Eropa musim ini.

Penjaga gawang asal Portugal itu telah membuat 67 penyelamatan, menempatkannya di peringkat ketiga dalam hal penyelamatan terbanyak di kompetisi papan atas Inggris musim ini. Mantan penjaga gawang Olympiakos itu menjadi pengganti yang lebih dari layak untuk Rui Patricio yang telah pergi.

Pemain berusia 29 tahun itu hanya kebobolan 16 gol dalam 21 penampilan. Dia hanya kebobolan 0,76 gol per 90 menit, yang merupakan terendah kedua di liga di belakang penjaga Manchester City, Ederson Moraes.

#4 Edouard Mendy - 8 Clean Sheet

Edouard Mendy juga mencatatkan delapan clean sheet di liga musim ini. Namun, pemain Senegal itu memainkan satu pertandingan lebih sedikit dari Sa. Torehan itu membuat Mendy dianugerahi penghargaan Penjaga Gawang Terbaik FIFA untuk penampilan heroiknya pada 2021.

Mendy saat ini sedang bertugas di Piala Afrika 2021 untuk negaranya, dan terbukti menjadi kehilangan besar bagi Chelsea. The Blues telah kehilangan poin melawan pemimpin liga, Manchester City, dan Brighton.

Hasil ini berarti bahwa ada jarak sepuluh poin yang sangat besar antara The Blues dan Man City.
Pemain internasional Senegal kelahiran Prancis ini memiliki persentase penyelamatan yang sangat baik, yaitu 81 kali pada musim ini. Mendy telah menyelamatkan lebih dari 50 tembakan di Liga Premier.

Dia telah menimbulkan perbandingan dengan Alisson dan Ederson dalam percakapan tentang kiper terbaik di liga.

#3 Alisson Becker - 10 Clean Sheet

Alisson Becker bisa dibilang sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris belakangan ini. Dia memiliki dua kali lipat jumlah clean sheet dari kiper Manchester United, David de Gea. Pemain Brasil itu harus menyelamatkan lini pertahanannya pada beberapa kesempatan musim ini.

Penjaga gawang Liverpool ini hanya kebobolan 17 gol dalam 20 penampilan. Sebaliknya, De Gea telah kebobolan 30 gol dalam 22 pertandingan. Alisson menjaga clean sheet setiap pertandingan kedua, sementara De Gea memberikan shutout sekali dalam 4-5 penampilan.

Alisson dinominasikan untuk penghargaan Penjaga Gawang Terbaik FIFA bersama dengan Edouard Mendy dan Gianluigi Donnarumma. Mantan pemenang Trofi Yashin ini sangat konsisten sejak kepindahannya dari AS Roma.

#2 Aaron Ramsdale - 10 Clean Sheet

Seperti Alisson, Aaron Ramsdale juga mencatatkan sepuluh clean sheet di liga musim ini. Kiper Arsenal ini memiliki peringkat lebih tinggi karena dia telah memainkan dua pertandingan lebih sedikit daripada rekannya di Liverpool. Ramsdale telah menjadi pembelian yang luar biasa bagi The Gunners dalam segala hal.

Mantan penjaga gawang Bournemouth ini telah membuat 51 penyelamatan dan memiliki persentase penyelamatan 80,9% musim ini. Meskipun penggemar dan kritikus menilainya tidak lebih bagus dari Bernd Leno, Ramsdale telah menetapkan otoritasnya.

Setelah kebobolan hanya 16 gol, Ramsdale telah menjadi salah satu kiper terbaik musim ini. Dia bisa mulai menantang Jordan Pickford untuk tempat penjaga gawang Inggris pilihan pertama.

#1 Ederson Moraes - 12 Clean Sheet

Ederson Moraes telah mencatatkan 12 clean sheet di Liga Premier musim ini, tujuh lebih banyak dari yang dilakukan De Gea. Pemain berusia 28 tahun itu telah memenangkan penghargaan Sarung Tangan Emas Liga Premier dalam dua musim terakhir.

Penjaga gawang asal Brasil ini terkenal dengan kemampuan passingnya yang luar biasa. Meski tidak menghadapi tembakan sebanyak De Gea, persentase penyelamatan Ederson yang sedikit lebih unggul 73,5% membuktikan kualitasnya.

Ederson baru-baru ini menjaga clean sheet dalam kemenangan 2-0 atas Manchester United.

Sejak awal musim 2019/2020, tidak ada penjaga gawang Liga Premier yang mencatatkan clean sheet lebih banyak dari Ederson (47 kali). Sebaliknya, selama periode yang sama, De Gea hanya mencatatkan 27 penyelamatan.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network