Selamat Ulang Tahun!

Momen Striker Legendaris Meksiko Cetak Gol Indah Melawan Teori Fisika

"Ini terjadi di Piala Dunia 2002. Sebuah gol yang tidak masuk logika. Cek videonya!"

Viral | 27 January 2022, 05:06
Momen Striker Legendaris Meksiko Cetak Gol Indah Melawan Teori Fisika

Libero.id - Jika anda mengikuti sepakbola sejak lama, pasti tahu keberadaan striker legendaris Meksiko, Jared Borgetti. Selama sembilan tahun berseragam El Tri, eks penyerang Santos Laguna itu menghasilkan 89 caps dan 46 gol. Salah satu aksi hebatnya tercipta di Piala Dunia 2002. 

Momen aneh ini lahir pada 13 Juni 2002 di Oita Big Eye Stadium, Jepang, pada pertandingan terakhir Grup G melawan Italia. Laga itu sangat penting karena akan mempengaruhi tiket Meksiko dan Italia ke fase knock-out.

Gol Borgetti itu terjadi pada menit 34. Meksiko unggul 1-0 dan memimpin hingga menit 85 ketika Alessansro del Piero menjebol jaring Oscar Perez untuk membuat skor akhir sama kuat 1-1. Satu poin yang didapatkan cukup membuat Meksiko dan Italia melangkan ke babak berikutnya. 

Namun, di turnamen ketika kontroversi Byron Moreno menjadi kisah yang diceritakan hingga sekarang, gol Borgetti seperti terlupakan. Padahal, gol sundulan itu benar-benar indah. Bahkan, melawan teori gravitasi.

Gol itu bermula dari umpan lintas lapangan diantara para pemain El Tri yang tampak bersemangat. Bola itu kemudian tiba di kaki pemain legendaris Meksiko lainnya, Cuauhtemoc Blanco. Pemain yang dikenal dengan teknik menjepit bola itu kemudian mengirim umpan lambung ke kotak penalti Italia.

Di sana, Borgetti dijepit oleh pemain-pemain belakang hebat dunia sekelas Paolo Maldini, Alessandro Nesta, Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta, hingga Gianluigi Buffon. Bahkan, Maldini secara khusus mengikuti pergerakan Borgetti ketika bola lambung masuk ke area terlarang.

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

Yang terjadi kemudian benar-benar mengejutkan. Bayangkan, posisi Borgetti membelakangi gawang saat berlari mengejar bola. Sambil terbang, Borgetti melepaskan diri dari kawalan Maldini. Dan, dengan keningnya, dia menyundul bola sambil memutar.

Entah kebetulan atau tidak, bola itu seperti melawan teori gravitasi. Bola tidak menjauh dari kota penalti Gli Azzurri, melainkan menjebol jala Buffon. Bola itu masuk di sudut kiri bawah gawang Italia dengan Buffon hanya bisa terpaku seolah tidak menduga akan gol.

Apa yang dilakukan Borgetti tampak sederhana. Tapi, secara signifikan sangat efektif dan tidak masuk akal. Bahkan, hingga 20 tahun kemudian, orang masih belum bisa menemukan jawaban mengapa bola yang disundul membelakangi gawang bisa gol. 

(diaz alvioriki/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=zxsyBE0GpSg

Artikel Pilihan


Daun Media Network