13 Statistik Rekor Gila di Sepakbola

"Nomor 4 bikin geleng kepala"

Analisis | 28 January 2022, 13:55
13 Statistik Rekor Gila di Sepakbola

Libero.id - Sepakbola adalah permainan yang indah, penuh dengan momen-momen gila, dan menakjubkan. Tak heran olahraga ini menjadi paling populer di dunia.

Selama lebih dari satu abad permainan, ada banyak momen luar biasa yang sudah tercipta. Dari momen kocak, unik, bahkan momen gila di luar dugaan.

Pada catatan itu, mari kita 13 rekor gila yang tercipta di lapangan  berdasarkan catatan Guinness World Records.

1. Gol Jarak Jauh

Sepanjang yang pernah dicetak, kita mulai dengan rekor yang dibukukan tahun ini bersama kiper Newport County, Tom King.

King barangkali menjadi satu-satunya kiper yang mencetak gol dengan luar biasa. Dia mencetak rekor gol melalui tendangan dengan jarak 96,01 meter (105 yard) yang mengejutkan.

Sebelumnya, mungkin Anda pernah dengar pemegang rekor gol jarak jauh dengan tendangan melambung tinggi milik Asmir Begovic. Tendangannya menembus angin saat melawan Southampton. Ketika diukur tendangan itu sampai pada ketinggian 91,9 meter.

2. Kartu merah terbanyak dalam satu pertandingan

Momen gila ini terjadi dalam pertandingan antara Claypole dan Victoriano Arenas di kasta kelima sepakbola Argentina pada 2011. Dalam pertandingan itu, tidak kurang dari 36 kartu merah dikeluarkan selama pertandingan.

Dua pemain diusir keluar lapangan di babak pertama, tetapi perkelahian massal setelah turun minum akhirnya membuat wasit Damian Rubino mengeluarkan kartu merah setiap pemain, pemain pengganti, dan anggota staf pelatih.

3. Gol sundulan terpanjang yang pernah dicetak

Sekarang, Anda akan berpikir bahwa tidak mungkin untuk mencetak gol melalui sundulan dari area Anda sendiri, tetapi itulah yang dicapai Jone Samuelsen selama pertandingan 2011 antara ODD Grenland vs Tromso Idrettslag.

Ketika kiper lawan yang melakukan tendangan sudut, Samuelsen berhasil menyundul bola dari percobaan untuk mencatatkan gol sundulan dari jarak gila mencapai 58,13 meter.

4. Pemain aktif tertua

Pesepakbola aktif tertua adalah Ezzeldin Bahader, yang membuat sejarah pada Maret 2020 ketika dia tampil di 6th October Club, Kairo, pada usia 74 tahun 125 hari. Bahader, yang lahir pada 3 November 1945, bahkan berhasil mencetak gol penalti saat memecahkan rekor penampilannya di Mesir. Hal yang luar biasa.

5. Hat-trick tercepat

Robert Lewandowski vs Wolfsburg? Sadio Mane vs Aston Villa? Tidak, tak satu pun dari treble itu yang mengambil klaim karena Guinness World Records sebenarnya mengaitkan yang terbaik secara global dengan mencantumkan nama Tommy Ross.

Yang mengejutkan, Ross berhasil mencetak hat-trick hanya dalam 90 detik untuk Ross County - dari semua klub - melawan Nairn County pada 1964. Sulit untuk melihat siapa pun yang melampaui itu dalam waktu dekat.

6. Penyelamatan terbanyak dalam pertandingan Piala Dunia

Meskipun rekor dunia ini mungkin terbatas pada satu turnamen, itu tidak membuatnya kurang gila dari Tim Howard yang berhasil menghasilkan 16  penyelamatan dalam satu pertandingan di panggung terbesar.

Dengan lelucon Twitter bahwa Howard dapat menyelamatkan 'dinosaurus, Titanic, dan Prajurit Ryan,' semakin menyakitkan bahwa tim nasional Amerika Serikat akhirnya kalah dari Belgia 2-1.

