Jalani Debut Manis, Ronaldo Kwateh dan Marcelino Ferdinand Catatkan Sejarah Baru

"Jadi pemain termuda yang debut untuk timnas senior."

Berita | 27 January 2022, 23:33
Jalani Debut Manis, Ronaldo Kwateh dan Marcelino Ferdinand Catatkan Sejarah Baru

Libero.id - Timnas Indonesia memang tak pernah kehabisan bakat-bakat muda. Dan di era Shin Tae-yong ini semakin jelas kalau masa depan sepakbola tanah air cerah. Juru taktik asal Korea Selatan itu melakukan regenerasi yang bagus di skuat Garuda.

Shin Tae-yong banyak memberi kesempatan bagi pemain-pemain muda berkembang. Jelas hal itu merupakan visi jangka panjang yang patut diacungi jempol, apalagi di Piala AFF 2020 yang lewat skuad Garuda yang sebagian besar dihuni pemain-pemain usia 20-24 tahun tampil bagus.

Sebut saja Pratama Arhan, Dewangga, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Elkan Bagoott, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan banyak lagi.

Nama terakhir yang disebut bahkan dipercaya menjadi kapten tim. Asnawi sendiri merupakan pemain dengan umur paling muda saat melakukan debut untuk timnas Indonesia senior.  Dimana pada 21 Maret 2017 yang lalu, saat usianya masih 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari pemain yang saat ini memperkuat Ansan Greeners itu dimainkan oleh Luis Milla saat melawan Myanmar.

Rekor Pemain Termuda yang Jalani Debut

Setelah bertahun-tahun, catatan itu kini diambil alih oleh penggawa Madura United, Ronaldo Kwateh yang baru saja menjalani debutnya bersama timnas senior saat melawan Timor Leste dalam FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar, Bali, Kamis (27/1) malam WIB.  Laga itu sendiri berkesudahan untuk kemenangan Indonesia dengan skor 4-1.

Ronaldo masuk dari bangku cadangan  menggantikan Ramai Rumakiek di paruh kedua laga. Pemain berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari itu lantas membuat sumbangsih nyata bagi skuad Garuda.

Saat situasi Indonesia tertinggal 0-1. Pada menit ke 65, Ronaldo memberi assist untuk gol penyama kedudukan Ricky Kambuaya. Selain itu pergerakan Ronaldo dan umpan-umpannya juga terbilang bagus.

Selain Ronaldo, ada nama lainnya yang tak kalah mencuri perhatian, ia adalah Marselino Ferdinan, penggawa Persebaya Surabaya itu  masuk di menit 66 menggantikan Evan Dimas.

Saat ini Ferdinan berusia 17 tahun, 4 bulan, dan 18 hari, yang itu juga sekaligus menandakan Ferdinand sebagai debutan termuda kedua setelah Ronaldo. Bermain apik dengan mengenakan nomor punggung 7, Ferdinan tampak percaya diri mengatur ritme permainan Indonesia.

Tampaknya tidak berlebihan kalau kita berharap kedua pemain tersebut akan lebih banyak lagi diberikan menit bermain oleh Shin Tae-yong di berbagai ajang. Terdekat Indonesia akan berlaga di Piala AFF U-23 di Kamboja. Ronaldo Kwateh dan Marcelino Ferdinan digadang-gadang bakal menjadi pemain yang dapat diandalkan untuk mempertahankan status sebagai juara bertahan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network