7. Gol terbanyak dalam satu tahun kalender

Salah satu rekor dunia yang lebih terkenal dalam olahraga ini memiliki status yang begitu terkenal karena sangat gila. Lionel Messi berhasil mencetak 91 gol yang luar biasa sepanjang 2012.

Messi mencetak 79 gol untuk Barcelona dan 12 gol untuk Argentina untuk melampaui rekor 85 gol sebelumnya yang dicetak Gerd Muller bersama Bayern Muenchen dan Jerman Barat.

8. Adu penalti terlama

Guinness World Records mencatat final Piala Namibia 2005 sebagai adu penalti terpanjang dalam sejarah dengan 48 tendangan penalti yang benar-benar membuat Anda menggigit kuku.

KK Palace akhirnya menahan keberanian mereka untuk memenangkan adu penalti 17-16 melawan Civics dengan beberapa pemain harus mengambil tiga penalti dengan adu penalti berlangsung selama permainan.

9. Gol tercepat dalam pertandingan Piala Dunia

Vaclav Masek dari Cekoslovakia memegang rekor ini selama hampir setengah abad dengan tendangan 15 detiknya di Piala Dunia 1962. Rekor itu tampaknya tidak akan pernah bisa dikalahkan, tetapi Hakan Sukur berhasil melewati torehan tersebut.

Striker Turki itu mampu mencetak gol hanya dalam 10,89 detik pada pertandingan perebutan tempat ketiga 2002 melawan tuan rumah Korea Selatan. Itu menjadi percobaan kilat yang mungkin tidak akan pernah terkalahkan di panggung terbesar sepakbola.

10. Pertandingan dengan skor tertinggi

Menurut Guardian, rekor dunia untuk gol terbanyak dalam permainan sepakbola dipegang oleh Arbroath saat menghadapi Bon Accord 36-0 pada 2002.

AS Adema kemudian mematahkan rekor itu saat menghancurkan Stade Olympique L'Emyrne, 149-0. Dipercaya kubu L’Emyrne melakukan gol bunuh diri sebagai bentuk protes terhadap wasit.

11. Gol terbanyak dalam karier yang dicetak oleh seorang penjaga gawang

Sulit membayangkan akan ada kiper lain seperti Rogerio Ceni. Legenda Sao Paolo itu mencetak 131 gol antara 1997 dan 2015 dengan berbagai tendangan bebas dan penalti.

Sementara orang-orang seperti Rene Higuita dan Jose Luis Chilavert juga memiliki bakat untuk mencetak gol, namun tidak ada yang bisa menandingi konsistensi Ceni yang membuatnya mencapai puncaknya.

12. Gol tercepat sebagai pemain pengganti di Liga Premier.

Rekaman Nicklas Bendtner yang mencetak gol hanya 1,8 detik setelah masuk sebagai pemain pengganti melawan Tottenham Hotspur. Dia menyundul bola dari sepak pojok Cesc Fabregas, tidak akan pernah terlihat luar biasa.

13. Kemenangan tandang terbesar dalam sejarah Liga Premier.

Luka masih membara bagi Southampton yang dihantam sembilan gol tak terjawab di St. Mary's Stadium, tepatnya saat mereka dilatih Ralph Hasenhuttl. Mereka mengalami itu saat dikalahkan Leicester City pada 2019. 

Sekarang, secara teknis, The Saints telah kalah lagi dalam pertandingan Liga Premier 9-0. Sejak hasil yang terkenal ini, tetapi dapatkah Anda dengan jujur melihat sebuah tim menang 10-0 di luar kandang? Saya pikir tidak.

Itulah 13 statistik gila dalam sepakbola.

Seperti halnya profesi, hasrat, atau olahraga apa pun, wajar saja jika beberapa anomali yang benar-benar gila akan muncul selama bertahun-tahun. Silahkan dinilai mana momen gila favorit Anda?

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network